Peluang Usaha Di Masa Pandemi - Kopi Siap Saji Kekinian
Bisnis

Peluang Usaha di Masa Pandemi – Sumber Penghasilan Baru Keluarga

Peluang usaha di masa pandemi banyak bermunculan akibat dari faktor kepepet yaitu dampak ekonomi yang dirasakan masyarakat luas berupa hilangnya mata pencaharian. Tapi, seharusnya jangan menganggap kondisi seperti itu sebagai kiamat karena kita bisa menggunakan potensi kreativitas untuk menghimpun pundi-pundi rupiah. Pada masa wabah ini, kita wajib berusaha terus mencari-cari peluang untuk mendapatkan penghasilan.

Sejak wabah Covid 19 melanda negara kita, pemerintah meminta masyarakat untuk lebih banyak di rumah saja dan juga bekerja dari rumah (Work from Home). Faktor desakan keadaan (faktor kepepet) seperti ini membuat orang bisa mendapatkan ide-ide usaha. Banyak ide-ide bisnis bermunculan di masyarakat demi mendapatkan penghasilan untuk keluarga mereka. Hobi seperti misalnya mengajar, berkebun, memasak dan lain-lain sangat bisa menjadi sumber ide peluang usaha bagi yang bersangkutan.

Banyak ide peluang usaha di masa pandemi timbul di dalam pikiran orang-orang sebagai efek dari bekerja dari rumah di masa wabah ini. Mengapa demikian? Hal itu karena alokasi waktu pekerjaan utama dengan sampingan bisa mereka atur sendiri. Jika ada kemauan maka ibu rumah tangga pun bisa memikirkan dan mendapatkan ide-ide usaha.

Untung tetap bisa diraih pada beberapa ide usaha yang tidak membutuhkan modal uang tunai. Perhatikan ide-ide berikut demi untuk mendapatkan sumber penghasilan bagi keluarga kita.

Jenis-Jenis Peluang Usaha di Masa Pandemi

  • Menjual Frozen Food

Peluang usaha menjual frozen food alias makanan beku juga sangat menarik banyak pelaku usaha di masa pandemi ini. Hal ini karena permintaan (demand) terhadap frozen food melonjak.

Pada saat pemerintah menghimbau supaya masyarakat lebih sering di rumah saja dan juga work from home (WFH) maka memasak sendiri makanan untuk keluarga menjadi kegiatan utama oleh para ibu rumah tangga yang selama ini juga berkarir di luar rumah. Kondisi tersebut membuat para ibu rumah tangga membutuhkan bahan makanan yang bisa dimasak dalam waktu cepat untuk siap disajikan. Frozen food adalah solusinya.

  • Kopi Siap Saji Kekinian
Peluang Usaha Di Masa Pandemi - Kopi Siap Saji Kekinian
Peluang Usaha Di Masa Pandemi – Kopi Siap Saji Kekinian

Banyak penikmat kopi yang gemar minum kopi di kedai atau di kafe. Tapi, sejak wabah Covid 19 melanda maka mereka sudah tidak bisa lagi melakukan kegemarannya itu. Kondisi ini adalah peluang usaha yaitu menyediakan kopi siap minum dan diantarkan kepada para penikmat kopi.

Buatlah kopi dengan standar kafe dalam hal rasa maupun kemasannya lalu antarkan kepada para pemesannya. Dengan melakukan hal itu maka anda sudah bisa menangkap peluang usaha di masa pandemi ini.

  • Resto Online – Siap Antar

Peluang usaha makanan siap santap yang dipesan secara online sungguh sangat marak di masa pandemi ini. Pada masa pandemi ini banyak orang yang memilih menyantap makanan di rumah saja untuk menghindari kerumunan di restoran dalam upaya menghindari paparan virus Covid 19. Menu makanan tersebut bisa dipesan secara online via aplikasi atau WA dan diantar oleh kurir milik restoran sendiri ataupun jasa kurir pihak ketiga.

Peluang masih terbuka lebar bagi anda yang ingin mencoba menggeluti usaha restoran online ini karena belum ada yang bisa mengetahui kapan pandemi covid 19 akan berakhir sehingga orang-orang pasti akan memilih menyantap makanan di rumah saja daripada di restoran.

  • Masker Kain

Peluang usaha yang juga masih terbuka lebar karena belum diketahui kapan pandemi Covid 19 akan berakhir adalah memproduksi atau menjual masker kain siap pakai. Produksilah masker kain yang memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh WHO atau Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Jika anda belum mampu secara finansial untuk memproduksi masker kain sendiri maka jadilah reseller saja terlebih dahulu. Dengan menjadi reseller maka anda akan tetap bisa memanfaatkan peluang usaha di masa pandemi Covid 19 yaitu memenuhi kebutuhan masayarakat terhadap masker kain yang sesuai standar WHO atau Kemenkes RI.

  • Les Privat

Pandemi Covid 19 mengharuskan semua siswa mendapatkan kegiatan belajar mengajar secara online alias daring (dalam jaringan) dari rumah mereka masing-masing. Kondisi tersebut membuat siswa kurang semangat belajar karena tidak bisa bertemu dengan para guru mereka untuk mendapatkan pelajaran secara langsung.

Kondisi tersebut menciptakan peluang usaha di masa pandemi sebagai guru les privat bagi mereka yang memiliki kemampuan di bidang pelajaran tertentu dan kemampuan untuk mengajarkannya.

Baca Juga: Peluang Usaha Kuliner Croffle

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *