Skincare Untuk Bruntusan - Penyebab Bruntusan
Skincare

Skincare Untuk Bruntusan – Penyebab Bruntusan

Skincare untuk bruntusan adalah topik yang tak pernah usang untuk dibicarakan. Perjuangan melawan bruntusan seringkali panjang dan melelahkan. Kombinasi dan jenis skincare yang digunakan bisa sangat beragam untuk setiap wanita. Skincare yang ampuh menghilangkan bruntusan pada seseorang belum tentu bekerja dengan baik pada yang lain.

Apa sebenarnya yang disebut bruntusan. Bruntusan adalah jerawat berukuran kecil yang muncul dalam jumlah banyak. Dapat muncul pada dada, punggung, lengan dan terutama di area wajah. Tentu sangat mengganggu penampilan, satu jerawat saja bisa membuat kita gelisah, apalagi bila muncul secara bergerombol.

Bruntusan ternyata tak melulu karena kurang merawat kulit wajah. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi munculnya bruntusan. Oleh karenanya, metode untuk melawan bruntusan bisa berbeda tergantung faktor pemicunya. Proses pembersihan wajah yang tidak sempurna, pemilihan kosmetik atau skincare routine yang tidak tepat, bakteri, alergi, faktor makanan, kondisi hormonal, stress, atau pola hidup yang tak sehat adalah hal-hal yang dapat memicu bruntusan.

Pernahkah anda mendengar kisah seorang wanita yang dirawat di RS karena suatu penyakit selama kurang lebih 1 minggu, takjub karena wajahnya jadi bersih dari jerawat sepulang dari rumah sakit, padahal tak sekalipun ia sempat melakukan skincare saat dirawat. Ini bukti pola makan ala RS (yang sehat namun seringkali tak seperti pola makan kita sehari-hari) dan cukup asupan air putih berpengaruh besar pada kesehatan kulit. Bila bruntusan rajin muncul di wajah anda, evaluasi pola makan anda. Bisa jadi itu pemicu utama bruntusan di wajah anda.

Skincare untuk bruntusan, harus dapat melakukan dua hal. Pertama mengatasi bruntusan dan mencegah jangan sampai bruntusan muncul lagi. Bila bruntusan anda masih hilang timbul bisa jadi pemilihan dan cara penggunaan skincare anda harus dievaluasi. Kebiasaan buruk seperti tidak rutin membersihkan alat rias (terutama kuas), sprei atau sarung bantal yang jarang diganti, juga pola hidup terutama makanan yang tidak sehat juga perlu diperbaiki agar bruntusan tak mengganggu lagi.

Skincare Untuk Bruntusan - Penyebab Bruntusan
Skincare Untuk Bruntusan – Penyebab Bruntusan

Skincare routine night yang tepat dan dilakukan dengan rutin sangat berperan. Membersihkan wajah pada malam hari sebelum tidur harus tuntas dan menjamin wajah benar-benar bersih setelah seharian beraktifitas. Proses pengobatan bruntusan (umumnya dengan obat jerawat) juga biasanya lebih efektif dilakukan di malam hari saat kulit melakukan regenerasi. Beberapa obat jerawat seperti benzoil peroksida dan asam salisilat dapat meningkatkan sensitifitas kulit terhadap paparan sinar matahari, jadi idealnya digunakan di malam hari.

Toner yang sering dianggap sepele cukup banyak perannya dalam membantu mengatasi bruntusan. Karena toner membantu menyeimbangkan pH kulit, melembabkan, membersihkan, dan mengangkat sel kulit mati. Jangan lalai menggunakan sunscreen setiap hari, sekalipun anda hanya beraktifitas di dalam rumah atau cuaca sedang mendung, sunscreen tetap harus dipakai. Awan mendung atau kaca tak mampu menghalangi sinar ultraviolet A yang berdampak buruk pada kulit wajah kita.

Bruntusan paling sering dipicu oleh proses cleansing yang tidak tuntas. Langsung tidur tanpa membersihkan wajah terlebih dulu jelas akan mengundang bruntusan. Hindari kosmetika atau make up tebal selama masih bruntusan. Menutup bruntusan dengan make up tebal hanya solusi sesaat namun makin memperparah bruntusan. Bila pemakaian make up tak bisa anda hindari, pastikan melakukan metode double cleansing di malam hari agar tidak ada lagi sisa make up atau kotoran yang dapat menyumbat pori. Kenali penyebab bruntusan di wajah anda, dan tentukan skincare untuk bruntusan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *