Sunscreen Lokal - Kesalahan Saat Memilih dan Menggunakan Sunscreen
Skincare

Sunscreen Lokal – Kesalahan Saat Memilih dan Menggunakan Sunscreen

Sunscreen lokal maupun impor sangat mudah kita jumpai saat ini. Kualitas juga cukup bersaing. Seperti skincare lainnya memilih sunscreen perlu pemahaman tentang kondisi dan kebutuhan kulit kita contohnya pada saat memilih sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat. Memilih sunscreen tak cukup sekedar berpegang pada merk terkenal atau harganya yang mahal. Kita wajib paham poin-poin apa yang harus diperhatikan saat memilih dan menggunakan sunscreen.

Banyak ahli yang mengatakan bahwa percuma kita menggunakan serum, essence, super cream, dan lain-lain bila tak menggunakan sunscreen dengan benar. Ini adalah bukti pentingnya sunscreen bagi perawatan kulit wajah. Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan wanita saat memilih atau menggunakan sunscreen.

Kesalahan pertama saat anda menganggap sunscreen bagus adalah yang SPFnya tinggi. Ingat selain SPF yang menunjukkan perlindungan pada UV B, anda juga harus melihat nilai PA yang menunjukkan tingkat perlindungan pada UV A. Pilih tingkat SPF yang optimal. Untuk kita yang tinggal di daerah tropis cari produk dengan minimal SPF 30 dan PA ++. SPF yang lebih tinggi umumnya terasa “berat” di wajah dan resiko menyumbat pori-pori kulit juga lebih besar. Bila tak dibersihkan dengan sempurna beresiko memicu komedo. Hal ini penting diperhatikan terutama bagi anda yang memiliki kulit wajah berminyak dan acne prone.

Kedua, memilih sunscreen yang tak sesuai dengan jenis kulit. Kulit sensitif dapat mengalami reaksi alergi berupa kemerahan, gatal, rasa nyeri seperti terbakar atau tersengat bila menggunakan sunscree yang mengandung Para Amino Benzoic Acid (PABA) atau Benzophenones. Titanium dioksida dan Zinz oksida adalah bahan yang direkomendasikan untuk kulit yang kering dan sensitif. Sunscreen yang oilbase dapat memicu jerawat bila diaplikasikan pada kulit wajah yang berminyak. Gunakan produk yang waterbase, formulanya ringan (gel atau powder), dan non comedogenic.

Sunscreen Lokal - Kesalahan Saat Memilih dan Menggunakan Sunscreen
Sunscreen Lokal – Kesalahan Saat Memilih dan Menggunakan Sunscreen

Kesalahan saat pemakaian sunscreen lokal ataupun impor adalah bila digunakan terlalu tipis. Sunscreen harus dioleskan secara merata dan cukup tebal agar benar-benar dapat berfungsi melindungi wajah dari paparan sinar UV A dan UV B. Kesalahan lain yang sering dilakukan adalah banyak wanita yang baru menggunakan sunscreen bila berada di luar ruangan dan saat matahari bersinar terik saja. Mereka menganggap saat berada di dalam ruangan atau saat mendung sunscreen tak perlu digunakan. Padahal faktanya sinar ultraviolet A dapat menembus kaca dan awan mendung. Anda tetap gunakan sunscreen sekalipun anda beraktifitas di dalam ruangan atau cuaca sedang mendung.

Kesalahan yang lain adalah aplikasi sunscreen hanya satu kali untuk seharian. Padahal sunscreen harus diaplikasikan ulang sesuai anjuran agar proteksinya optimal. Hal ini sering terlupakan bila anda sibuk dengan tugas-tugas anda. Saat wajah anda basuh dengan air atau berkeringat setelah berolahraga, anda juga harus mengulang aplikasi sunscreen. Bila anda akan beraktifitas di luar ruangan saat pagi atau siang hari gunakan sunscreen 15 menit sebelum keluar rumah, terutama bila anda menggunakan chemical sunscreen yang perlu waktu untuk meresap ke dalam kulit.

Hal yang juga harus anda pahami bahwa perlindungan sunscreen apapun tidak dapat 100% menghalau efek buruk sinar matahari, terutama di saat siang yang terik. Tetap gunakan proteksi tambahan seperti topi lebar, kacamata hitam, dan baju lengan panjang. Hal ini penting agar anda terhindar dari efek buruk sinar matahari. Segera pilih sunscreen yang sesuai untuk anda dan gunakan secara tepat. Tak jadi masalah apakah itu produk impor atau sunscreen lokal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *