Perawatan Wajah Ibu Hamil dengan Bahan Alami
Skincare

Perawatan Wajah Ibu Hamil dengan Bahan Alami

Perawatan wajah ibu hamil perlu mendapat perhatian ekstra. Bila saat ini anda sedang hamil, coba cermati kulit wajah anda. Mungkin anda akan jumpai kulit tampak lebih kusam, minyak di wajah tampak lebih banyak, dan mulai muncul jerawat di beberapa tempat. Hal ini wajar terjadi karena kondisi horonal saat sedang hamil mempengaruhi tubuh kita termasuk kulit wajah.

Sembari menjaga kondisi fisik dan kesehatan janin yang sedang anda kandung, perawatan wajah sebaiknya jangan diabaikan. Perubahan hormon yang kerap menimbulkan masalah pada kulit wajah bisa makin runyam bila kita tak merawat dengan semestinya. Secara garis besar skincare dasar pada ibu hamil sama dengan wanita pada umumnya yaitu pembersih wajah, pelembab, ditambah dengan sunscreen. Hanya saja ibu hamil perlu lebih mencermati kandungan zat aktif dalam produk skincare yang dipakainya. Jangan sampai produk skincare yang anda gunakan mengandung bahan yang dapat mengganggu perkembangan janin yang anda kandung.

Sebagian ibu hamil mungkin juga termasuk anda sudah berusaha merawat wajah dengan skincare pilihan namun wajah tetap terlihat kusam dan jerawat masih saja mengganggu. Dalam situasi seperti ini coba pertimbangkan untuk mencoba mempraktekkan resep-resep alami untuk perawatan wajah. Natural skincare yang memanfaatkan buah, tumbuhan, dan bahan alami lainnya bukan hanya digunakan di negara kita lho. Di negara maju yang notabene telah akrab dengan skincare modern, natural skincare tetap mendapat perhatian khusus. Terutama saat hamil, perawatan wajah dengan bahan alami banyak peminatnya, karena dianggap lebih aman karena jelas bebas dari bahan kimia berbahaya.

Perawatan Wajah Ibu Hamil dengan Bahan Alami
Perawatan Wajah Ibu Hamil dengan Bahan Alami

Berikut ini adalah resep tradisional yang dapat digunakan sebagai perawatan wajah ibu hamil. Selain untuk merawat kecantikan kulit wajah juga dapat membantu mengatasi masalah kulit yang anda alami. Bila wajah anda sedang berjerawat, cobalah masker wajah alami untuk kulit berminyak dan berjerawat dari putih telur dan air perasan jeruk nipis. Ambil kedua bahan tersebut secukupnya, campur hingga rata. Oleskan merata, biarkan menempel di wajah anda selama 20-30 menit, lalu bilas sampai bersih.

Jeruk nipis juga dapat dipadukan dengan tomat. Masker wajah alami dari tomat dan jeruk nipis kaya akan anti oksidan dan membantu mencerahkan wajah. Aduk rata tomat yang sudah dihaluskan dengan air jeruk nipis. Ratakan ke kulit wajah, diamkan sekitar 10-15 menit, setelah itu basuh dengan air hangat. Anda punya buah bengkoang? Manfaatkan untuk merawat wajah anda. Masker bengkoang alami dapat anda buat dengan memarut bengkoang dan peras sarinya. Tampung air perasan dalam wadah lalu simpan dalam kulkas hingga tampak endapan putih di dasar wajah. Oleskan endapan ini sebagai masker wajah, biarkan hingga kering atau sekitar 30 menit, lalu bilas sampai bersih.

Pepaya mengandung vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain baik dikonsumsi selama hamil, pepaya ternyata juga dapat anda jadikan masker wajah alami untuk kulit kusam. Ambil buah papaya secukupnya, haluskan hingga mudah diratakan ke wajah. Biarkan masker buah papaya di wajah anda selama 15-20 menit, lalu bersihkan wajah dengan air hangat. Gel lidah buaya dapat mendinginkan, melembabkan, menghaluskan, sekaligus membantu masalah jerawat pada kulit wajah. Cukup banyak produk aloevera yang ditawarkan. Sebaiknya anda pilih yang tidak mengandung alkohol. Bila anda memiliki tanaman ini di rumah, cukup oleskan pada wajah anda, lalu diamkan sejenak 15-20 menit agar meresap. Lanjutkan dengan membasuh wajah dengan air hangat. Mudah bukan? Silahkan coba resep dari bahan alami untuk perawatan wajah ibu hamil.

Baca juga: Perawatan Wajah Saat Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *