Skincare Tips untuk Kulit Kering dan Sensitif
Skincare

Skincare Tips untuk Kulit Kering dan Sensitif

Skincare tips untuk kulit kering dan sensitif adalah pembahasan yang cukup banyak diminati kaum wanita. Kulit kering boleh jadi jarang diganggu oleh jerawat, namun masalah lain tak kalah merisaukan. Jenis kulit yang kering dan sensitif rentan menimbulkan reaksi bila terpapar sinar matahari atau polusi. Umumnya tampilan kulit mudah timbul kemerahan, mengelupas, atau tampak bersisik.

Kulit jenis ini juga perlu hati-hati dalam memilih produk skincare. Salah menggunakan skincare, kulit anda bisa makin kering atau bahkan muncul reaksi alergi terhadap komponen yang ada dalam produk skincare tersebut. Namun bagaimanapun juga kulit kering dan sensitif perlu perawatan rutin. Disini pentingnya pengetahuan mengenai skincare yang aman dan sesuai untuk merawat kulit anda yang sensitif.

Sebagaimana jenis kulit yang lain, kulit sensitif juga memerlukan skincare routine minimal yang perlu digunakan setiap hari yaitu cleanser, moisturizer, dan sunscreen. Sebagian ahli juga memasukkan toner sebagai skincare dasar yang harus diaplikasikan. Mari kita bahas komponen skincare dasar untuk kulit kering dan sensitif satu persatu.

Semua paham bahwa cleanser adalah skincare utama terkait upaya menjaga kulit agar tetap bersih dan sehat. Untuk kulit kering dan sensitif, dianjurkan memilih pembersih wajah yang lembut dan tidak membuat kulit makin kering. Bahan seperti SLS atau stearic acid yang berfungsi untuk menghasilkan busa perlu diwaspadai karena berpotensi membuat kulit makin kering.

Saat memilih face wash/face soap hindari produk yang mengandung alkohol, pewangi, pewarna sintetis, dan pengawet dalam kadar yang tinggi. Bila anda merasa kulit terasa ketat seperti tertarik setelah mencuci wajah mungkin anda perlu ganti pembersih wajah atau menggunakan toner untuk melembabkan dan mengembalikan pH alami kulit wajah. Ingat pilih jenis hydrating toner bukan acid toner. Skincare tips untuk anda adalah menggunakan cleansing oil sebagai single cleanser untuk membersihkan wajah kering dan sensitif. Selain membersihkan cleansing oil dapat sekaligus membantu menutrisi kulit wajah anda.

Skincare Tips untuk Kulit Kering dan Sensitif
Skincare Tips untuk Kulit Kering dan Sensitif

Moisturizer yang bagus untuk kulit kering adalah yang bertekstur kental seperti cream. Pilih produk yang berlabel Hypoallergenic sehingga resiko timbul reaksi alergi saat menggunakannya lebih kecil. Bahan petrolatum tergolong bahan yang disarankan sebagai komponen pelembab bagi kulit yang kering karena lebih efektif mencegah penguapan pada kulit wajah, terutama yang sangat kering atau retak-retak.

Pilih moisturizer yang memiliki sifat hydrating dan moisturizing. Hydrating artinya produk tersebut berfungsi menarik air ke sel-sel kulit atau menambah kelembaban kulit. Sementara moisturizing menunjukkan keunggulan produk dalam membentuk lapisan di permukaan kulit dan mencegah penguapan pada kulit. Kulit yang dehidrasi bila hanya menggunakan pelembab yang bersifat moisturizing kemungkinan tetap tampak kering karena produk tersebut hanya mencegah penguapan tanpa menambah kelembaban kulit.

Susncreen tidak boleh diabaikan karena kulit kering dan sensitif lebih rentan terhadap terpaan sinar matahari. sunscreen untuk kulit kering idealnya broad spektrum sehingga dapat melindungi kulit dari UV A dan UV B dengan SPF minimal 30 dan PA minimal ++. Pilih sunscreen yang tidak mengandung pewangi atau pengawet dalam kadar yang tinggi. Bahan titanium dioksida ideal sebagai sunscreen untuk kulit sensitif. Bahan ini termasuk physical sunscreen yang sedikit meresap dalam kulit sehingga lebih kecil resikonya menimbulkan reaksi alergi. Rawatlah kulit anda dengan hati-hati dan seksama, pilih produk skincare yang tepat dengan mengikuti skincare tips ini.

Baca juga: Skincare Untuk Bruntusan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *