Kesehatan

Segudang Manfaat Vitamin A Pada Buah-buahan

Sobat, selama ini kita mengenal vitamin A hanya untuk kesehatan mata. Bahkan, vitamin ini terkenal pada kandungan buah wortel. Apakah kamu juga memiliki persepsi yang sama?

Vitamin A sebenarnya tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan mata, lho. Bahkan vitamin ini juga tidak hanya ada pada wortel. Ada berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dari vitamin A di berbagai buah. Kamu tentu ingin mengetahuinya, kan?

Sebelum kita mengupas mengenai manfaat dan berbagai buah yang mengandung vitamin A, alangkah baiknya kita mengenali vitamin ini. Perlu diketahui, vitamin A terbagi menjadi dua jenis, yakni retinoid dan beta karoten. Apa bedanya?

Retinoid merupakan vitamin A yang berasal dari produk hewani. Sedangkan beta karoten merupakan vitamin A yang biasanya ada pada tumbuh-tumbuhan. Namun pada ulasan ini, kita akan fokus vitamin A yang terkandung pada buah-buahan.  Yuk kita intip manfaat serta kandungannya pada berbagai buah!

Manfaat Vitamin A

Vitamin A memang sering dikaitkan dengan kesehatan mata. Orang yang mengalami permasalahan pada mata memang diindikasikan karena kekurangan vitamin A. Makanya, kita sering disarankan mengonsumsi wortel semenjak kecil agar memiliki pencahayaan mata yang optimal.

Sebenarnya, banyak manfaat dari vitamin A yang bisa kita serap dalam tubuh kita. Nah berikut ini beberapa manfaat dari vitamin A selain untuk kesehatan mata.

  • Menjaga daya tahan tubuh

Salah satu produsen sel darah putih adalah vitamin A. Sel tersebut pastinya memiliki tugas yang penting bagi tubuh kita. Termasuk dalam menjaga daya tahan tubuh ini akan dikelola oleh sel darah putih. Untuk itu, rutin mengonsumsi vitamin A dapat menjaga daya tahan tubuhmu, lho.

  • Menghindari resiko kanker

Banyak orang beranggapan bahwa kanker menjadi salah satu penyakit yang menyeramkan. Hal ini biasanya dikaitkan dengan kematian. Padahal kanker ini bisa kita cegah sejak dini, lho. Salah satunya dengan mengonsumsi vitamin A.

Riset menunjukkan bahwa vitamin A memiliki peran yang sangat penting dalam pertumbuhan sel yang sehat. Maka, tak heran bila mengonsumsi vitamin ini akan menghindari kita dari resiko kanker.

  • Menjaga kesehatan reproduksi

Kesehatan reproduksi adalah hal terpenting yang harus dijaga oleh pasangan suami istri. Tak hanya itu, kamu juga perlu menjaganya sebelum melangsungkan pernikahan. Kesehatan reproduksi ini dapat kita jaga dengan cara mengonsumsi vitamin A. Mengapa demikian?

Perlu diketahui bahwa orang yang mengalami penghambatan pada perkembangan sperma biasanya terjadi karena dirinya kekurangan vitamin A. Tak hanya itu, berbagai riset juga menunjukkan bahwa pria juga dapat kekurangan kualitas sel telur hingga mempengaruhi proses pembuahan bila kurang asupan vitamin ini.

Namun, bagi ibu hamil justru tidak diperkenankan untuk mengonsumsi vitamin A secara berlebihan, lho. Hal tersebut justru akan membahayakan janin yang sedang di kandungnya. Untuk itu, berhati-hatilah bagi kaum ibu hamil.

  • Menjaga kesehatan tulang belakang

Pertumbuhan tulang tak hanya dibentengi oleh vitamin D, lho. Namun kebutuhan vitamin A juga sangat penting untuk pertumbuhan tulang termasuk tulang belakang. Bahkan sudah banyak hasil penelitian yang menunjukkan bahwa seseorang yang mudah mengalami patah tulang biasanya terjadi karena dirinya kekurangan vitamin A. Apakah kamu ingin mengalaminya juga? Tentu tidak, kan? Untuk itu, perbanyak konsumsi vitamin A, ya!

  • Meminimalisir munculnya jerawat di wajah

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa kekurangan vitamin A dapat memunculkan jerawat pada wajah mereka. Hal ini terjadi karena folikel rambut di wajah mengalami kelebihan protein keratin. Padahal dengan mengonsumsi vitamin A maka pengangkatan sel kulit mati pada wajah tidak dihalangi oleh folikel rambut. Alhasil, vitamin A akan meminimalisir munculnya jerawat di wajah kita.

Kandungan Vitamin A Pada Buah

Setelah mengetahui manfaat dari vitamin A, tentu rasanya kurang lengkap bila kita tidak membeberkan kandungan vitamin A pada berbagai buah. Tak hanya pada wortel, vitamin A pastinya juga ada di berbagai buah-buahan, lho. Nah berikut ini segudang buah-buahan yang mengandung vitamin A.

Buah pepaya merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin A yang sangat melimpah, lho. Apalagi buah ini sangat mudah kita temukan di berbagai musim. Kamu sebaiknya mengonsumsi buah pepaya dengan rutin untuk mendapatkan vitamin A yang cukup.

Selain pepaya, buah mangga juga memiliki kandungan vitamin A. Buah ini juga sangat mudah kita dapatkan di iklim tropis. Begitupun dengan buah semangka, jambu biji, jeruk Bali, serta buah blewah juga memiliki kandungan vitamin A yang bagus untuk kesehatan tubuh. Konsumsi setiap hari agar tetap sehat.

Itulah segudang informasi mengenai vitamin A baik manfaatnya maupun kandungannya pada buah-buahan. Kamu harus semakin bersemangat dalam mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin A, ya! Nikmati segudang manfaatnya untuk kesehatanmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *