Perawatan Wajah Sehari-Hari - Double Cleansing Natural Sleeping Mask
Skincare

Perawatan Wajah Sehari-Hari

Perawatan wajah sehari-hari adalah kewajiban untuk mencapai level kulit wajah yang sehat, tidak kusam serta terbebas dari masalah lain seperti halnya jerawat dan komedo. Pada umumnya orang-orang sudah paham bahwa jerawat adalah sangat mengganggu dan membutuhkan perhatian serius di dalam menanganinya. Obat jerawat saja tidak cukup untuk menangani masalah jerawat secara menyeluruh.

Seharusnya anda memikirkan lebih dalam lagi apakah sebenarnya yang memicu jerawat di wajah anda jika terapi jerawat anda belum maksimal yaitu jerawat muncul lagi setelah menghilang. Wajib dipahami bahwa jerawat sangat berkaitan erat dengan pola hidup. Sehingga banyak faktor yang mampu memicu tumbuhnya komedo dan jerawat. Jadi, jerawat tidak hanya berhubungan dengan perawatan kulit wajah saja.

Proses tumbuhnya jerawat di kulit kita sangat disarankan untuk dibahas supaya kita bisa jelas memahami jerawat secara keseluruhan. Kotoran, sel kulit mati dan sebum yang kemudian bergabung dengan bakteri P.Acnes akan menyumbat pori-pori kulit yang menyebabkan tumbuhnya jerawat. Telah dikenal di dunia medis bahwa ada lima jenis jerawat: whitehead (komedo tertutup), blackhead (komedo terbuka), papula, pustula, dan nodula/kista. Komedo dikenal sebagai jerawat yang ringan yang mana jika dirawat secara tepat tidak akan meninggalkan bekas. Sedangkan jerawat yang meradang atau bahkan sudah bernanah jika sembuh biasanya akan terlihat bekas di kulit yang tidak mudah untuk dihilangkan. Jerawat yang meradang atau bernanah ini dikenal sebagai nodula atau pustula.

Karena kulit berminyak memproduksi sebum yang berlebihan maka jerawat sangat mudah timbul pada kulit jenis ini. Kulit yang berminyak plus ditumbuhi jerawat memiliki kondisi yamg rawan jika tidak tepat di dalam memilih produk skincare dan melakukan perawatan kulit. Cleanser, toner, moisturizer, dan sunscreen adalah perawatan kulit wajah berminyak. Hal ini sama saja untuk perawatan kulit jenis lainnya. Tapi, wajib memilih produk skincare yang tepat untuk penggunaan sehari-hari.

Cleanser yang tidak membuat kulit menjadi kering dan cleanser yang lembut adalah pilihan yang bagus. Hindarilah memilih cleanser yang membuat kulit wajah menjadi ketat setelah penggunaannya. Karena kondisi tersebut justru memicu kulit untuk memproduksi minyak lebih banyak. Langkah selanjutnya adalah menggunakan toner yang manfaatnya bagus untuk membersihkan kulit wajah, membantu mengangkat sel kulit mati serta menjaga pH alami kulit. Produk toner yang non alkohol wajib jadi pilihan.

Perawatan Wajah Sehari-Hari - Double Cleansing Natural Sleeping Mask
Perawatan Wajah Sehari-Hari – Double Cleansing Natural Sleeping Mask

Kelenjar minyak bisa dikontrol supaya tidak secara berlebihan memproduksi sebum yaitu dengan cara menjaga kelembaban kulit. Untuk menjaga kelembaban kulit maka aplikasi moisturizer tetap wajib dilakukan meskipun kulit anda adalah jenis kulit berminyak. Moiturizer yang non comedogenic serta memiliki tekstur gel ringan adalah pilihan yang tepat untuk kulit jenis ini. Selanjutnya, kulit wajib dilindungi juga dari sinar matahari yang bisa memicu tumbuhnya jerawat. Aplikasikan sunscreen yang non comedogenic dan ringan di pagi hari untuk kulit berminyak anda.

Perawatan wajah sehari-hari bertujuan tidak hanya mengobati jerawat yang telah tumbuh tapi juga untuk mencegah jerawat yang akan tumbuh. Untuk tujuan itu maka perawatan wajah secara rutin dilakukan dengan mengaplikasikan produk skincare yang tepat yang sesuai dengan jenis kulit. Perawatan ini diharapkan bisa mengendalikan produksi sebum dan membersihkan pori-pori kulit dari sumbatan tumpukan sel kulit mati beserta kotoran lainnya.

Banyak orang mengabaikan perawatan wajah sebelum tidur padahal kebiasaan baik tersebut adalah satu bagian penting di dalam perawatan wajah sehari-hari. Tumbuhnya jerawat dipicu terutama oleh make up yang tidak dibersihkan secara tuntas sebelum tidur. Kemudian, manfaat obat jerawat juga sangat efektif jika diaplikasikan pada saat malam hari sebelum tidur. Adalah ideal jika mengaplikasikan obat jerawat yang mengandung benzoil peroksida dan asam salisilat pada malam hari sebelum tidur karena kulit bisa lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari disebabkan kandungan dua zat tersebut.

Banyak orang belum menyadari bahwa pola hidup sehat beserta perawatan wajah yang tepat secara rutin adalah cara yang paling tepat di dalam membasmi jerawat. Pola hidup sehat yaitu diantaranya dengan melakukan istirahat yang cukup, memperbanyak makan sayur dan buah, minum air putih minimal 8 gelas setiap hari serta mengelola stres dengan baik. Mulai jalankan gaya hidup sehat plus perawatan wajah sehari-hari jika anda sedang berusaha keras melawan jerawat.

Baca juga: Eye Cream Terbaik Harus Digunakan Dengan Cara yang Tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *