Skincare Tips – Mengenali dan Mengatasi Purging
Skincare

Skincare Tips – Mengenali dan Mengatasi Purging

Skincare tips mengenai bagaimana cara mengenali dan mengatasi purging cukup sering dicari kaum wanita. Masih banyak yang bingung menentukan apakah keluhan yang muncul saat mencoba skincare baru adalah karena purging atau karena tidak cocok dengan komponen yang ada dalam skincare tersebut. Apalagi bila yang mengalami adalah wanita dengan jenis kulit yang sensitif. Yang pada dasarnya memang mudah mengalami reaksi alergi atau iritasi pada kulit wajahnya.

Hal ini mungkin juga pernah anda alami. Setelah mencoba skincare yang berbeda dari yang biasa anda pakai timbul reaksi yang tidak diharapkan seperti kulit tampak kusam, muncul bintik-bintik merah atau jerawat justru makin banyak. Mulailah anda bertanya-tanya apa penyebabnya? Apakah produk tersebut tidak cocok untuk kulit anda? Apa ini cuma reaksi adaptasi? Apa yang harus dilakukan, stop skincare atau tetap digunakan sampai keluhan tersebut reda dengan sendirinya? Mari kita bahas lebih dalam.

Cukup banyak wanita yang telah mengenal istilah  purging sebagai fase adaptasi kulit terhadap skincare yang baru, namun bagaimana membedakan keluhan yang muncul itu karena purging atau kulit anda tidak cocok dengan komponen yang terkandung di dalamnya, tak semua wanita mengetahuinya. Ada beberapa skincare tips yang dapat membantu kita menentukan ini purging atau bukan.

Pertama check kandungan dalam produk skincare yang anda gunakan karena tidak semua skincare berpotensi menimbulkan purging. Purging dapat terjadi bila kita memakai produk skincare yang mengandung AHA, BHA, produk berjenis scrub, peeling, atau retinoid. Komponen ini bisa terkandung di dalam produk pembersih wajah, toner, atau moisturizer. Banyak pelembab yang mengandung AHA atau BHA sebagai zat untuk merangsang proses regenerasi kulit akibatnya pada awal penggunaan bisa saja muncul jerawat sebagai proses pembersihan pori-pori kulit dari tumpukan sel kulit mati atau minyak berlebih.

Skincare Tips – Mengenali dan Mengatasi Purging
Skincare Tips – Mengenali dan Mengatasi Purging

Bila ternyata skincare yang baru anda coba mengandung komponen yang disebutkan di atas, tips kedua amati keluhan yang timbul pada wajah anda. Jerawat yang muncul akibat proses purging biasanya muncul tiba-tiba di area dimana biasanya muncul jerawat. Ukuran jerawat yang muncul biasanya kecil-kecil dan lebih cepat membaik. Kalau anda lihat jerawat yang muncul meradang, kelihatan parah, atau bahkan terasa nyeri, bisa jadi ini bukan purging tapi breakout karena tidak cocok dengan produk tersebut.

Bila kondisi yang anda alami memenuhi syarat di atas yaitu skincare mengandung zat pemicu purging dan tampilan jerawat sesuai dengan ciri-ciri jerawat purging, tips ketiga amati perkembangannya dalam kurun waktu tertentu. Purging umumnya tak berlangsung lama yaitu sekitar 2-4 minggu sesuai dengan siklus pergantian sel kulit. Sebagian purging bisa terjadi dalam kurun waktu maksimal 8 minggu atau 2 kali siklus pergantian sel kulit. Bila keluhan terjadi lebih dari dari 8 minggu, konsultasikan lebih lanjut pada ahlinya, karena bisa jadi kulit anda memang tak cocok dengan skincarenya.

Purging adalah reaksi sementara dimana kulit beradaptasi dengan komponen skincare yang mempercepat proses regenerasi sel kulit. Saat kulit sudah beradaptasi dan tentu saja kondisinya lebih sehat karena sel-sel kulit mati di permukaan kulit telah diganti dengan lapisan kulit baru yang sehat, maka keluhan jerawat juga reda dengan sendirinya. Saat purging, lanjutkan penggunaan skincare dan kulit akan pulih seiring dengan siklus pergantian sel kulit. Dianjurkan mengurangi frekuensi penggunaan dan takaran skincare yang anda pakai untuk meringankan gejala purging. Anda tengah mengalami purging, ikuti skincare tips di atas.

Baca juga: Skincare Tips untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *