Mengenali Tanda Bahaya Penyakit Sesak Nafas
Sesak Napas

Penyakit Sesak Nafas, Apa Saja Tanda Bahayanya?

Bagaimana Mengetahui Penyakit Sesak Nafas?

Penyakit sesak nafas merupakan gejala yang biasanya menyertai berbagai penyakit serius seperti gangguan fungsi paru-paru atau jantung. Tak heran bila sesak napas ini termasuk salah satu keluhan yang sering membuat penderitanya mendatangi fasilitas kesehatan. Agar dapat menyikapi dengan tepat kita perlu mengetahui bagaimana mengenali gejala sesak dan kapan harus segera menuju ke fasilitas kesehatan untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Sesak nafas adalah gangguan yang dirasakan saat bernafas seperti frekuensi nafas yang lebih cepat, nafas pendek-pendek, ataupun mengi (terdengar suara “ngik-ngik” saat bernafas). Sesak bisa jadi merupakan reaksi normal dari tubuh semisal berada di dataran tinggi yang kandungan oksigennya lebih rendah sehingga tubuh berkompensasi dengan meningkatkan frekuensi nafas. Saat aktifitas atau olahraga yang melelahkan juga wajar bila kita merasa sesak. Atau bisa juga sesak nafas sebagai akibat dari asam lambung.

Sesak nafas dapat dialami orang dewasa maupun anak-anak bahkan bayi. Sebagai panduan umum, sesak napas adalah kondisi dimana frekuensi napas pada dewasa >40 kali permenit. Pada anak bila frekuensinya >30 kali dan penyakit sesak nafas pada bayi  bila >40 kali dalam setiap menitnya. Sesak nafas pada bayi biasanya disertai gejala sianosis dimana bibir dan ujung-ujung jari tampak berwarna kebiruan. Selain frekuensi nafas yang lebih cepat dari biasanya, perhatikan juga suara yang muncul saat bernafas. Anda mungkin akan mendengar suara mengi (ngik-ngik), serak, atau suara seperti orang ngorok. 

Ciri-Ciri Sesak Nafas Yang Berbahaya

Mengenali Tanda Bahaya Penyakit Sesak Nafas
Mengenali Tanda Bahaya Penyakit Sesak Nafas

Kapan kita harus segera membawa penderita untuk mendapat penanganan lebih lanjut di fasilitas kesehatan yang memadai? Kondisi sesak yang gawat dapat timbul akibat radang pada paru-paru, serangan asma, reaksi alergi yang menyumbat saluran nafas, gangguan fungsi jantung, atau trauma/benturan pada dada. Di bawah ini adalah gejala-gejala yang harus diwaspadai. Bila anda mendapatinya segera bawa penderita ke dokter.

  1. Sesak disertai demam tinggi dan menggigil
  2. Kaki/pergelangan kaki bengkak
  3. Sesak bila berbaring/baru bisa tidur dengan diganjal >3 bantal
  4. Ujung jari dan bibir kebiruan
  5. Adanya suara tambahan saat bernafas seperti mengi, serak, atau seperti orang ngorok.
  6. Sesak tetap terasa setelah 30 menit beristirahat.
  7. Pada penderita asma bila keluhan tidak berkurang atau memburuk setelah menggunakan inhaler.

Penanganan Awal Sesak Nafas

Saat serangan sesak ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi gejala. Hal ini juga perlu dipahami para orang tua agar dapat melakukan pertolongan pertama sesak nafas pada anak.

  • Bawa ke tempat yang tenang

Sambil bersiap-siap pergi ke fasilitas kesehatan, bawa ke tempat yang tenang dan sirkulasi udaranya baik. Usahakan pasien rileks.

  • Atur posisi penderita

Posisikan setengah duduk yang nyaman, bisa diganjal dengan bantal pada punggung.

  • Longgarkan pakaian yang dikenakan
  • Hangatkan dada dan punggung untuk membantu melegakan pernafasan, bisa menggunakan obat gosok yang hangat atau kompres dengan air hangat.
  • Nafas melalui mulut

Tarik nafas perlahan, tahan sebentar, kerucutkan bibir seperti akan bersiul dan hembuskan perlahan melalui mulut.

  • Pada penderita dengan riwayat asma dan memiliki persediaan obat, dapat diberikan obat sesuai anjuran dari dokter.

Cara di atas sangat membantu pada orang dewasa atau anak-anak yang cukup besar dan kooperatif. Pada bayi idealnya sesegera mungkin dibawa ke fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai. Keluhan sesak memang mengkhawatirkan. Namun berbekal pengetahuan yang cukup, kita dapat mengurangi kepanikan dan dapat mengambil tindakan yang tepat saat kita atau anggota keluarga kita mengalami penyakit sesak nafas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *