Kesehatan

Temukan Manfaat Vitamin C Pada Buah-buahan

Setelah lelah terkena sinar matahari, minum jus buah pasti rasanya sangat menyegarkan. Apalagi buah yang kita konsumsi mengandung vitamin C. Buah tersebut biasanya rasanya asam sehingga segera menghilangkan rasa dahaga dan dehidrasi tubuh pun menghilang.

Sebenarnya buah-buahan yang mengandung vitamin C itu tidak hanya buah yang rasanya asam, lho. Bahkan, manfaatnya juga tidak hanya untuk menghilangkan dahaga. Melalui ulasan ini, kamu akan menemukan banyak manfaat dari vitamin C beserta buah-buahan yang mengandung vitamin C. Nah, berikut ulasannya.

Vitamin C Bagi Tubuh

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang sangat penting bagi tubuh seseorang. Vitamin ini identik dengan kesehatan kulit seseorang. Benarkah vitamin C ini sangat bermanfaat bagi kulit kita? Apakah hanya untuk kesehatan kulit? Berikut beberapa manfaat dari vitamin C bagi tubuh.

  • Mencegah sekaligus mengobati sariawan

Bibir pecah-pecah atau bermasalah pada gusi dan mulut adalah hal umum yang paling sering dialami oleh banyak orang. Tak hanya dewasa, anak-anak juga kerap mengalami hal tersebut. Apalagi permasalahan ini bisa kambuh beberapa kali.

Permasalahan tersebut biasanya terjadi karena kekurangan vitamin C. Orang yang mengalami kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan dirinya mudah mengalami sariawan. Untuk itu, kamu harus rutin mengonsumsi vitamin C sehingga terhindar dari sariawan dan sejenisnya.

  • Sebagai antioksidan dalam tubuh

Pentingnya vitamin C bagi tubuh juga perlu kita sadari khususnya sebagai antioksidan dalam tubuh. Kamu pastinya akan terlindungi dari berbagai kerusakan akibat radikal bebas bila rutin mengonsumsi vitamin C. Tak hanya itu, berbagai penyakit dalam seperti kanker, jantung, dan lainnya juga akan bebas dari tubuhmu bila antioksidan dalam tubuhmu tercukupi oleh vitamin C.

  • Memproduksi kolagen

Kolagen sangat banyak ditemukan pada vitamin C. Kolagen ini bermanfaat sebagai proses menghambat penuaan dini pada kulit seseorang. Tak hanya itu, kolagen juga sangat mempengaruhi tingkat kecerahan kulit seseorang.

Bila kamu ingin memiliki wajah yang cerah, tidak cepat berkeriput, maka sebaiknya konsumsi vitamin C yang cukup. Hal tersebut pastinya akan mempengaruhi proses produksi kolagen dalam tubuh.

  • Mengatasi masalah peradangan kulit

Peradangan pada kulit biasanya terjadi karena berbagai kondisi. Misalnya peradangan karena jerawat yang dialami oleh seseorang, gatal, kulit yang kering, dermatitis atopik, atau lainnya. Untuk mengatasinya, kita perlu membedah penyebabnya satu-persatu.

Pada dasarnya, peradangan kulit ini biasanya terjadi karena seseorang kekurangan vitamin C. Struktur epidermis kulit seseorang akan dikendalikan oleh vitamin C yang diserap oleh tubuh. Apabila seseorang mengalami kekurangan vitamin C, tentu dirinya akan mudah mengalami peradangan kulit.

Sebagai informasi, nutrisi pada vitamin C sering dipergunakan dalam formula anti inflamasi. Tak hanya itu, manfaat yang ada pada vitamin ini juga melampaui kapasitasnya. Antioksidan inflamasi pada lingkungan patologis tersebut sangat tinggi sehingga dapat mengatasi masalah peradangan kulit.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Saat cuaca tidak menentu seperti musim hujan tentunya akan mendatangkan berbagai penyakit flu pada setiap orang. Hal tersebut semakin mudah terjadi pada seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah. Padahal daya tahan tubuh ini bisa kita dongkrak melalui vitamin C, lho.

Seseorang yang mengonsumsi vitamin C maka daya tahan tubuhnya akan semakin meningkat. Tak hanya itu, vitamin C juga dapat membantu proses penyembuhan atau pemulihan pada tubuh seseorang. Makanya banyak suplemen vitamin C yang digunakan sebagai penambah daya tahan tubuh maupun sakit flu.

Vitamin C Pada Buah

Ada banyak buah yang bisa kita konsumsi setiap hari untuk mendapatkan vitamin C, lho. Mungkin kamu lebih sering mengenal vitamin C pada buah jeruk. Selain mengandung vitamin A, buah jeruk memang sangat kaya akan vitamin C. Apalagi pada lemon, kamu akan mendapatkan vitamin C lebih banyak dibandingkan dengan buah jeruk.

Kamu juga dapat mengonsumsi vitamin C melalui buah berry, lho. Misalnya stroberri, blueberry, blackcurrants, atau lainnya. Buah yang mengandung vitamin C ini memang tergolong asam. Makanya banyak orang yang tidak menyukai vitamin C.

Bila kamu tidak menyukai rasa asam, kamu masih tetap bisa menikmati vitamin C pada berbagai buah lainnya. Misalnya buah pepaya yang manis ini juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Begitupun dengan buah manggis, leci, jambu biji, dan masih banyak lainnya yang bisa kamu konsumsi tanpa rasa takut keasaman.

Segudang buah-buahan yang mengandung vitamin C itu bisa kamu aplikasikan ke dalam berbagai menu yang menarik. Misalnya dibuat pudding, sup buah, bahkan jus buah yang sehat dan bergizi.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai manfaat dari vitamin C yang bisa kamu rasakan melalui buah-buahan. Tetap jaga kondisi tubuhmu agar tetap sehat dan kuat melalui vitamin C, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *