Sesak Nafas Saat Hamil - Apa Sebabnya
Sesak Napas

Sesak Nafas Saat Hamil – Apa Sebabnya?

Definisi Sesak Nafas

Sesak nafas saat hamil adalah salah satu keluhan yang cukup mengganggu sebagian wanita. Pada saat hamil, keluhan kesehatan yang dirasakan umumnya lebih mudah membuat wanita panik karena khawatir memiliki efek yang membahayakan pada janinnya. Bisa dibayangkan bila saat hamil anda juga mengalami kesulitan saat bernafas, pastilah anda kebingungan menghadapinya.

Sesak nafas adalah kesulitan saat bernafas, nafas anda bisa terasa berat, pendek, terengah-engah, atau saat nafas terdengar suara “ngik-ngik” (mengi). Tahukah anda bahwa keluhan sesak terjadi pada sekitar 60-70% wanita hamil? Khabar baiknya adalah sebagian besar sesak nafas pada ibu hamil adalah kondisi normal akibat perubahan tubuh saat hamil sehingga tidak membahayakan ibu dan janin yang dikandungnya.

Namun tetap perlu diwaspadai kemungkinan sesak nafas yang muncul akibat gangguan pada paru-paru atau jantung yang perlu penanganan secara tepat agar tidak mengganggu proses kehamilan dan persalinan. Saat kontrol rutin perkembangan janin sampaikan keluhan sesak napas anda, sehingga dokter dapat memeriksa lebih lanjut apakah sesak tersebut berbahaya atau tidak bagi kehamilan anda.

Kapan sesak saat hamil mulai terasa? Sesak nafas saat hamil muda dirasakan oleh sebagian wanita, dan makin besar usia kehamilan keluhan sesak bisa makin nyata. Sebagian mungkin baru merasakan sesak nafas saat hamil 7 bulan mengingat perkembangan janin yang tampak nyata dan berpengaruh pada organ lain disekitarnya. Sebagian besar wanita hamil merasakan sesak nafas saat hamil tua saat pertumbuhan janin dalam perut sudah maksimal, namun sesak terasa berkurang saat menjelang kelahiran karena kepala bayi sudah turun masuk ke rongga panggul.

Penyebab Sesak Nafas Saat Hamil

Sesak Nafas Saat Hamil - Apa Sebabnya
Sesak Nafas Saat Hamil – Apa Sebabnya

Perubahan tubuh pada wanita saat hamil tak hanya pada rahim saja namun juga dapat berdampak pada organ tubuh yang lain. Keluhan sesak napas adalah salah satu dampak yang muncul. Berikut ini adalah faktor yang dapat memicu keluhan sesak nafas saat hamil :

  • Kebutuhan oksigen yang meningkat

Saat hamil wanita, oksigen dibutuhkan untuk metabolisme tubuh ibu dan janinnya. Sehingga tak heran bila ibu hamil merasa harus sering menarik nafas panjang atau mungkin frekuensi nafasnya jadi lebih sering. Kondisi ini biasanya dikeluhkan sebagai sesak.

  • Pengaruh hormon progesteron

Hormon ini merangsang pusat pengatur pernafasan di otak sehingga udara yang dihirup dan dikeluarkan saat bernafas lebih besar.

  • Tekanan dari rahim

Rahim yang terus membesar seiring pertumbuhan janin akan menekan organ disekitarnya. Diafragma atau sekat antara rongga perut dan dada juga ikut terdesak ke atas dan menekan paru-paru. Keluhan sesak makin terasa pada kehamilan kembar atau kelainan pada kehamilan yang mengakibatkan jumlah air ketuban berlebihan.

Selain hal-hal yang normal di atas, ibu hamil yang memiliki riwayat asma mungkin akan merasakan asmanya jadi lebih sering kambuh saat hamil. Anemia juga kerap dialami oleh wanita hamil. Kondisi ini juga dapat memicu keluhan sesak. Untuk mencegahnya saat hamil upayakan makan makanan yang bergizi seimbang. Pemantauan kondisi tubuh saat hamil juga sangat penting. Ibu hamil juga dianjurkan minum suplemen secara rutin untuk anemia dan kekurangan zat gizi lainnya.

Saat hamil, sistem pembekuan darah juga mengalami perubahan. Sekalipun jarang kondisi ini dapat memicu terjadinya emboli paru, dimana terdapat bekuan darah yang menyumbat paru-paru. Bila sesak yang anda rasakan muncul secara tiba-tiba dan makin parah sebaiknya segera konsultasikan lebih lanjut dengan dokter agar mendapat penanganan yang tepat. Semoga informasi ini dapat membantu anda menyikapi sesak nafas saat hamil dengan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *