Perawatan Wajah Kusam dengan Eksfoliasi
Skincare

Perawatan Wajah Kusam dengan Eksfoliasi

Perawatan wajah kusam  dengan eksfoliasi sangat layak untuk dicoba. Mengapa? Karena eksfoliasi membantu menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan sel kulit mati yang menjadi penyebab utama wajah tampak kusam. Bila anda merasa sudah rutin membersihkan wajah namun wajah masih saja tampak kusam, pertimbangkan untuk melakukan proses eksfoliasi pada kulit wajah anda.

Eksfoliasi secara umum dapat dilakukan dengan dua metode yaitu secara fisik dan secara kimiawi. Eksfoliasi secara fisik artinya proses yang langsung mengangkat sel kulit mati dengan scrub atau dengan alat. Eksfoliasi dengan alat khusus biasanya dilakukan oleh tenaga berpengalaman dalam perawatan di salon kecantikan. Pastikan anda memilih klinik dan tenaga yang kompeten untuk melakukan tindakan ini di wajah anda. Karena bila tidak kulit anda justru bisa menuai masalah.

Bila anda memilih menggunakan produk face scrub pastikan anda tidak menggunakan produk yang mengandung microbeads atau scrub dari plastik karena berpotensi merusak terumbu karang dan mengganggu ekosistem air laut. Beberapa negara maju telah melarang penggunaan microbeads dalam produk skincare. Saat ini juga telah tersedia produk face scrub yang menggunakan bahan alami. Aman di kulit sekaligus ramah lingkungan. Eksfoliasi secara kimiawi artinya menggunakan zat-zat yang dapat merangsang regenerasi sel kulit misalnya alpha hydroxy acid dan retinoid.

Perawatan wajah usia 35 tahun juga perlu eksfoliasi, karena proses eksfoliasi/regenerasi sel kulit secara alami makin lambat seiring bertambahnya usia. Jadi jangan heran bila sebelumnya anda merasa wajah selama ini tidak pernah bermasalah, namun saat usia makin bertambah wajah mulai tampak kering, kusam, tak bercahaya, atau jadi mudah timbul jerawat.

Pemilihan eksfoliant atau zat aktif yang mampu mengangkat kulit mati dan mempercepat regenerasi sel kulit wajah harus disesuaikan dengan jenis dan kondisi kulit wajah. Kulit wajah yang normal adalah jenis kulit yang paling ideal, biasanya tampak halus dan jarang mengalami masalah. Namun bukan berarti kulit normal tak perlu dirawat dengan skincare routine yang tepat lho. Kulit normal anda tetap perlu eksfoliasi agar terjaga kesehatan dan kecantikannya. Pilihan produk untuk kulit normal umumnya cukup beragam sehingga pemilik kulit normal dapat memilih produk face scrub dengan mudah.

Perawatan Wajah Kusam dengan Eksfoliasi
Perawatan Wajah Kusam Dengan Eksfoliasi – Cuka Apel

Kulit wajah berminyak terutama yang berjerawat perlu hati-hati memilih bahan scrub wajah alami yang ada dalam produk skincare. Karena butiran scrub yang terlalu kasar justru dapat memicu munculnya jerawat atau membuat reaksi peradangan pada bagian yang berjerawat. Produk yang mengandung eksfoliant kimiawi seperti Alpha Hydroxy Acid juga bisa digunakan untuk kulit berminyak ataupun yang berjerawat. Anda mungkin pernah mendengar tentang perawatan wajah dengan jeruk nipis. Ini juga salah satu cara mempercepat pergantian sel.

Anda yang memiliki kulit sensitif masih tetap bisa melakukan eksfoliasi. Namun terkadang kulit sensitif tidak bisa menerima butiran scrub yang halus sekalipun. Pada kondisi ini proses eksfoliasi secara kimiawi bisa jadi solusi. Produk yang mengandung enzim buah atau tanaman efektif sekaligus aman digunakan untuk mempercepat regenerasi sel kulit wajah yang sensitif.

Ingin cara yang aman namun cukup efektif untuk wajah anda yang sensitif? Usap wajah dengan handuk lembut yang telah dibasahi dengan gerakan memutar. Lakukan ini 1-2 kali seminggu dan dapatkan kulit wajah yang bebas dari sel kulit mati. Apapun jenis kulit anda, kulit perlu regenerasi sel secara rutin dan efektif agar tak jadi kusam. Pilih metode eksfoliasi yang tepat untuk perawatan wajah kusam anda, untuk perawatan wajah anda biar glowing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *