Skincare Tips untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat
Skincare

Skincare Tips Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Skincare tips untuk kulit berminyak dan berjerawat bisa jadi adalah topik yang paling populer. Ini sangat mudah dipahami karena memiliki kulit wajah berminyak umumnya memiliki segudang masalah. Kulit sering kelihatan kusam atau tampak mengkilat karena produksi minyak yang berlebih. Make up yang digunakan mudah luntur. Belum lagi urusan komedo di area T dan jerawat yang mudah sekali muncul dan mengganggu penampilan.

Melawan jerawat tak cukup hanya dengan mengoleskan obat jerawat. Jerawat termasuk komedo adalah gangguan yang terjadi akibat pori-pori kulit yang tersumbat sel kulit mati, sebum, dan kotoran yang menempel di permukaan kulit. Selanjutnya bila terjadi invasi dari bakteri P. acnes dapat terjadi peradangan yang membuat kondisi jerawat jadi makin parah.

Agar bebas dari gangguan jerawat kita harus memahami benar proses bagaimana terjadinya jerawat. Kulit berminyak memproduksi sebum secara berlebihan, sehingga tak heran bila type kulit ini mudah mengalami komedo atau jerawat. Anda mungkin sering mendengar istilah acne prone. Istilah ini mengacu pada tipikal kulit yang sangat mudah timbul acne.

Ekfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati memang terjadi secara alami, namun seiring dengan usia yang makin bertambah, proses eksfoliasi alami ini makin lambat. Kita perlu perawatan kulit yang merangsang pengangkatan sel kulit mati dan mempercepat regenerasi sel kulit. Intinya perawatan kulit wajah yang benar akan mempercepat penyembuhan jerawat dan mencegahnya muncul lagi.

Skincare tips terpenting untuk kulit berminyak dan berjerawat adalah pemilihan skincare dasar yang tepat. Ini berarti anda perlu memilih cleanser, toner, moisturizer dan sunscreen yang tepat dan menggunakannya sesuai anjuran. Cleanser penting untuk mengangkat kotoran dan minyak berlebih agar tak menyumbat pori-pori kulit. Ingat sabun muka yang membuat wajah kesat sampai seperti tertarik bukan pilihan yang tepat. Kondisi kulit yang kering setelah dibersihkan justru akan memicu kel minyak memproduksi sebum lebih banyak lagi. Cleansing oil justru diajurkan karena efektif melarutkan kotoran dan minyak berlebih tanpa membuat wajah kering. Setelah itu dilanjutkan dangan cleansing foam yang lembut.

Skincare Tips untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat
Skincare Tips untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Toner jenis exfoliating dapat dipilih untuk membantu mengangkat sel kulit mati agar tak menyumbat pori-pori. Peran toner seringkali diabaikan padahal faktanya penggunaan toner yang tepat sangat membantu menjaga kesehatan kulit sekaligus mengatasi masalah yang terjadi pada kulit wajah. Anda tetap perlu menggunakan moisturizer sekalipun kulit anda berminyak. Moisturizer menjaga agar kulit tetap lembab sehingga dapat mengontrol produksi sebum. Moisturizer yang bagus untuk kulit berminyak yaitu jenis waterbase (berbahan dasar air), oil free, dan non comedogenic.

Tentang sunscreen ada mitos yang beredar bahwa pemakaian sunscreen menimbulkan komedo atau jerawat sehingga tak sedikit wanita yang sedang berjerawat enggan menggunakannya. Faktanya paparan sinar matahari memperparah jerawat sehingga anda perlu selalu menggunakan sunscreen. Bila anda merasakan jerawat jadi lebih banyak saat memakai sunscreen bisa jadi jenis sunscree yang anda gunakan kurang tepat atau anda tak membersihkan wajah dengan tuntas pada malam hari sebelum tidur.

Pilih sunscreen yang memiliki tekstur gel ringan dan non comedogenic. Gunakan SPF yang sesuai yaitu SPF 30. Sunscreen yang terlalu tinggi akan lebih “berat” dan berpotensi menyumbat pori-pori. Pada malam hari gunakan obat jerawat sebagai spot treatment pada bagian yang berjerawat. Malam hari saatnya kulit mengalami proses regenerasi. Efektifkan terapi jerawat dengan mengoleskannya di malam hari sebelum tidur. Ayo lawan jerawat denagn mengikuti skincare tips di atas.

Baca juga: Skincare Tips untuk Kulit Kering dan Sensitif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *