Bisnis

Terapkan Cara Bisnis Online di Facebook dengan Tepat Agar Pelanggan Merapat

Bisnis online sudah menjadi usaha yang booming saat ini khususnya di Facebook. Siapapun dapat melakukan bisnis ini. Di samping caranya yang mudah, waktunya pun fleksibel. Apakah anda berminat menggeluti perbisnisan online? Ya, ada banyak cara bisnis online di Facebook. Apa sajakah itu? Simaklah penjelasannya dan cobalah terapkan agar bisnis anda terus berkembang!

Memperbanyak Teman

Jika anda berniat membangun bisnis dalam jangka panjang dengan cara berbisnis online di Facebook, hal pertama yang mesti anda lakukan adalah memperbanyak anggota teman facebook di profil anda. Memang, dalam Facebook terdapat batasan jumlah pertemanan yakni hingga sampai 5000 teman setiap akun. Namun, ada cara lain untuk menyiasati hal ini agar teman anda melebihi jumlah batasan tersebut.

Anda dapat memanfaatkan fitur follow dan juga menjadikan semua postingan anda ‘publik’ sehingga orang lain tetap dapat mengaksesnya meskipun mereka tidak berada dalam list anggota pertemanan akun facebook anda. Jika teman dan juga follower anda semakin banyak, pasti semakin banyak pula yang nantinya akan mengamati postingan anda, khususnya postingan terkait bisnis online anda.

Update Status

Sebagai pebisnis online, anda dituntut untuk rajin memposting status khususnya yang berhubungan dengan produk atau jasa yang anda promosikan. Hal ini tentu bertujuan agar teman atau follower anda mengetahui bisnis anda dan membangkitkan minat mereka.

Namun, jangan asal posting dagangan atau jasa. Usahakan status yang akan anda update itu menarik dan kreatif. Jangan pula sering copy paste postingan anda berulang-ulang karena hal itu akan dianggap sebagai spam sehingga follower anda bisa saja tidak mau lagi mengikuti anda. Yang harus anda perhatikan adalah waktu yang tepat untuk memposting status, yakni waktu dimana hampir semua orang ber-online ria, contohnya malam hari, jam istirahat (makan siang), dan sore hari (waktu santai).

Bergabung dengan Grup Sesuai Usaha Online Anda

Anda dapat mencari beberapa grup yang masih berkaitan dengan bisnis anda. Agar cara ini optimal, ada 2 cara jitu yang wajib anda lakukan. Yang pertama, cobalah memposting produk atau jasa anda ke grup tersebut dan amatilah bagaimana respon para member. Yang kedua, amatilah lapak yang mirip dengan bisnis anda, lihatlah member yang sering memberikan komentar ataupun like.  Add lah member yang terbilang aktif karena mereka nantinya bisa menjadi pelanggan yang potensial bagi anda.

Membuat FansPage

Pembuatan FansPage ini juga wajib anda pertimbangkan selain rajin update status di wall pribadi atau grup. Agar rating FansPage anda naik, anda dapat meminta bantuan like teman-teman anda atau memanfaat jasa jual beli ‘like’. Yang wajib anda perhatikan adalah pengelolaan FansPage anda. Berikan pelayanan yang baik dan juga fast respon.

Berinteraksi dengan Semua Audience

Ini juga merupakan cara bisnis online di Facebook. Yang dimaksud dengan berinteraksi disini tidak melulu menanggapi teman yang berkomentar di status anda. Anda juga harus aktif berkomunikasi di status teman Facebook anda.

Facebook akan mempertimbangkan bagaimana kedekatan anda dengan semua teman anda di Facebook dengan melihat seberapa sering anda comment, like, ataupun share. Jika anda sering berinteraksi dengan teman anda, maka kemungkinan besar status anda akan sering muncul dan bisa jadi paling awal pada linimasa mereka.

Memposting Kehidupan Anda

Pada dasarnya, media sosial diciptakan untuk bersosialisasi. Maka, anda harus memahami bahwa jika setiap saat yang anda posting hanya bisnis anda, teman anda akan merasa muak dengan postingan anda yang sudah membanjiri berandanya.

Agar tidak bosan, anda sesekali harus membagi berbagai hal menarik tentang kehidupan anda sehingga ini akan membangun kedekatan anda dengan teman. Salah satu tujuan dari membangun kedekatan ini yakni menumbuhkan rasa nyaman dan kepercayaan. Jika teman sudah merasa kenal, nyaman, dan percaya, maka anda akan merasa lebih mudah dalam menjual apapun.

Beretika

Dalam berbisnis di Facebook, anda pun harus menjaga sikap. Jangan sampai bisnis anda justru membuat orang jengkel. Terkadang seringkali para pebisnis online memposting jualannya lalu men-tag teman-temannya hampir setiap hari dengan tujuan agar teman lainnya me-notice postingannya. Padahal, seringkali teman yang di tag dengan postingan berbau bisnis merasa risih. Maka, sebisa mungkin anda harus menghindari hal itu.

Jangan pula sering numpang promosi di status orang karena yang lainnya akan merasa terganggu dan bisa saja hilang respect pada anda.

Menampilkan Testimoni

Buatlah orang-orang percaya bahwa produk atau jasa yang anda promosikan sungguh bagus. Untuk itu, anda harus memberikan bukti kepada calon pelanggan anda. Hal ini untuk membuang pikiran negatif orang lain tentang bisnis anda mengingat saat ini banyak sekali penipu yang berkeliaran di Facebook.

Anda dapat memposting testimoni agar orang-orang tahu bahwa anda orang yang terpercaya entah itu berupa video, gambar, atau screenshot chat pelanggan anda. Ketahuilah, jika orang percaya pada anda, maka tidak sulit bagi anda untuk menarik minat mereka.

Well, sukses tidaknya sebuah bisnis pada dasarnya tidak tergantung pada uniknya produk atau jasa. Ada beragam aspek penting yang juga ikut andil di dalamnya seperti, konsekuensi, keamanan, dan juga pelayanan. Selalu optimis dalam berusaha! Tetaplah semangat dalam mengembangkan bisnis online anda walau kecil seperti halnya menjalankan usaha rumahan modal kecil. Ingatlah, ada banyak sekali cara bisnis online di Facebook yang bisa anda terapkan dengan baik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *