Peluang Usaha Kuliner Croffle
Bisnis

Peluang Usaha Kuliner Croffle, Mau Nyoba?

Peluang usaha kuliner croffle telah menjadi peluang usaha baru yang menarik minat banyak pelaku usaha di tanah air pada masa pandemi. Hal ini karena jajanan croffle telah menjelma menjadi tren kuliner selama masa wabah Covid 19 di negara kita atau tepatnya sejak akhir tahun 2020.

Sejak pandemi Covid 19 mulai merebak di negara kita usaha kuliner khususnya makanan ringan atau jajanan menjadi usaha yang bertahan bahkan berkembang disebabkan oleh pemasaran secara online. Kemudian sejak akhir tahun lalu yaitu tahun 2020 jajanan croffle menjadi salah satu ide bisnis yang diminati oleh banyak orang dan disajikan di banyak kedai kopi, toko kue dan restoran. Jajanan ringan perpaduan dari jajanan croissant dan waffle ini telah menjelma menjadi primadona usaha kuliner khususnya jajanan alias makanan ringan.

Dengan tujuan bisnis kuliner tetap bisa berjalan dengan lancar maka maka pemilik usaha wajib bisa menjalankan strategi yang kreatif dan tepat di dalam merespon tren makanan ringan yang sering muncul dan berkembang.  Peluang usaha kuliner croffle adalah salah satu tren usaha makanan ringan yang menyebabkan bisnis kuliner tetap menggeliat di tengan pandemi ini. Demikianlah ringkasan dari konferensi pers oleh Toffin Indonesia pada 12 Agustus 2021 yang diwakili oleh Indah Novyanti selaku Manager of Sales Toffin Indonesia. Sedangkan Toffin Indonesia dikenal sebagai perusahaan distributor berbagai jenis alat usaha untuk kafe dan juga menyediakan solusi bisnis di bidang resto, hotel dan kafe.

Kafe La Petite Boulangerie milik Cuisine de France yang berlokasi di Dublin, Irlandia adalah tempat yang menjual croffle untuk pertama kalinya di dunia yaitu pada tahun 2017. Sedangkan seorang koki dari Dublin, Irlandia yang bernama Louise Lennox adalah yang pertama kalinya membuat produk croffle. Kemudian croffle menjadi semakin populer di dunia dan semakin berkembang menjadi jenis makanan ringan yang tampilannya seperti sekarang.

Peluang Usaha Kuliner Croffle: Berapa Modal Produksinya?

Peluang Usaha Kuliner Croffle
Peluang Usaha Kuliner Croffle

Di luar modal investasi yaitu berupa alat-alat produksi maka modal kerja saja yaitu modal untuk memproduksi satu porsi menu croffle ternyata cukup rendah yaitu hanya Rp.5.000,- per porsinya. Demikian perkataan dari Indah Novyanti yaitu Manager of Sales Toffin Indonesia sebagai penyedia solusi bisnis di bidang perhotelan, kafe dan restoran yang dikutip pada konferensi pers 12 Agustus 2021.

Dengan modal produksi yang murah per porsi maka pemilik usaha bisa memiliki ruang yang cukup untuk melakukan kreasi dan modifikasi di dalam membuat dan menyajikan croffle di kafe, gerai/booth dan restoran. Modifikasi secara kreatif bisa dilakukan dengan membuat croffle rasa gurih, manis atau yang unik seperti rasa buah. Selanjutnya croffle disajikan dengan berbagai topping misalnya ice cream, keju, coklat dan masih banyak lagi. Strategi penjualan croffle bisa juga dengan menjual secara paket hemat dengan berbagai minuman panas, hangat ataupun dingin. Dengan berbagai strategi pemasaran tersebut diharapkan pemilik usaha bisa menjual croffle lebih banyak lagi sehingga membuktikan peluang usaha kuliner croffle memang berprospek bagus.

Dengan strategi pemasaran berupa tersedianya variasi makanan ringan bahkan variasi menu croffle yang dipadukan dengan paket hemat bersama minuman maka brand dan produk pelaku usaha bisa diingat oleh pelanggan. Kondisi ini akan sangat membantu pemilik usaha kedai kopi dan kafe mampu bertahan dan bahkan berkembang di musim wabah ini.

Ikuti juga artikel peluang usaha: Ingin Memulai Usaha Daycare? Ini Tahapan Yang Harus Kamu Lakukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *