Sesak Nafas – Apa Saja Penyebabnya
Sesak Napas

Sesak Nafas – Apa Saja Penyebabnya?

Sesak nafas merupakan keluhan yang sering membuat panik seseorang, apalagi jika muncul secara mendadak. Sesak nafas adalah kesulitan bernafas yang ditandai dengan nafas yang cepat, dangkal, tersengal-sengal, atau dapat pula disertai bunyi “ngik-ngik”. Keluhan lain yang juga sering menyertai sesak adalah dada terasa nyeri atau terasa seperti terlilit tali yang erat pada dada.

Sesak nafas sering dikaitkan dengan penyakit asma. Memang benar asma adalah penyebab keluhan sesak nafas yang kerap terjadi di masyarakat. Bahkan tersedia obat-obat pereda asma yang dapat dibeli bebas tanpa resep dokter. Namun benarkah serangan sesak selalu akibat asma? Dapatkah obat asma yang dijual bebas mampu meredakan semua keluhan sesak? Ternyata banyak kondisi atau penyakit yang dapat membuat kita merasa sesak.

Karena penyebabnya beragam maka obat yang dibutuhkan untuk melegakan napaspun tak sama. Jangan sembarangan minum obat sesak yang dijual bebas bila anda tidak tahu pasti penyebabnya. Salah minum obat selain tidak efektif meredakan sesak, juga dapat memperparah sesak yang dirasakan. Mari kita pelajari lebih lanjut penyebab dari sesak nafas termasuk juga penyebab sesak nafas pada asma.

Penyebab Sesak Nafas

Sesak Nafas – Apa Saja Penyebabnya
Sesak Nafas – Apa Saja Penyebabnya

Sesak dapat muncul akibat gangguan pada fungsi paru-paru, jantung, serta penyebab lain diluar jantung dan paru-paru. Berikut ini adalah gangguan fungsi paru-paru yang dapat menimbulkan sesak:

  • Asma

Asma terjadi akibat adanya peradangan pada saluran nafas (bronkus) yang membuat saluran ini bengkak, menyempit, dan memproduksi lendir secara berlebihan.

  • PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik)

Infeksi atau peradangan pada paru juga kebiasaan merokok dapat merusak jaringan paru-paru sehingga mengganggu proses pernafasan dan menimbulkan keluhan sesak, mengi, atau batuk.

  • TBC (Tuberculosis)

Penyakit ini masih banyak penderitanya di negara kita. Merupakan penyakit menular yang membuat produksi lendir meningkat dan dapat merusak jaringan paru-paru.

  • Pneumothoraks

Terdapat kebocoran pada paru-paru sehingga udara dari paru-paru terkumpul di rongga antara paru-paru dan dinding dada. Udara yang terkumpul ini akan menekan paru-paru sehingga proses pernafasan terhambat.

  • Pneumonia

Infeksi pada jaringan paru-paru yang dapat disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur.

Gangguan pada fungsi jantung juga dapat meyebabkan keluhan sesak nafas. Contoh gangguan pada jantung yang mengakibatkan sesak adalah:

  • Gagal jantung

Merupakan kondisi dimana jantung tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh dengan efisien. Penyebab tersering adalah sumbatan pada pembuluh koroner jantung. Selain sesak, gejala yang lain adalah mudah lelah, dan terdapat penumpukan cairan di organ.

  • Aritmia

Gangguan irama pada jantung sehingga detak jantung tidak teratur, terlalu cepat atau lambat. Kondisi ini juga berakibat pemompaan darah oleh jantung tidak efisien.

  • Perikarditis

Radang pada selaput yang membungkus jantung. Selain sesak disertai nyeri dada.

Selain penyakit atau gangguan pada paru-paru dan jantung, masih banyak kondisi lain yang juga dapat menimbulkan keluhan sesak saat bernafas. Obesitas, kelelahan, atau gangguan kecemasan sering menimbulkan sesak. Anemia, pembengkakan pada tenggorokan, penyakit pada fungsi saraf seperti Sindrom Guillain-Barre dan Myasthenia gravis  juga dapat disertai gejala sesak nafas. Sebagian wanita mungkin mengeluh sesak nafas saat hamil. Anda mungkin juga sudah pernah mendengar keluhan sesak nafas karena maag atau gangguan pada fungsi lambung.

Mengingat penyebabnya yang sangat beragam, idealnya anda konsultasi pada dokter untuk mencari penyebab sesak yang anda rasakan agar dapat diketahui cara menyembuhkan sesak nafas yang anda alami. Bila penyebab sesak telah diketahui dengan pasti anda juga dapat melakukan upaya untuk mencegahnya kambuh dan mengganggu aktifitas anda. Dengan mengetahui terapi dan perawatan yang tepat diharapkan anda tak panik lagi saat sesak nafas muncul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *