Sunscreen Bagus untuk Menjaga Skin Barrier
Skincare

Sunscreen Bagus untuk Menjaga Skin Barrier

Sunscreen bagus untuk menjaga skin barrier atau lapisan terluar dari kulit. Bagaimana ini bisa terjadi? Apa sih skin barrier itu? Baiklah sebelum membahas tentang sunscreen, sebaiknya kita pahami dulu apa yang dinamakan skin barrier dan seberapa penting perannya dalam kecantikan kulit wajah kita. Skin barrier adalah lapisan teratas pada kulit yang terdiri dari  jaringan sel bernama coenocytes. Lapisan sel-sel coenocytes ini diikat dan diselimuti oleh ceramides, cholesterol, dan lipid.

Untuk lebih mudahnya anda bisa membayangkan susunan bata yang membangun dinding, dimana sel-sel coenocytes adalah batu batanya, dan lipid berfungsi sebagai semen pengikatnya. Skin barrier melindungi kulit dari pengaruh buruk lingkungan disekitar kulit. Pengaruh buruk bisa muncul dari paparan sinar matahari, bahan-bahan kimia berbahaya, bakteri, virus, atau polusi.

Skin barrier juga menjaga agar kelembaban, kandungan air, da zat-zat penting dari lapisan kulit dibawahnya tidak sampai dikeluarkan dari dalam kulit. Skin barrier yang berfungsi dengan baik akan menjaga kulit tetap sehat, lembab, tidak menjadi kering atau bersisik. Bisa dibayangkan bila lapisan pelindung kulit atau skin barrier sampai rusak maka beragam masalah pada kulit bisa muncul.

Paparan sinar matahari dengan intensitas yang tinggi setiap hari menerpa kulit kita yang tinggal di negara tropis. Sekalipun berada di dalam kendaraan atau di dalam rumah bukan berarti kita bebas dari efek buruknya. Sinar UV A dapat menembus awan mendung dan kaca. Kulit anda perlu selalu dilindungi karena sinar mataharipun tak pernah absen menyapa kulit terutama kulit wajah.

Sunscreen bagus untuk melindungi skin barrier kita karena sebagaimana telah diulas di atas, sinar matahari setiap hari selalu memancarkan UV A dan UV B yang sangat buruk efeknya pada kulit. UV A menembus sampai lapisan dermis, merusak kolagen sehingga kulit jadi kurang elastis, dan memunculkan tanda-tanda penuaan seperti keriput, noda/flek pada wajah, juga dapat meningkatkan resiko terkena kanker kulit. Sementara UV B, efeknya membakar kulit dan membuat warna kulit jadi lebih gelap.

Sunscreen Bagus untuk Menjaga Skin Barrier
Sunscreen Bagus untuk Menjaga Skin Barrier

Saat ini banyak produk sunscreen yang multi fungsi. Selain mengandung bahan untuk melindungi kulit dari UV A dan UV B juga mengandung zat yang dapat menjaga kelembaban kulit. Sebaliknya sebagian produk pelembab juga diformulasikan dengan tabir surya. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan anda. Sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat selain melindungi juga membantu penyembuhan jerawat karena sinar matahari adalah salah satu faktor yang memicu peradangan pada jerawat. Selain pemilihan produk yang sesuai dan pemakaian rutin sesuai anjuran, anda juga harus memperhatikan metode pembersihan wajah yang adekuat agar sisa-sisa sunscreen terangkat dengan sempurna dan tidak menyumbat pori-pori.

Sunscreen terbaik adalah sunscreen yang sesuai jenis dan kondisi kulit serta diaplikasikan sesuai anjuran. Ingat kita perlu mengulang aplikasi sunscreen agar kulit kita tetap terproteksi. Pada kondisi ekstrem jangan bergantung 100% pada sunscreen. Alat pelindung tambahan seperti misalnya topi, payung, dan lain-lain diperlukan pada saat sinar matahari sangat terik.

Menjaga skin barrier agar tetap utuh dan lembab adalah kunci memiliki wajah yang sehat, cantik, dan glowing. Hindari produk skincare yang mengandung bahan kimia yang keras, terutama bila kulit anda tergolong kering dan sensitif. Pilih pembersih yang lembut dan tak membuat kulit makin kering atau terasa ketat. Gunakan pelembab yang sesuai dengan kulit anda. Terakhir namun yang terpenting apapun jenis dan kondisi kulit anda, sunscreen bagus untuk anda.

Ikuti pula artikel menarik tentang sunscreen terbaik: Setelah memperoleh produk sunscreen yang tepat, aplikasikan setiap hari dan ulangi sesuai anjuran agar kulit benar-benar terproteksi dari sinar UV A dan UV B. Selamat berburu sunscreen terbaik dengan terlebih dahulu membaca sunscreen review.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *