Perawatan Wajah Sebelum Tidur - Double Cleansing Minyak Zaitun
Skincare

Perawatan Wajah Sebelum Tidur

Tahukah anda perawatan wajah sebelum tidur adalah langkah utama bagi mereka yang menghendaki kulit wajah yang cantik, sehat dan bercahaya. Karena pada malam hari adalah saatnya kulit mengalami proses regenerasi. Ini salah satu pemikiran mengapa banyak produk yang dikhususkan untuk diaplikasikan pada malam hari. Sebagai contoh, masyarakat sudah tak asing lagi dengan produk krim pagi dan krim malam. Krim pagi umumnya lebih ringan dan dilengkapi sunscreen untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari. Sementara krim malam ‘lebih berat’ karena kandungan nutrisinya memang lebih banyak dan diharapkan dapar terserap dengan sempurna.

Membersihkan kulit wajah secara teliti adalah langkah awal dari proses perawatan wajah di malam hari supaya wajah tidak kusam. Pori-pori kulit wajah telah tersumbat oleh sel kulit mati, minyak berlebih, kotoran dan debu setelah anda beraktifitas seharian penuh. Banyak masalah akan hadir jika kulit wajah tidak anda bersihkan dengan sempurna. Kulit wajah anda akan terlihat kusam karena komedo dan jerawat hadir di sana.

Banyak dari kaum wanita yang telah mempraktekkan double cleansing sebagai cara efektif di dalam usaha membersihkan kulit wajah mereka. Cara ini efektif terutama bagi mereka yang sering aktif di luar ruangan atau bagi mereka yang sering menggunakan makeup yang tebal.

Dua tahap cleansing adalah cara kerja dari metode double cleansing. Dua tahap tersebut yaitu tahap pertama adalah melakukan cleansing dengan oilbase cleanser. Kemudian tahap kedua yaitu cleansing dengan waterbase cleanser. Oilbase cleanser di antaranya adalah cleansing balm, cleansing oil dan make up remover. Selanjutnya, contoh dari waterbase cleanser adalah facial soap dan facial wash.

Beberapa orang memilih perawatan wajah dengan minyak zaitun sebagai langkah awal double cleansing, dimana minyak zaitun berfungsi sebagai first cleanser yang berbasis minyak. Sebagian yang lain mungkin terbiasa menggunakan perawatan wajah dengan baby oil untuk membersihkan wajah pada tahap pertama sebelum kemudian dibersihkan dengan facial wash / facial soap.

Perawatan Wajah Sebelum Tidur - Double Cleansing Minyak Zaitun
Perawatan Wajah Sebelum Tidur – Double Cleansing Minyak Zaitun

Pemilik kulit wajah berminyak awalnya mungkin akan bertanya-tanya, bagaimana sesuatu yang bertekstur minyak dapat digunakan sebagai pembersih wajah. Mereka umumnya takut bila kulit wajah mereka jadi makin berminyak. Namun kenyataannya oilbase cleanser justru efektif melarutkan kotoran dan minyak berlebih yang ada di pori-pori kulit, sehingga saat diusap dengan kapas atau handuk yang telah dibasahi akan terangkat dengan sempurna. Kulit akan mendapatkan banyak nutrisi dari cleansing oil jika kita menggunakannya. Membersihkan sisa-sisa oilbase cleanser akan memberikan efek kesat pada wajah. Hal ini adalah step kedua dari proses double cleansing

Namun, metode single cleansing dengan oilbase cleanser sudah cukup bagi anda yang berkulit wajah kering dan sensitif. Hal ini bertujuan supaya kelembaban kulit wajah anda tetap terjaga. Sudah umum dipahami bahwa menggunakan facial soap atau facial wash akan bisa membuat kulit wajah sensitif menjadi semakin kering atau mengalami iritasi.

Setelah berbusa-busa membicarakan konsep double cleansing dengan dua jenis cleanser yang berbeda, kita seharusnya paham benar bahwa tidur dengan make up dan kotoran lainnya masih menempel pada wajah adalah biang dari aneka masalah kulit. Jangan pernah malas membersihkan wajah sebelum tidur karena ini langkah paling utama menjaga kesehatan kulit wajah anda. Sementara di pagi hari anda cukup membasuh wajah dengan pembersih wajah yang lembut karena hanya sedikit sekali kotoran yang menempel di wajah kita

Masih ingatkan kalau kulit mengalami proses regenerasi di malam hari? Wajah bukan hanya perlu dibersihkan tapi juga harus diberi nutrisi. Setelah wajah dibersihkan dari kotoran, sel kulit mati, dan sisa-sisa make up, anda dapat melanjutkan dengan aplikasi toner, moisturizer, night cream, serum, ataupun sleeping mask sebagai rangkaian perawatan wajah sebelum tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *