Skincare Routine
Skincare

Skincare Routine – Istilah dalam Skincare

Skincare routine mungkin adalah topik yang paling banyak dicari kaum wanita terutama para pemula yang ingin merawat kulit wajahnya dengan lebih baik. Oleh sebab itu maka sangat baik bagi pemula untuk mempelajari bagaimana skincare routine untuk pemula itu. Tak sedikit wanita yang terbiasa mencuci wajah dengan sabun mandi. Sabun mandi tidak dirancang untuk kulit wajah, sehingga formulanya seringkali terlalu keras dan lambat laun akan memberi efek buruk pada kulit wajah.

Para pemula tentunya ingin tahu skincare apa yang harus digunakan setiap hari. Mereka sering dibuat bingung akibat banyaknya ragam skincare yang ditawarkan. Bahkan saat ingin mencari pembersih wajah yang tepat saja sudah disodori dengan banyak pilihan bentuk dan merk facial cleanser. Untungnya di era informasi seperti saat ini, dunia serasa dalam genggaman kita. Dalam waktu singkat aneka informasi tentang skincare dapat kita peroleh, tanpa perlu susah payah berkeliling di counter skincare.

Saat mencari info tentang skincare routine, seringkali kita jumpai istilah-istilah yang tidak kita pahami apa artinya. Mau tak mau kita juga harus mencari info yang tepat mengenai makna dari istilah-istilah tersebut agar kita tak salah dalam memilih skincare routine harian kita. Berikut ini adalah beberapa istilah dalam skincare yang sering kita jumpai. Non comedogenic mengandung arti produk skincare ini didesign agar tidak menyumbat pori-pori sehingga tidak menimbulkan komedo. Label ini penting anda cari bila kulit anda tergolong berminyak dan sering bermasalah dengan jerawat.

Anda memiliki kulit wajah yang sensitif? Hati-hatilah saat memilih produk skincare. Salah memilih, kulit anda bisa timbul keluhan gatal, panas, kemerahan, atau iritasi. Idealnya anda mencari produk skincare dengan label hypoallergenic. Istilah ini menunjukkan bahwa skincare tersebut memiliki potensi lebih kecil untuk memicu reaksi alergi.

Skincare Routine
Skincare Routine

Redness adalah kondisi dimana area kulit tertentu memiliki warna kemerahan yang kurang ideal. Redness biasanya lebih sering terjadi pada kulit terang akibat paparan sinar ultraviolet B yang bersifat membakar kulit.  Kondisi ini bisa juga muncul akibat pemakaian skincare atau kosmetik yang tidak cocok.

Hyperpigmentation adalah bercak kecokelatan yang dapat anda lihat pada wajah akibat produksi melanin berlebih. Contohnya freckles, bekas jerawat, dan luka. Bercak hyperpigmentation dapat makin gelap akibat paparan sinar matahari yang terus menerus. Faktor lain yang juga berperan adalah faktor hormonal atau genetil/keturunan.

Moisturizing adalah fungsi skincare untuk melapisi permukaan kulit agar tidak kehilangan kelembaban kulit. Prinsipnya moisturizer berfungsi untuk mencegah kehilangan kelembaban, bukan menambah kelembapan kulit. Sementara istilah hydrating maknanya produk ini berfungsi untuk meningkatkan kandungan air di dalam kulit. Produk dengan label hydrating, biasanya berbahan dasar air sehingga teksturnya nampak lebih cair.

Exfoliation atau eksfoliasi adalah proses pengelupasan kulit dengan media tertentu. Eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati sehingga kulit akan tampak lebih halus dan lembut. Skincare yang membantu proses eksfoliasi bisa berbentuk toner, facial scrub, atau masker. Acne prone juga istilah yang akan sering anda jumpai. Lalu apa makna yang tepat dari istilah ini. Acne prone bukan berarti kulit wajah yang terus menerus berjerawat. Tetapi tipe kulit yang sangat mudah berjerawat. BIasanya terjadi pada kulit yang berminyak. Faktor lain yang membuat kulit tergolong acne prone adalah hormon, stres, perubahan suhu, lingkungan, dan gaya hidup.

Double cleansing, yaitu membersihkan wajah secara dua tahap. Pertama dengan pembersih berbahan dasar minyak (oilbase cleanser) seperti cleansing oil, make up remover, cleansing milk, atau cleansing balm. Tahap kedua menggunakan face wash yang biasa digunakan. Dengan memahami istilah skincare maka anda dapat memilih skincare routine yang sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *