Skincare Untuk Bruntusan
Skincare

Skincare Untuk Bruntusan

Skincare untuk bruntusan adalah rangkaian produk skincare yang membantu mengatasi bruntusan pada wajah. Topik ini tak pernah habis dibahas karena bruntusan bisa jadi merupakan masalah kulit wajah yang sering dikeluhkan mulai dari usia remaja sampai dewasa. Kita pasti tak nyaman bila satu atau dua buah jerawat muncul di wajah kita.

Berbagai cara kita upayakan untuk mengatasinya. Bahkan tak jarang kita berusaha menghilangkan jerawat dengan cara yang salah. Pernahkah anda memencet jerawat. Ya, ini salah satu upaya kita agar jerawat cepat kempes. Padahal faktanya memencet jerawat justru memperburuk keadaan. Kuman yang ada di jari kita bisa pindah ke wajah dan membuat radang pada jerawat. Bila yang kita pencet jerawat type papula atau pustula, bisa menimbulkan bekas yang sulit dihilangkan.

Pertama-tama kita harus mengetahui apa penyebab bruntusan yang muncul di wajah kita. Bila muncul setelah kita memakai make up yang baru, bisa jadi kulit kita tidak cocok dengan make up tersebut. Bruntusan juga kerap mengganggu saat terjadi perubahan hormonal pada tubuh seperti saat pubertas, menjelang menstruasi, atau pada wanita hamil.

Bruntusan sulit diatasi hanya dengan satu macam produk skincare karena gangguan ini muncul akibat banyak faktor. Obat jerawat memang mampu meredakan atau membuatnya mengering, namun bila perawatan kulit tidak dilakukan sebagaimana mestinya, jangan kaget bila bruntusan akan kembali hadir menghiasi wajah anda.

Bruntusan umumnya terjadi akibat dari perawatan kulit wajah yang tidak optimal. Untuk itu lakukan evaluasi apakah skincare routine yang anda gunakan sehari-hari sudah tepat? Sudahkan anda menggunakan skincare dasar yang terdiri cleanser, toner, moisturizer, dan sunscreen dari dengan benar? Bila anda seperti kebanyakan orang yang hanya menggunakan sabun muka plus obat jerawat, tak heran bila bruntusan anda tak kunjung raib.

Skincare Untuk Bruntusan
Skincare Untuk Bruntusan

Skincare step dengan cleanser, toner, moisturizer, dan sunscreen adalah modal utama dalam merawat kulit wajah yang bruntusan. Pilih basic skincare (cleanser, toner, moisturizer, dan sunscreen) yang sesuai jenis kulit anda. Selanjutnya lakukan rutinitas perawatan wajah sesuai anjuran. Bruntusan muncul akibat pori-pori yang tersumbat sebum, kotoran, dan sel kulit mati. Skincare dasar dapat membantu membersihkan wajah, mengontrol produksi sebum yang berlebih dan mengangkat sel kulit mati. JIka wajah terawat dengan skincare dasar yang tepat, hasilnya bruntusanpun kabur.

Cleanser tugas utamanya membersihkan kulit wajah dari kotoran, minyak berlebih, dan sisa make up agar tak menyumbat pori-pori kulit. Toner berfungsi menyeimbangkan pH kulit dan melembabkan. Toner jenis exfoliating juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Moisturizer menjaga kelembaban kulit sehingga turut mengontrol produksi sebum. Sunscreen melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari seperti membuat kulit kering atau memicu radang pada jerawat.

Selain skincare dasar umumnya skincare untuk bruntusan perlu produk tambahan. Perawatan tambahan dibutuhkan juga terutama untuk mengatasi jerawat yang meradang yang sering muncul di wajah yang bruntusan. Obat jerawat sebagai spot treatment akan membantu membunuh bakteri pada jerawat dan meredakan peradangan pada jerawat. Pada kasus yang parah perlu konsultasi pada dokter kulit yang kompeten untuk mendapat terapi tambahan seperti antibiotik dan lain-lain.

Masker yang tepat juga sangat membantu meredakan bruntusan. Masker biasanya dipakai 2-3 kali seminggu. Beberapa komponen alami seperti aloevera, spirulina, atau tea tree oil terbukti membantu mengatasi keluhan jerawat. Essence dan serum juga sangat bermanfaat mempercepat pemulihan kulut wajah yang bruntusan terutama untuk memudarkan noda atau flek bekas jerawat. Yuk, segera berburu rangkaian skincare untuk bruntusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *