Obat Alami Penyakit Sesak Nafas Akibat Asma
Sesak Napas

Obat Alami Penyakit Sesak Nafas Akibat Asma

Penyebab Sesak Nafas

Salah satu penyakit sesak nafas yang muncul secara tiba-tiba adalah penyakit sesak nafas akibat asma. Penyakit ini didasari oleh alergi, dimana penderitanya sensitif terhadap suatu alergen (zat pemicu reaksi alergi). Alergen pada penderita asma biasanya debu atau dingin. Reaksi alergi ini mengakibatkan saluran nafas menyempit dan memproduksi lendir secara berlebihan sehingga menghambat aliran udara saat bernafas.

Sesak nafas bisa saja sesuatu hal yang normal saat olahraga atau aktifitas yang melelahkan, obesitas, berada di suhu yang ekstrim, atau pada dataran tinggi dimana kadar oksigen di udara lebih sedikit.  Sebagian besar sesak terjadi akibat fungsi paru-paru atau jantung yang tidak optimal. Bila dilihat dari jangka waktu terjadinya, sesak napas dapat dibagi dalam dua kelompok yaitu kronis yang dialami selama lebih dari 1 minggu dan akut yang terjadi secara tiba-tiba.

Penyakit sesak nafas tergolong penyakit yang meresahkan dan dianggap serius oleh masyarakat. Oleh sebab itu maka kita sebaiknya tahu apa saja tanda bahaya dari penyakit sesak napas itu. Sesak adalah salah satu gejala yang banyak dijumpai di instalasi gawat darurat di Rumah Sakit. Apa sebenarnya yang terjadi pada tubuh saat sesak melanda? Sesak napas atau dalam dunia medis dikenal dengan istilah dypsneu adalah ketidakmampuan tubuh memperoleh cukup udara.

Cara Menyembuhkan Penyakit Sesak Nafas Akibat Asma

Karena didasari oleh alergi yang merupakan sifat bawaan, asma hingga saat ini tidak dapat disembuhkan secara total. Pada sebagian penderita penyakit ini bisa hilang seiring bertambahnya umur, namun ada juga bertahan sampai usia dewasa. Obat-obatan yang diresepkan oleh dokter ditujukan untuk meredakan reaksi alergi dan keluhan sesaknya.

Penderita asma juga disarankan untuk mengamati faktor pemicu dari serangan asmanya dan berusaha menghindarinya sebisa mungkin. Alergen berupa udara dingin atau debu memang cukup sulit dihindari, namun kita tetap dapat berupaya agar kontak dengan debu atau suhu yang dingin dapat dibatasi.

Cara Alami Meringankan Penyakit Sesak Nafas Akibat Asma

Obat Alami Penyakit Sesak Nafas Akibat Asma
Obat Alami Penyakit Sesak Nafas Akibat Asma

Indonesia terkenal kaya akan rempah dan tumbuhan yang bermanfaat mengatasi beragam gangguan kesehatan. Beberapa tumbuhan konon juga dapat membantu meredakan serangan asma. Satu hal yang patut diperhatikan, resep alami ini sebaiknya digunakan sebagai terapi pendamping, karena sebagian besar belum terbukti secara ilmiah efek terapinya untuk asma. Penderita asma tetap dianjurkan untuk menggunakan obat yang dianjurkan dokter. Berikut ini adalah beberapa tumbuhan yang oleh masyarakat banyak digunakan sebagai pereda serangan asma.

  • Kunyit

Rimpang kunyit memiliki zat yang dapat menghambat proses peradangan dalam reaksi alergi. Secara teori kunyit dapat digunakan sebagai terapi asma. Namun masih belum ada penelitian yang dapat memaparkan khasiat kunyit secara khusus untuk kasus asma,

  • Jahe

Fungsinya sebagai penghangat badan sudah dibuktikan dari generasi ke generasi. Jahe juga memiliki khasiat anti peradangan, tapi efektifitas jahe terhadap asma belum jelas.

  • Madu

Sarat dengan zat-zat penting yang dibutuhkan tubuh membuat madu digunakan secara luas sebagai suplemen untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun khasiat langsung madu dalam meredakan sesak napas karena asma belum ada penelitian lebih mendetail.

  • Omega 3

Asam lemak tak jenuh ini dipercaya banyak kalangan memiliki khasiat untuk mengurangi peradangan dan memperbaiki fungsi paru-paru. Namun untuk menggunakannya sebagai terapi untuk serangan asma masih diperlukan rangkaian penelitian lanjutan.

Secara umum bahan-bahan di atas membantu menjaga dan meningkatkan kondisi tubuh. Tak heran bila sebagian orang yang telah mencobanya merasa gejala asma yang dideritanya membaik. Akan tetapi pada penderita yang sering mengalami serangan asma secara tiba-tiba dianjurnya memiliki persiapan obat untuk mengatasi penyakit sesak nafas akibat asma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *