Penyebab Sesak Nafas Pada Penderita Asma - Asap Rokok
Sesak Napas

Penyebab Sesak Nafas Pada Penderita Asma

Asma: Penyakit Sesak Nafas Yang Sering Kambuh

Penyebab sesak nafas cukup beragam. Keluhan sesak muncul bila tubuh tidak memperoleh cukup oksigen. Ini sebabnya mengapa bila kita berada di dataran tinggi yang kadar oksigennya rendah, kita akan merasa sesak atau frekuensi nafas jadi lebih cepat sebagai upaya tubuh memenuhi kebutuhan oksigen.

Paru-paru dan jantung adalah organ yang paling bertanggung jawab dalam menyerap oksigen dan mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Gangguan pada dua organ penting ini akan memicu gejala sesak napas. Salah satu penyakit sesak nafas yang sering kita jumpai adalah asma. Gejala asma dapat dialami usia anak-anak sampai dewasa bahkan bayi.

Penyakit sesak nafas akibat asma juga termasuk yang sering kambuh secara mendadak. Asma juga ada di jajaran kasus yang sering dijumpai di instalasi gawat darurat. Sebagian penderitanya memiliki obat (biasanya dalam bentuk inhaler) yang dapat digunakan sewaktu-waktu untuk mengatasi asma yang sedang kambuh. Obat ini harus digunakan sesuai petunjuk dokter, namun bila sesak tetap tak membaik setelah menggunakan inhaler, penderita harus segera ke Rumah Sakit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Mengenali Penyebab Sesak Nafas Pada Asma

Penyebab Sesak Nafas Pada Penderita Asma - Asap Rokok
Penyebab Sesak Nafas Pada Penderita Asma – Asap Rokok

Pada penderita asma, faktor yang memicu sesak bermacam-macam. Pemicu untuk setiap penderita bisa saja berbeda. Di sini pentingnya setiap penderita mengamati kondisi apa saja yang memicu asmanya kambuh, sehingga dapat dilakukan upaya pencegahan. Berikut ini adalah beberapa penyebab sesak nafas pada asma:

  • Reaksi alergi

Sebagian besar asma didasari oleh kondisi alergi, dimana tubuh sensitif terhadap suatu alergen (substansi pemicu reaksi alergi) tertentu. Amati dan kenali alergen apa yang memicu sesak. Berikut ini adalah alergen yang sering membuat asma kambuh: serbuk sari dari bunga, rumput, atau pohon; tungau debu, bulu hewan peliharaan, jamur, kecoa, atau jenis makanan tertentu.

  • Penyakit saluran pernafasan

Sesak nafas pada anak seringkali dipicu oleh hal ini. Batuk pilek karena radang tenggorokan, sinusitis, atau pneumonia (radang paru-paru) adalah penyakit saluran pernafasan yang kerap memicu sesak.

  • Zat yang menimbulkan iritasi pada saluran nafas

Asap dari rokok, pembakaran, atau dari kendaraan bermotor bisa membuat asma kambuh. Bahan lain yang bisa mengiritasi saluran nafas adalah uap dari parfum, cat, bensin, dan bahan kimia lainnya.

  • Cuaca

Udara dingin atau perubahan yang drastis pada cuaca dapat seseorang dengan riwayat asma kambuh sesaknya.

  • Aktifitas yang melelahkan

Biasanya terjadi saat berolahraga. Kondisi ini juga dikenal sebagai EIA (Exercise-Induced Asthma) atau serangan asma yang dipicu oleh olahraga.

  • Kondisi emosional

Reaksi emosi yang berlebihan misalnya dengan menangis keras, berteriak, marah, cemas, atau tertawa yang berlebihan dapat menimbulkan sesak atau gejala asma.

  • Kondisi hormonal

Ini adalah pemicu yag sulit dihindari. Kondisi hormonal bisa berubah saat menstruasi atau hamil. Sesak nafas saat hamil bisa merupakan reaksi normal tubuh, namun bisa juga memicu serangan asma pada penderitanya. Bila anda memiliki riwayat asma, konsultasikan dengan dokter anda langkah ataupun obat apa yang perlu anda konsumsi agar tidak terganggu serangan asma.

Memiliki riwayat asma kadang merepotkan karena dapat kambuh sewaktu-waktu. Sesak nafas malam hari juga kerap dirasakan oleh penderitanya. Bila anda termasuk didalamnya, mau tak mau anda harus berupaya bersahabat dengan asma yang anda derita. Kenali faktor pencetus sesak agar bisa mencegah asma anda kambuh. Semoga artikel ini bermanfaat untuk memahami apa saja penyebab sesak nafas pada asma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *