Mengatasi Sesak Nafas Akibat Asam Lambung
Sesak Napas

Mengatasi Sesak Nafas Akibat Asam Lambung

Sakit Maag Bisa Memicu Sesak Nafas

Sesak nafas akibat asam lambung adalah penyebab sesak di luar faktor paru-paru dan jantung yang cukup sering terjadi. Sebagian orang mungkin bertanya-tanya bagaimana gangguan lambung dapat memicu keluhan sesak napas. Selama ini yang keluhan yang sering dialami oleh orang dengan riwayat sakit maag adalah nyeri perut, mual, atau muntah. Lalu bagaimana keluhan sesak napas bisa muncul?

Satu hal yang perlu dipahami, sesak nafas umumnya dirasakan pada seseorang dengan gangguan lambung kronis atau telah berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Dalam dunia medis disebut Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD). Dimana otot saluran pencernaan bagian bawah yang berbatasan langsung dengan lambung melemah sehingga asam lambung yang semestinya selalu berada di dalam lambung naik ke kerongkongan.

Asam lambung bisa naik sampai masuk saluran nafas dimana saluran nafas akan berusaha mencegah zat asing ini masuk dengan cara menyempitkan saluran napas sehingga penderitanya akan merasa sesak. Paparan asam lambung yang terus menerus akan menimbulkan reaksi radang di saluran nafas dengan gejala batuk dan mengi seperti gejala pada asma.

Bagaimana Mengatasi Sesak Nafas Akibat Asam Lambung?

Mengatasi Sesak Nafas Akibat Asam Lambung
Mengatasi Sesak Nafas Akibat Asam Lambung

Bila suatu saat asan lambung anda naik hingga mengakibatkan keluhan sesak, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk meringankannya.

  • Pindah ke area yang tenang

Cari tempat yang tenang dan baik sirkulasi udaranya. Upayakan untuk tidak panik, tenang, dan rileks.

  • Longgarkan pakaian

Gunanya agar proses bernafas bisa lebih lega dan lancar.

  • Hangatkan badan terutama bagian dada dan punggung

Dapat dilakukan dengan pemberian minyak kayu putih, balsam, dan lain-lain. Anda dapat juga menggunakan botol berisi air panas.

  • Lakukan pengaturan nafas

Duduk dengan posisi tegak, letakkan tangan di atas perut anda. Ambil nafas dalam perlahan melalui hidung sampai anda rasakan dada dan perut mengembang. Tahan nafas sekitar 10 hitungan, lalu hembuskan perlahan melalui mulut juga sekitar 10 hitungan.

Bagaimana Mencegah Sesak Nafas Karena Maag

Seseorang dengan riwayat sakit maag perlu melakukan upaya-upaya mengendalikan kadar asam lambungnya agar tak menimbulkan sesak nafas. Dokter mungkin akan memberikan satu atau beberapa jenis obat untuk mengatasi gejala maag anda. Berikut jenis obat yang biasa diresepkan dokter:

  • Antasida

Obat ini bermanfaat menetralkan cairan asam yang ada di dalam lambung.

  • H2 Blocker : Ranitidine, Cimetidine, atau Famotidine

Bekerja menghambat reseptor histamin pada lambung agar tidak memproduksi asam secara berlebihan.

  • Proton pump inhibitor/PPI : Omeprazole, Lansoprazole, atau Pantoprazole

Obat golongan ini bermanfaat menekan produksi asam lambung.

  • Sukralfat

Obat ini berfungsi untuk melindungi bagian dinding lambung. Manfaat lain adalah membantu melegakan sistem pernafasan yang sedang terganggu akibat asam lambung yang meningkat.

Selain menggunakan obat sesuai anjuran dokter, penderita gangguan lambung juga perlu menghindari faktor-faktor yang dapat memicu produksi asam lambung yang berlebihan seperti:

  • Menjaga pola makan

Usahakan makan teratur dan jangan langsung tidur setelah makan. Tidur atau berbaring dapat memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan.

  • Menghindari stress

Stress terbukti mempengaruhi produksi asam lambung. Banyak penderita yang gangguan lambungnya kambuh saat mengalami stress sekalipun telah berusaha menjaga pola makan.

  • Menghindari makanan pemicu asam lambung

Beberapa makanan sebaiknya tidak dikonsumsi karena dapat meningkatkan produksi asam lambung seperti makanan pedas, berminyak, asam, kopi, atau mengandung alkohol.

Bila penderita gangguan lambung menghindari faktor pemicu asam lambung dan minum obat sesuai anjuran diharapkan produksi asam lambungnya akan terkontrol dan terhindar dari sesak nafas akibat asam lambung. Baca juga informasi terkait cara menyembuhkan sesak nafas di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *