Scrub Wajah Alami - Oatmeal, Aloe Vera
Skincare

Scrub Wajah Alami

Scrub wajah alami semakin terkenal di kalangan wanita karena mereka semakin memahami makna dari proses eksfoliasi. Sudahkah anda memahami apakah proses eksfoliasi itu? Proses eksfoliasi adalah siklus alami yang dijalani oleh kulit kita untuk melakukan regenerasi sel kulit. Proses regenerasi ini akan menggantikan sel kulit yang telah mati dengan sel kulit baru. Untuk orang-orang yang masih berusia maksimal 25 tahun proses eksfoliasi secara alami ini berjalan setiap 28 hari sekali. Selanjutnya, setiap tahun ke depan jangka waktu siklus ini bertambah panjang 2-3 hari dari jangka waktu tahun sebelumnya. Jadi, mudah dipahami jika masalah kulit mulai sering timbul dengan bertambahnya usia kita.

Eksfoliasi alami yang berjalan secara tidak efektif akan membawa dampak negatif bagi kecantikan kulit wajah. Ini yang mesti dipahami dan selalu diingat oleh kaum wanita. Kulit wajah menjadi kusam dan terasa kasar adalah efek buruk dari tumpukan sel-sel kulit mati di permukaan kulit. Komedo dan jerawat juga adalah efek buruk dari tumpukan sel-sel kulit mati yang mana bersama kotoran dan sebum akan bisa menyumbat pori-pori. Efek buruk selanjutnya adalah nutrisi yang terkandung pada produk skincare bisa terhambat penyerapannya oleh tumpukan sel kulit mati tersebut. Nutrisi pada produk skincare diantaranya adalah serum, pelembab, essence dan lain-lain.

Disarankan untuk memahami pentingnya tujuan dari eksfoliasi sebelum melangkah pada teknik yang aman dan efektif di dalam mempraktekkan eksfoliasi terhadap kulit wajah. Ada dua cara yang dikenal di dalam melakukan eksfoliasi pada kulit wajah. Dua cara tersebut adalah physical exfoliation dan chemical exfoliation.

Melalui physical exfoliation maka sel kulit mati di wajah bisa diangkat secara langsung. Metodenya bisa menggunakan peralatan khusus seperti umumnya dilakukan oleh klinik-klinik kecantikan atau bisa juga dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan scrub wajah. Selanjutnya, chemical exfoliation adalah metode eksfoliasi yang menggunakan zat perangsang pergantian sel kulit wajah.

Masih erat kaitannya dengan topik tentang scrub wajah, pada beberapa tahun yang lalu sempat terkenal zat yang bernama microbeads. Microbeads berbentuk butiran kecil dari sejenis bahan plastik yang terkandung di dalam produk skincare seperti lulur, sabun mandi dan sabun wajah yang efektif mengangkat sel kulit mati seperti halnya scrub wajah. Microbeads menjadi pilihan dari produsen produk skincare karena selain efektif mengangkat sel kulit mati juga murah. Namun di belakang hari bisa diketahui bahwa zat ini berdampak buruk bagi lingkungan khususnya perairan. Hal ini membuat banyak negara maju melarang penggunaannya oleh produsen produk skincare. Kemudian para produsen tersebut memilih menggunakan bahan alami sebagai pengganti microbeads.

Scrub Wajah Alami - Oatmeal, Aloe Vera
Scrub Wajah Alami – Oatmeal, Aloe Vera

Masker wajah dengan kandungan bahan alami sekarang ini sangat mudah kita dapatkan di pasaran. Kita boleh merasa aman ketika merawat wajah sekaligus tidak merasa bersalah karena tidak mencemari lingkungan. Resep tradisional negara kita yang terbukti mengandung manfaat seperti mangir jawa banyak diadopsi oleh produsen masker lokal. Bagi anda yang ingin perawatan wajah secara alami namun tidak mau repot meracik sendiri maka produk masker lokal dengan bahan bengkoang dan beras sudah banyak tersedia di pasaran.

Mungkin memang agak repot dengan membuat sendiri masker wajah. Namun kita pasti yakin dengan kandungan masker yang kita buat sendiri tersebut tidak mengandung bahan kimia. Bahan-bahan alami di rumah bisa kita manfaatkan untuk membuat sendiri masker wajah. Sebagai contoh kita manfaatkan alpukat yang dicampur dengan madu untuk membuat masker wajah alami untuk jenis kulit kering.

Proses eksfoliasi bisa kita usahakan dengan menggunakan bahan alami di dapur kita misalnya kopi. Lapisan sel kulit mati akan bisa diangkat oleh butiran bubuk kopi yang berfungsi sebagai scrub wajah alami. Metode ini termasuk perawatan wajah secara alami. Banyak juga yang belum mengetahui bahwa garam dan gula bisa dimanfaatkan sebagai face scrub alami yang mampu menghaluskan kulit secara efektif.

Kita wajib mengenali jenis kulit wajah kita dan masalah apa saja yang dihadapi oleh jenis kulit wajah kita tersebut. Langkah tersebut sangat penting sebelum kita membuat sendiri scrub wajah alami. Setelah mengenali jenis kulit wajah kita selanjutnya carilah informasi bahan alami apakah yang cocok dengan jenis kulit wajah kita. Dengan membuat sendiri face scrub alami yang cocok dengan jenis kulit wajah kita maka kita akan bisa mendapatkan manfaat maksimal dari face scrub tersebut. Sebagai contoh: masker yang mengandung air jeruk nipis akan membuat jenis kulit kering menjadi semakin kering. Sebaliknya, scrub wajah alami berbahan dasar alpukat akan membuat jenis kulit berminyak menjadi semakin berminyak.

Baca juga: Perawatan Wajah Sehari-Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *