Peluang Usaha di Desa Yang Berkembang di Tahun 2021: Jual Token Listrik
Bisnis

Peluang Usaha di Desa Yang Berkembang di Tahun 2021

Peluang usaha di desa yang berkembang di tahun 2021 bisa dicoba bagi mereka yang hidup di desa yang memang sedang berkembang dan sudah memiliki penghasilan namun dirasakan masih kurang untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Banyak potensi usaha di desa khususnya yang berkembang yang bisa dijadikan peluang usaha sehingga warga pedesaan tidak mesti pergi ke kota untuk mencari pekerjaan yang layak menurut mereka. Padahal banyak warga di kota yang ingin hidup kembali di desa.

Peluang usaha di daerah pedesaan bisa anda ciptakan dengan memanfaatkan kegiatan pertanian. Beberapa peluang usaha di bidang pertanian yang bisa dicoba yaitu beli sayuran di petani kemudian dibawa ke pasar-pasar di kota terdekat, menjual peralatan dan kebutuhan bertani, dan lain-lain. Peluang usaha yang berbau teknologi juga bisa dicoba seperti misalnya jualan kartu perdana, pulsa seluler dan pulsa token listrik.

Memulai usaha di desa secara umum membutuhkan modal relatif lebih kecil dibandingkan dengan di kota. Kebutuhan biaya yang relatif lebih kecil tersebut plus peluang yang relatif lebih besar adalah faktor positif dari membuka usaha di pedesaan. Peluang usaha di desa sangat mungkin dimulai dengan modal kecil saja. Seandainya anda butuh menyewa tempat usaha maka  hal itu tidak membutuhkan biaya sebesar jika dilakukan di kota.

Peluang Usaha di Desa Yang Berkembang di Tahun 2021: Apa yang Cocok Untuk Anda?

  • Toko Sembako

Mungkin sulit untuk mendapatkan toko sembako di daerah pedesaan khususnya yang jauh dari daerah sentra sembako. Jika kondisi ini ada di desa anda maka manfaatkanlah kesempatan itu untuk membuka toko sembako. Jika memungkinkan sediakan barang sembako selengkap-lengkapnya karena anda tidak usah khawatir barang jadi basi jika tidak laku terjual.

Sesuaikan stok barang sembako toko anda dengan dana yang tersedia. Jika dana besar maka sediakan barang secara lengkap. Namun, jika dana terbatas maka sediakan barang sembako yang “fast moving” alias pergerakannya cepat dari barang kulakan menjadi laku. Yang perlu juga diperhatikan adalah bahwa dengan dana yang terbatas maka anda tidak perlu menyewa tempat tapi manfaatkanlah ruang kosong di rumah anda.

  • Pulsa Seluler dan Token Listrik
Peluang Usaha di Desa Yang Berkembang di Tahun 2021: Jual Token Listrik
Peluang Usaha di Desa Yang Berkembang di Tahun 2021: Jual Token Listrik

Di masa ini secara umum orang-orang tidak bisa jauh-jauh dari penggunaan telepon seluler alias handphone. Para pengguna HP akan selalu membutuhkan pulsa. Kondisi kekinian yang lain adalah meteran listrik yang baru terpasang oleh PLN adalah menggunakan token listrik yang penggunaannya mirip dengan penggunaan pulsa HP juga. Kondisi tersebut membuat pulsa HP dan token listrik sekarang ini menjadi kebutuhan penting dari banyak orang termasuk bagi warga pedesaan.

  • Toko Pertanian

Jika sebagian besar pekerjaan penduduk di desa anda adalah bertani maka hal itu adalah peluang bagus untuk memulai usaha yaitu membuka toko kebutuhan pertanian. Anda bisa memudahkan kegiatan pertanian dengan menyediakan macam-macam kebutuhan seperti misalnya benih, pupuk kimia, pupuk kandang, pupuk organik, pestisida dan juga alat-alat pertanian.

Usaha anda bisa lebih lancar jika anda bisa memahami jenis benih, pupuk dan pestisida yang sering digunakan oleh para petani setempat. Modal yang dibutuhkan untuk membuka toko pertanian memang secara relatif lebih besar daripada membuka toko sembako. Tinggal ukuran usahanya saja yang  anda sesuaikan dengan modal yang tersedia.

  • Menjual Hasil Pertanian Keluar Desa

Jika anda memiliki modal yang cukup besar maka bisa untuk membeli mobil pickup/mobil bak terbuka untuk mengangkut hasil pertanian dan membeli hasil pertaniannya pula. Tentunya anda akan bisa kulakan dengan harga petani dan kemudian bisa anda bawa keluar desa untuk dijual dengan untung yang lumayan.

  • Ternak Unggas

Tingkat kebutuhan terhadap daging ayam dan daging bebek cukup tinggi di kota karena di kota banyak restoran dan lapak kaki lima yang menjual menu berbahan daging ayam dan daging bebek. Hasil dari peternakan ayam dan bebek di desa bisa ditawarkan ke tempat-tempat kuliner tersebut di kota-kota di sekitar desa.

Di daerah pedesaan masih banyak lahan kosong yang bisa disewa untuk dijadikan lahan peternakan. Kondisi ini akan mempermudah anda jika hendak memulai usaha peternakan. Usaha ini memang membutuhkan modal yang tidak sedikit namun keuntungannya juga relatif lebih besar. Selain menjual ayam/bebek hidup, anda juga bisa menjadikan kotorannya sebagai pupuk organik yang laku dijual.

Poin utama pada usaha peternakan yang wajib dipelajari dan dipraktekan adalah mengutamakan kesehatan hewan dan kebersihan kandangnya.

Baca juga artikel peluang usaha lainnya: Peluang Usaha di Masa Pandemi – Sumber Penghasilan Baru Keluarga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *