Sunscreen Terbaik
Skincare

Sunscreen Terbaik – Tips Memilih Sunscreen

Memilih sunscreen terbaik memerlukan pengetahuan dasar tentang bahaya yang dapat ditimbulkan oleh paparan sinar matahari dan jenis perlindungan apa yang kita butuhkan. Dalam sinar matahari terdapat dua sinar yang berbahaya yaitu UV A dan UV B. Sementara sinar UV C tidak mencapai permukaan bumi berkat perlindungan lapisan ozon pada atmosfer bumi.

Sinar UV A bertanggung jawab atas proses penuaan pada kulit kita. Sinar ini dapat menembus sampai lapisan dermis dan merusak kolagen. Kita amati bahwa saat usia lanjut kulit tampak kendur dan tidak elastis, garis-garis halus mulai muncul, atau dapat pula kita lihat adanya noda atau flek-flek hitam yang tentunya sangat mengganggu penampilan. Proses penuaan memang tetap akan berlansung secara alami. Namun tentu tak ada yang menginginkan proses ini terjadi lebih cepat atau yang populer dengan istilah penuaan dini bukan? Belum lagi fakta bahwa banyak penelitian yang membuktikan bahwa sinar UV A dikaitkan dengan peningkatan resiko terkena kanker kulit.

Sinar UV B memiliki andil dalam membuat warna kulit menjadi lebih gelap akibat meningkatnya produksi melanin. Coba bandingkan bagian kulit yang selalu terpapar sinar matahari dengan yang tertutup pakaian, pasti bedakan? Ini bukti nyata efek buruk sinar UV B bagi kulit kita. Karena hidup di negara tropis dan terbiasa menerima sinar matahari dengan intensitas yang tinggi, kita mungkin tak sadar sedemikian besar efek sinar UV B pada kulit kita.

Sunscreen Terbaik
Sunscreen Terbaik

Jadi prinsip utama saat mencari sunscreen terbaik adalah memilih yang broad spektrum yaitu memberikan proteksi pada UV A dan UV B. Semua orang familiar dengan istilah SPF, namun tak semuanya tahu bahwa SPF menunjukkan tingkat perlindungan hanya untuk UV B dalam waktu yang terbatas sesuai dengan nilai SPF dan warna kulit penggunanya.

Sunscreen untuk kulit kering disarankan memiliki SPF minimal 30 karena kulit kering sensitif terhadap paparan sinar matahari. Tingkat SPF yang lebih tinggi biasanya diperlukan bila kita terpapar sinar matahari dengan intensitas yang tinggi dan dalam waktu yang lama misal saat berenang atau bermain di pantai. Untuk keperluan berenang gunakan produk yang waterproof, agar tetap melindungi kulit sekalipun terbasuh air.

Lalu bagaimana dengan sinar UV A? Bagaimana kita tahu produk sunscreen tertentu melindungi kulit kita dari efek buruk sinar UV A. Selain SPF kita juga perlu memperhatikan nilai PA pada sunscreen. PA (Protection Grade of UVA) menunjukkan tingkat perlindungan terhadap UV A. Bisa juga kita cari sunscreen dengan keterangan broad spektrum yang menunjukkan bahwa produk tersebut memberikan perlindungan terhadap sinar UV A dan sinar UV B.

Kita yang tinggal di daerah tropis dianjurkan rutin menggunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 dan PA +++. Untuk kulit berminyak, pastikan memilih sunscreen yang non komedogenik yang diformulasikan dengan bahan yang tidak menyumbat pori-pori. Pilihlah sunscreen yang sesuai dengan kebutuhan kita. Sunscreen dengan SPF yang tinggi (misal 50) umumnya tidak dianjurkan dipakai sebagai skincare routine karena terasa berat di wajah dan bila tidak dibersihkan dengan baik berpotensi menyumbat pori-pori dan membentuk komedo.

Kenali juga jenis kulit anda dan pilih sunscreen yang sesuai. Kulit sensitif misalnya dianjurkan menggunakan sunscreen yang mengandung titanium dioksida dan zink oksida yang kecil potensinya untuk menimbulkan reaksi alergi. Setelah memperoleh produk sunscreen yang tepat, aplikasikan setiap hari dan ulangi sesuai anjuran agar kulit benar-benar terproteksi dari sinar UV A dan UV B. Selamat berburu sunscreen terbaik dengan terlebih dahulu membaca sunscreen review.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *