Sunscreen Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat
Skincare

Sunscreen Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat penggunaanya seringkali diabaikan karena banyak yang merasa jerawatnya makin parah saat memakai sunscreen. Benarkah kulit berminyak tak perlu menggunakan sunscreen karena dapat memperparah kondisi jerawat di wajah? Lalu bagaimana melindungi wajah berminyak dari efek buruk paparan sinar matahari?

Sunscreen sebagai pemicu jerawat adalah mitos yang perlu diluruskan. Bila pada saat memakai sunscreen, jerawat bermunculan penyebabnya adalah proses cleansing yang tidak tepat, sehingga sisa sunscreen tertinggal di kulit dan menyumbat pori-pori. Ingat prinsip “sunscreen is a must” artinya apapun kondisi kulit anda tetap perlu sunscreen, termasuk kulit yang berjerawat.

Mengapa kulit berjerawat butuh sunscreen? Pertanyaan ini akan terjawab bila anda paham efek buruk paparan sinar matahari pada kulit yang berjerawat. Sinar matahari dapat merusak skin barrier atau lapisan teratas kulit kita yang berperan dalam melindungi kulit dari virus dan bakteri termasuk bakteri pemicu jerawat. Sinar matahari juga memicu peradangan jerawat dan membuat noda bekas jerawat.

Nah, sudah jelaskan mengapa anda tetap harus menggunakan sunscreen saat kulit bermasalah dengan jerawat. Langkah pertama yang harus anda perhatikan adalah mencari produk sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat. Sebagaimana produk sunscreen untuk kulit sensitif, kesesuaian dengan jenis kulit adalah kunci utama agar produk tersebut berfungsi optimal. Salah memilih produk bukan saja tak bermanfaat namun juga dapat memicu masalah baru pada kulit anda.

Sunscreen lokal untuk kulit berminyak juga tidak sulit kita peroleh. Jenis kulit berminyak dianjurkan memilih sunscreen yang formulanya ringan, broad spectrum, waterbase, dan non comedogenic. Broad spectrum artinya sunscreen tersebut melindungi kulit wajah dari pengaruh sinar UV A dan UV B. Selain label broad spectrum, perhatikan juga keterangan SPF (Sun Protection Factor) atau tingkat perlindungan terhadap UV B dan PA (Protection Grade of UVA) yang menunjukkan tingkat perlindungan terhadap UV A. Non comedogenic berarti sunscreen tersebut tidak menyumbat pori sehingga tidak memicu komedo. Wanita dengan kulit berminyak, juga bisa menggunakan mineral powder dengan kandungan SPF. Selain bermanfaat untuk pengaplikasian ulang sunscreen, mineral powder juga dapat mengurangi keluhan minyak berlebih pada wajah.

Sunscreen Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat
Sunscreen Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Para ahli mengatakan bahwa sunscreen bagus untuk membantu mengatasi jerawat, karena salah satu efek buruk paparan sinar matahari adalah memicu peradangan jerawat dan membuat noda bekas jerawat. Saat ini juga dapat kita jumpai produk sunscreen yang sekaligus mengandung zat aktif untuk mengobati jerawat.

Agar tak memicu munculnya jerawat, proses membersihkan wajah harus dilakukan dengan seksama. Sebagaimana kita ketahui agar berfungsi optimal sunscreen harus diaplikasikan cukup tebal. Bila terlalu tipis efek proteksinya kurang optimal. Sunscreen juga harus diaplikasikan ulang sesuai anjuran. Sunscreen juga harus diulang pemakaiannya bila wajah dibasuh air. Pada malam hari sebelum tidur, anda harus membersihkan wajah dengan seksama.

Idealnya kita melakukan double cleansing pada malam hari. Tahap pertama membersihkan wajah dengan oilbase cleanser seperti make remover, cleansing oil, atau cleansing balm yang efektif membersihkan sisa make up (termasuk sunscreen), kotoran, dan minyak berlebih dari pori-pori kulit. Selanjutnya sempurnakan dengan waterbase cleanser seperti facial soap / foam. Cleanser, moisturizer, dan sunscreen adalah skincare dasar harus digunakan setiap hari untuk perawatan kulit wajah. Pilih produk skincare yang tepat, termasuk sunscreen. Segera temukan sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *