Peluang Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing - Penitipan Binatang Peliharaan
Bisnis

Peluang Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing 2021

Peluang usaha modal kecil yang belum banyak pesaing pada saat pandemi di tahun 2021 ini sangat dicari oleh banyak pelaku bisnis. Hal tersebut karena kesuksesan suatu bisnis juga dipengaruhi faktor tingkat persaingan. Jika bisa menemukan relung pasar atau ceruk pasar yang tidak banyak pelaku usaha menggarapnya namun memiliki marjin keuntungan yang cukup maka usaha kita nantinya akan relatif lebih mudah untuk berkembang. Pada saat ceruk pasar tersebut mulai ramai di masa mendatang maka bisnis kita sudah berjalan stabil.

Peluang Usaha Modal Kecil Yang Belum Banyak Pesaing di Tahun 2021

  1. Makanan Organik
Peluang Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing - Makanan Organik
Peluang Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing – Makanan Organik

Pada era milenial ini sudah banyak kalangan yang menghendaki gaya hidup lebih sehat yang salah satunya dengan mengkonsumsi makanan organik. Jenis makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari mereka ganti dengan berbagai jenis makanan organik.

Pasar dari bisnis makanan memang sudah banyak pemainnya tapi ceruk pasar untuk bisnis makanan organik masih bisa menjadi peluang usaha yang sangat layak digarap karena membutuhkan modal kecil serta belum banyak pesaingnya pada masa-masa ini.

Untuk memulai usaha apapun memang wajib untuk mempelajarinya terlebih dahulu atau bisa juga sambil menjalankan usaha tersebut. Demikian pula dengan bisnis makanan organik. Mempelajari karakter pasar sambil menjalaninya bisa dengan terlebih dulu menjadi reseller dari produk-produk makanan organik yang sudah eksis. Dengan memasarkan produk-produk tersebut kita juga bisa mengamati dan mempelajari potensi serta perilaku pasar untuk bisnis makanan organik tersebut.

Setelah memahami potensi pasar dan memiliki hubungan baik dengan konsumen maka selanjutnya kita bisa membuat produk sendiri dan mulai menawarkan kepada pasar.

2. Perawat Lansia

Peluang Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing - Perawat Lansia
Peluang Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing – Perawat Lansia

Salah satu jenis peluang usaha modal kecil yang belum banyak pesaingnya ini tentu saja hanya berlaku bagi mereka yang memang lulusan sekolah perawat dan memiliki legalitas ijin praktek sebagai perawat.

Bagi mereka yang memiliki anggota keluarga yang berusia lanjut namun mereka memiliki kesibukan pekerjaan di luar rumah maka perawat lansia adalah jalan keluar bagi mereka. Mereka masih bisa bekerja di luar rumah dengan tenang tanpa kuatir terhadap kondisi anggota keluarga lansia di rumah.

Memang peluang ini adalah tanpa modal berupa uang tapi pasti butuh modal berupa skill dan legalitas yaitu berupa lulusan sekolah perawat dan memiliki ijin praktek sebagai perawat.

3. Usaha Daur Ulang

Peluang Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing - Usaha daur Ulang
Peluang Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing – Usaha daur Ulang

Mau nyari peluang usaha yang masih belum banyak pesaingnya dan butuh modal kecil saja? Coba saja usaha daur ulang! Hanya saja usaha ini membutuhkan kreativitas dan ketrampilan tangan yang baik.

Lakukanlah riset mengenai barang apa saja yang bisa dibuat dari bahan daur ulang namun memiliki nilai ekonomis, tingkat potensi pasarnya serta sumber bahan baku berupa barang-barang yang sudah tak terpakai lagi. Setelah semua informasi penting tersebut didapatkan maka mulailah berproduksi untuk membuat barang bernilai ekonomis.

Ceruk pasar dari usaha daur ulang ini masih lebar karena masih belum banyak pesaingnya. Oleh sebab hal tersebut dan juga membutuhkan modal dana kecil maka usaha ini masih tergolong potensial untuk ditekuni. Selain menghasilkan keuntungan materi, usaha ini juga memiliki keuntungan jangka panjang non materiil yaitu mendapatkan nama baik karena dikenal ikut andil dalam program mengurangi sampah serta melakukan daur ulang.

4. Penulis Konten Artikel

Peluang Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing - Penulis Konten Artikel
Peluang Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing – Penulis Konten Artikel

Dengan semakin banyaknya usaha yang memiliki website sebagai alat marketing online mereka maka jasa penulisan artikel semakin banyak diminati. Artikel bisa sebagai alat untuk mendatangkan traffic (pengunjung) dari mesin pencari. Kondisi ini membuka peluang bagi mereka yang memiliki kemampuan menulis artikel.

Memang sudah banyak jasa penulisan artikel namun jika anda memiliki keunggulan berupa kemampuan menulis secara mendalam dan teknis untuk suatu bidang tertentu maka itu bisa membuat anda menjadi pilihan di antara banyak jasa penulisan artikel.

Di tahun 2021 ini menulis artikel tentang suatu bidang tertentu secara teknis dan mendalam masih menjadi peluang usaha modal kecil yang belum banyak pesaingnya. Jika anda sudah dikenal di forum internet marketing bahwa anda adalah penulis yang baik maka job penulisan artikel akan mengalir.

5. Jasa Copy Writing di Media Sosial

Peluang Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing - Jasa Copy Writing di Media Sosial
Peluang Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing – Jasa Copy Writing di Media Sosial

Ambillah kursus online untuk kemampuan menulis copy writing. Jika anda sudah mampu menulis copy writing maka anda akan bisa mendapatkan job menulis caption untuk para penjual online. Mereka memanfaatkan media sosial untuk melakukan aktifitas bisnis online. Mereka butuh caption yang berdaya tarik yang mampu memperkuat branding mereka karena persaingan bisnis di media sosial sangat ketat.

Tidak banyak orang mampu menulis caption dengan jumlah kata terbatas tapi mampu menarik minat pembacanya. Tentunya hal tersebut menjadi peluang usaha yang belum banyak pesaingnya dengan modal dana kecil saja bagi mereka yang mampu menulis copy writing yang baik.

6. Penitipan Binatang Peliharaan

Peluang Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing - Penitipan Binatang Peliharaan
Peluang Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing – Penitipan Binatang Peliharaan

Terdapat peluang usaha bagi mereka yang sudah memiliki hobi memelihara hewan. Kemampuan menggeluti hobi yang mereka lakukan sehari-hari tersebut bisa mereka tawarkan sebagai jasa menerima titipan hewan peliharaan yang sejenis dengan hewan peliharaan mereka sendiri.

Sebagai contoh yaitu mereka yang memiliki kemampuan dan kebiasaan sehari-hari untuk merawat reptil eksotis. Tentu saja mereka juga akan mampu merawat reptil eksotis titipan orang lain dalam waktu sekian hari selama ditinggal oleh pemiliknya.

Selama bepergian pemiliknya tentu saja tidak mau menitipkan hewan kesayangan mereka kepada sembarang orang yang tidak pernah merawat hewan sejenis itu. Mereka pasti hanya mau menyerahkan perawatan hewan kesayangan kepada orang yang memang mampu dan terbiasa dalam bidang tersebut.

Kondisi inilah yang membuat jasa penitipan hewan peliharaan menjadi peluang usaha yang masih belum banyak pesaingnya dengan modal kecil saja.

7. Pengisi Suara Video (Voice Over)

Pelaku bisnis online sudah banyak yang mengunggah video mereka ke Youtube sebagai sarana marketing online mereka. Tentu saja jika mereka ingin video terkesan profesional dan bisa memperkuat branding maka mereka butuh pengisi suara video atau voice over yang profesional.

Kondisi tersebut membuka peluang usaha bagi siapa saja yang berminat untuk menawarkan jasanya sebagai pengisi suara video atau voice over. Peluang usaha ini masih sangat terbuka lebar karena masih sedikit pesaingnya.

8. Travel Planner

Salah satu contoh peluang usaha yang belum banyak pesaingnya dengan modal kecil yang terbuka lebar di negara atau di daerah yang menjadi tujuan wisata adalah menjadi travel planner. Jika tujuan wisata masih belum banyak diketahui oleh wisatawan maka jumlah pesaing sebagai travel planner masih sedikit.

Seorang travel planner wajib menguasai informasi lengkap tentang destinasi-destinasi wisata di negaranya, area pulau atau minimal di area propinsi tempat dia berdomisili. Informasi-informasi tersebut sangat dibutuhkan oleh turis pengguna jasanya sebagai sarana untuk mengetahui berapa anggaran yang dibutuhkan dan juga gambaran lebih jelas terkait dengan destinasi-destinasi yang ingin dikunjungi.

Jasa tour guide juga bisa kita bidik karena kebanyakan turis tidak mau merasa kerepotan mengurus sendiri transportasi dan akomodasi. Selain itu juga untuk memberikan panduan selama para klien tersebut berwisata.

Silahkan mencermati dan mungkin mencoba beberapa peluang usaha tersebut di atas yang sangat mungkin masih belum banyak pesaingnya dan tentunya membutuhkan modal kecil saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *