Perawatan Wajah Sebelum Tidur Untuk Kulit Berjerawat
Skincare

Perawatan Wajah Sebelum Tidur Untuk Kulit Berjerawat

Perawatan wajah sebelum tidur perlu mendapat perhatian lebih karena kulit kita mengalami proses regenerasi di saat malam hari. Ini artinya skincare yang kita aplikasikan akan lebih optimal bila dilakukan malam hari sebelum tidur. Anda yang telah membaca 10 langkah perawatan wajah wanita Korea yang sedang jadi tren akan melihat bahwa skincare step yang dilakukan di malam hari lebih banyak daripada step di pagi hari. Jenis skincare yang digunakan saat malam hari juga jauh lebih banyak.

Demikian juga prinsip yang harus dicamkan untuk mengatasi keluhan jerawat. Perawatan wajah malam hari memegang peran penting untuk kulit yang berminyak atau yang berjerawat. Pertama adalah terkait dengan proses membersihkan wajah. Seharian kita beraktifitas menggunakan sunscreen atau bahkan make up. Semuanya bercampur dengan debu, kotoran, minyak berlebih, juga sel kulit mati. Bila tidak anda bersihkan dengan seksama akan memperparah gangguan jerawat di wajah anda.

Idealnya anda membersihkan wajah dengan cara double cleansing. Pastikan anda melakukan double cleansing sebagai skincare night routine. Metode ini memadukan dua jenis cleanser yaitu oilbase cleanser (cleansing milk, cleansing balm, cleansing oil, atau make up remover) dan waterbase cleanser (face wash, face soap, atau micellar water). Pilih cleansing oil yang sesuai dengan kulit anda dan gunakan pada tahap pertama membersihkan wajah. Oilbase cleanser ideal untuk melarutkan sisa make up, kotoran, dan minyak berlebih, sehingga mudah dibersihkan. Tuntaskan proses cleansing anda dengan waterbase cleanser. Proses double cleansing juga termasuk dalam skincare step pada 10 langkah perawatan wajah ala Korea.

Bagaimana dengan obat jerawat? Apakah juga lebih efektif di malam hari? Sekalipun banyak produk obat jerawat yang dapat digunakan kapan saja, namun aplikasi saat malam hari sebelum tidur sangat membantu proses pengobatan jerawat. Saat siang hari anda menggunakan sunscreen (sebagai skincare routine) bahkan make up, tak heran kalau penyerapan obat jerawat tak sebaik saat wajah yang telah dibersihkan.

Perawatan Wajah Sebelum Tidur Untuk Kulit Berjerawat
Perawatan Wajah Sebelum Tidur Untuk Kulit Berjerawat

Perawatan wajah sebelum tidur juga ideal bila kita kaitkan dengan jenis obat jerawat yang banyak beredar di pasaran. Bila anda cermati, ada dua komponen yang sering kita dapati dalam obat jerawat yaitu benzoil perolsida dan asam salisilat. Kedua zat ini ternya membuat kulit wajah kita jadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Maka paling tepat bila anda menggunakannya di malam hari. Bila anda terpaksa menggunakannya pada saat pagi atau suang hari, jangan lupa aplikasikan sunscreen di wajah anda.

Pemilihan obat jerawat juga tergantung tingkat keparahan dan jenis kulit. Benzoil peroksida memiliki kemampuan lebih dalam mengatasi jerawat tingkat sedang sampai parah. Idealnya konsultasikan dengan dokter untuk menentukan konsentrasi yang tepat bagi jerawat anda. Menggunakan konsentrasi yang terlalu tinggi, dapat menimbulkan iritasi pada kulit wajah dan justru bisa memicu jerawat atau mem[erparah jerawat yang ada. Asam salisilat lebih diperuntukkan untuk jerawat ringan sampai sedang, Asam salisilat juga lebih bersahabat bagi anda yang berkulit sensitif karena potensi menimbulkan iritasi lebih kecil daripada benzoil peroksida.

Agar masalah jerawat anda lebih cepat teratasi termasuk memudarkan bekas jerawat, anda dapat menambahkan skincare lain seperti serum. essence, atau sleeping mask. Semuanya juga lebih baik anda aplikasikan di malam hari. Ingin jerawat anda segera teratasi, evaluasi langkah-langkah perawatan wajah yang anda lakukan, terutama yang berkaitan dengan perawatan wajah sebelum tidur.

Baca juga: Skincare Tips – Mitos Seputar Purging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *