Skincare Tips – Mengenali dan Mengatasi Breakout
Skincare

Skincare Tips – Mengenali dan Mengatasi Breakout

Skincare tips untuk mengenali dan mengatasi breakout harus diketahui oleh wanita agar dapat mengambil langkah yang sesuai saat timbul jerawat setelah mencoba skincare yang baru. Membicarakan breakout tidak dapat dipisahkan dengan purging. Breakout dan purging keduanya merupakan reaksi yang terjadi saat mencoba produk perawatan wajah yang baru yang berbeda dengan produk yang biasa digunakan. Reaksi ini bisa juga terjadi pada pemula yang baru mulai mencoba produk skincare untuk merawat kulit wajahnya.

Hal yang terpenting adalah bagaimana anda dapat membedakan reaksi yang terjadi itu tergolong purging atau breakout, karena tindak lanjutnya sangat berbeda. Purging adalah masa adaptasi kulit terhadap zat aktif dalam skincare yang dapat mempercepat regenerasi sel seperti AHA, BHA, produk berjenis scrub, peeling, atau retinoid. Jerawat pada purging umumnya tidak parah, muncul di area dimana biasanya tumbuh jerawat, dan cepat membaik. Purging biasanya dialami seseorang dalam kurun waktu 2-4 minggu atau paling lama 8 minggu.

Karena purging adalah proses adaptasi kulit, maka keluhan yang dialami selama fase purging akan reda seiring dengan proses regenerasi sel kulit. Saat purging, dianjurkan untuk tetap menggunakan skincare tersebut. Setelah fase purging lewat anda akan dapat menggunakannya sebagai skincare routine harian anda dengan aman.

Lalu bagaimana dengan breakout? Poin apa yang membedakan purging dengan breakout? Mari kita bahas bersama. Breakout adalah reaksi yang timbul karena kulit wajah kita tidak cocok dengan komponen yang terkandung di dalam skincare. Jadi tidak terbatas pada zat yang dapat memacu proses regenerasi sel seperti yang telah disebutkan di atas. Keluhan yang muncul biasanya lebih hebat, jerawat muncul pada tempat yang sebelumnya tidak pernah ditumbuhi jerawat. Tampilan jerawat lebih besar, tampak merah meradang, bahkan dapat disertai nanah.

Skincare Tips – Mengenali dan Mengatasi Breakout
Skincare Tips – Mengenali dan Mengatasi Breakout

Berbeda dengan purging yang akan reda seiring dengan waktu, jerawat breakout akan tetap terjadi  selama kita masih menggunakan produk tersebut. Ingat bila keluhan seperti purging tetap mengganggu lebih dari 8 minggu, kemungkinan besar yang anda alami adalah breakout. Perawatan wajah di salon juga bisa menimbulkan breakout bila kita alergi terhadap bahan skincare yang diberikan.

Cara menyikapi kondisi breakout sangat berbeda dengan perlakuan kita pada fase purging. Bila selama purging skincare tetap harus digunakan, pada kondisi breakout skincare yang kita pakai harus distop agar jerawat breakout dapat reda. Sebagian wanita dijejali pemahaman bahwa saat mencoba skincare memang harus bereaksi seperti purging, skincare harus tetap digunakan sampai reda dengan sendirinya. Purging adalah bukti skincare sedang bereaksi. Sayangi wajah anda, bila dalam kurun waktu 8 minggu jerawat tetap tak reda, stop skincare yang anda gunakan. Ini bukan purging tapi breakout.

Istilah breakout juga digunakan untuk kondisi wajah yang jerawatnya makin parah setelah melakukan perawatan wajah yang berpotensi menimbulkan iritasi. Sebagai contoh seseorang yang mencoba resep scrub wajah alami pada kulit wajah yang sedang berjerawat. Iritasi akibat scrub bisa memicu munculnya jerawat-jerawat baru dan peradangan pada jerawat yang ada. Selain produk skincare breakout juga dapat terjadi karena faktor dari dalam tubuh kita seperti kondisi hormonal (saat pubertas, kehamilan, atau menjelang menstruasi), kebiasaan merokok, stress, pola makan, dan kurang istirahat. Evaluasi faktor-faktor ini bila jerawat anda sulit diatasi. Apakah anda merasa sedang mengalami breakout di wajah anda, sikapi seperti skincare tips di atas.

Baca juga: Skincare Tips – Mengenali dan Mengatasi Purging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *