Penyakit Rematik - Definisi dan Penyebabnya
Rematik

Penyakit Rematik – Definisi dan Penyebabnya

Apa Itu Penyakit Rematik?

Penyakit rematik bukan dominasi kaum lanjut usia saja. Penyakit rematik dapat menyerang berbagi usia. Sekalipun populer, tak semua orang memahami rematik dengan benar. Masih banyak yang belum tahu perbedaan rematik dengan asam urat atau mungkin anda juga pernah mendengar ungkapan bahwa rematik diakibatkan oleh kebiasaan sering mandi malam.

Kepopuleran asam urat sebagai pemicu rematik tidak diragukan lagi. Anda tentu sudah sering menjumpai kondisi saat ada yang mengeluh pegal-pegal atau nyeri sendi bisa dipastikan ada yang menimpali, awas gejala asam urat lho. Komentar ini biasanya diikuti ceramah pantangan makanan dan ramuan tradisional yang dipercaya dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Mari kita mengenal lebih jauh fakta mengenai rematik. Definisi dari rematik adalah penyakit yang ditandai dengan rasa nyeri pada otot dan persendian yang mengalami pembengkakan atau radang. Penyakit ini dapat menyerang seluruh persendian yang kita miliki. Jenis dan penyebab rematik sangat banyak. Tahukah anda bahwa terdapat > 100 jenis rematik, dan rematik akibat kadar asam urat yang tinggi adalah salah satunya.

Jenis dan Gejala Rematik

Penyakit Rematik - Definisi dan Penyebabnya
Penyakit Rematik – Definisi dan Penyebabnya

Berikut ini adalah jenis dan gejala rematik yang sering dijumpai di masyarakat kita. Kenali ciri-ciri rematik sehingga kita bisa mengantisipasinya dengan tepat.

  • Rheumatoid Arthritis

Sering disebut juga rematik artritis. Keluhan yang muncul akibat gangguan pada sistem kekebalan tubuh dimana sistem yang seharusnya melawan musuh dari luar tubuh justru menyerang jaringan sendi yang normal.

  • Osteoatritis

Faktor usia adalah pemicu rematik jenis ini sehingga tak heran bila ada yang menyebutnya rematik pada lansia. Dapat mengenai seluruh sendi namun yang paling sering menyerang pinggang, pinggul, lutut, kaki, leher, dan jari. Nyeri yang timbul membuat gerak penderitanya jadi terbatas. Dalam jangka waktu lama dapat mengakibatkan tulang rawan pada sendi mengalami kerusakan.

  • Lupus

Nama lengkapnya adalah SLE atau Systemic Lupus Erytematosus. Penyebab pasti penyakit ini belum diketahui. Intinya kekebalan tubuh berbalik menyerang organ tubuh yang normal seperti paru-paru, jantung, kulit, termasuk persendian. Nyeri sendi dan otot adalah gejala yang banyak dikeluhkan oleh penderitanya.

  • Ankylosing Spondylitis

Penyakit ini menyerang tilang belakang dan bagian tubuh lainnya. Merupakan salah satu penyebab rematik di usia muda. Penderitanya kebanyakan adalah remaja pria sampai usia sekitar 30 tahun.

  • Gout Arthritis / Rematik Asam Urat

Ini mungkin jenis rematik yang paling populer. Rematik dan asam urat sering kali dianggap sebagai sesuatu yang identik. Padahal asam urat hanyalah salah satu faktor yang dapat memicu timbulnya rematik. Jenis makanan penyebab rematik asam urat adalah yang mengandung protein atau purin yang tinggi seperti jerohan, kaldu, dan kacang-kacangan.

Lalu bagaimana dengan mandi malam hari? Benarkah menyebabkan rematik. Secara medis tidak ditemukan bukti mandi malam menyebabkan rematik. Yang lebih tepat pada seseorang yang memang telah memiliki keluhan rematik sebelumnya bila mandi dengan air dingin di malam hari dapat menjadi penyebab sakit rematik kambuh.

Terapi rematik pada dasarnya bertujuan menghilangkan rasa nyeri yang mengganggu. Namun sebagian besar penyakit rematik tidak dapat sembuh secara total. Yang bisa kita lakukan adalah mencari penyebabnya dan melakukan upaya-upaya agar keluhan nyeri pada sendi dan otot tidak sering kambuh. Jangan anggap remeh keluhan nyeri sendi karena bisa jadi merupakan tanda dari penyakit yang serius. Konsultasikan pada dokter yang kompeten. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan mungkin menyarankan pemeriksaan tambahan untuk mencari penyebab dari keluhan rematik anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *