Tips Memulai Usaha Kuliner Kue Bagi Pemula
Bisnis

Tips Memulai Usaha Kuliner Kue Bagi Pemula

Tips memulai usaha kuliner kue bagi pemula di artikel ini layak untuk diikuti dan dilakukan karena sederhana namun cukup memberikan pondasi atau dasar bagi para pemula. Usaha kue apapun jenisnya apakah itu bolu (cake), kue basah atau kue kering adalah peluang usaha yang cukup berprospek asalkan memiliki kemauan dan pengetahuan tentang usaha terssebut.

Prospek usaha kue masih sangat baik disebabkan oleh kegemaran masyarakat di negara kita untuk ngemil atau njajan. Banyak orang yang merasa kurang pas jika kudapan tidak disajikan di acara-acara mereka walaupun sekedar bekerja sehari-hari di kantor mereka. Hadirnya jenis jajanan atau camilan yang baru juga cepat sekali trending berkat jasa dari sosial media.

Banyak sekali orang khususnya dari kalangan menengah ke atas yang gemar menjaga ketersediaan kue-kue di tempat tinggal maupun di tempat mereka bekerja. Apalagi dengan semakin maraknya jual-beli online maka mereka bisa membeli kue kapanpun waktunya tanpa mesti pergi keluar rumah. Toko-toko kue juga semakin banyak yang menyediakan layanan antar (delivery order).

Salah satu jenis usaha yang dikenal tahan banting di dalam segala kondisi perekonomian adalah usaha usaha kue. Hal ini berkat jasa dari para pelaku dunia usaha kue yang terus memunculkan ide-ide baru di bidang usaha makanan ringan yaitu kue.

Usaha jajanan kue tentu saja bisa dimulai dengan modal kecil saja dimulai dari usaha sampingan berlevel usaha rumahan. Selanjutnya jika sudah menguasai berbagai ilmu dan strategi pemasaran tentang usaha kue tersebut maka sangat bagus dikembangkan menjadi bisnis utama.

Tips-Tips Memulai Usaha Kuliner Kue Bagi Pemula

  • Planning (Perencanaan)

Planning (perencanaan) adalah aspek pertama di dalam ilmu manajemen. Memang benar adalah wajib untuk melakukan perencanaan  pada semua jenis bisnis termasuk pada bisnis kuliner kue. Anda bisa mengambil langkah antisipasi terhadap apapun yang terjadi jika anda sudah melakukan aspek perencanaan secara baik. Selanjutnya, adalah faktor keunggulan bagi anda jika anda memang memiliki minat dan kesenangan pada bisnis kuliner kue. Bersama minat dan kesenangan tersebut maka anda tidak akan mudah bosan ataupun patah semangat di dalam menekuni bisnis tersebut.

  • Modal

Di dalam dunia usaha kuliner, modal utama adalah keahlian di dalam memasak alias membuat masakan yang lezat dalam hal ini adalah membuat kue. Jika anda tidak punya modal dana untuk menggaji seorang koki maka anda wajib memiliki keahlian memasak.

Selain modal keahlian memasak maka modal lainnya adalah modal dana untuk membeli peralatan memasak serta bahan baku kue yaitu telur, margarin, mentega, tepung terigu, gula pasir, dan lain-lain.

Bahan baku yang berkualitas baik akan menghasilkan kue yang berkualitas baik juga. Tentunya jika dilakukan berdasarkan resep yang sudah teruji berhasil baik juga. Hal-hal seperti ini wajib dilakukan pada semua jenis kue. Sekedar contoh pada kue kering bahwa bahan baku yang berkualitas baik lalu diproduksi secara higienis maka menjadikan kue kering memiliki masa kadaluarsa yang relatif lebih lama. Jika hal-hal tersebut anda penuhi maka sangat mungkin kue anda akan digemari oleh banyak customer.

Kemudian jika usaha kue anda semakin berkembang maka secara otomatis anda membutuhkan modal untuk menggaji karyawan. Tidak mungkin anda sendiri yang akan mengerjakan semua aspek dari aspek produksi sampai dengan aspek pemasaran.

  • Jenis Kue
Tips Memulai Usaha Kuliner Kue Bagi Pemula
Tips Memulai Usaha Kuliner Kue Bagi Pemula

Penelitian/riset pasar adalah langkah yang penting di dalam memulai bisnis apapun termasuk bisnis kue. Dengan riset pasar maka akan bisa diketahui jenis kue yang sedang digemari dan juga skala pasarnya/jumlah konsumennya.

Dengan riset pasar maka anda akan bisa tahu selera pasar. Selanjutnya buatlah kue yang sesuai dengan selera pasar itu. Dengan melakukan langkah penting ini maka anda akan bisa menekan biaya produksi kue karena anda hanya memproduksi kue yang sedang laris saja.

  • Penetapan Harga

Penetapan harga tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Hitunglah dengan benar semua pengeluaran bahan baku, tenaga kerja dan variabel-variabel biaya lainnya. Selanjutnya tentukan tingkat keuntungannya. Tentukan harga yang kompetitif. Artinya harga tersebut masih bisa bersaing di pasar namun anda juga tidak rugi.

  • Promosi

Setelah menentukan produknya yaitu jenis kue yang akan diproduksi, kemudian menetapkan harganya maka langkah penting selanjutnya adalah melakukan promosi. Banyak macam cara untuk promosi, misalnya: free tester, beli 2 gratis 1, diskon harga secara terjadwal, menghadirkan variasi rasa dan tampilan kue, membuka stand penjualan di acara-acara yang ramai pengunjung, dan promosi online di internet dan WA.

Demikianlah sedikit tips memulai usaha kuliner kue bagi pemula yang ringkas. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi anda yang membacanya dan berniat hendak terjun ke bisnis kuliner kue khususnya kue kekinian yang sedang trending.

Baca juga: Mencoba Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil? Kenapa Tidak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *