Memulai Bisnis Token Listrik PLN
Bisnis

Memulai Bisnis Token Listrik PLN

Memulai bisnis token listrik PLN menjadi peluang usaha yang menjanjikan sekarang ini dan juga di waktu mendatang. Layanan penjualan token listrik PLN semakin menjadi bisnis yang cukup potensial sekarang dan ke depannya searah dengan kebijakan PLN yang mengubah sistem pascabayar menjadi prabayar. Tingkat permintaannya pun bisa diperkirakan oleh sebab listrik adalah kebutuhan hidup masyarakat setiap hari.

Hanya satu cara yang diterapkan oleh PLN untuk mengisi listrik prabayar yaitu menggunakan token listrik. Hal tersebut mirip dengan sistem pulsa pada telpon seluler atau HP supaya HP tetap bisa digunakan untuk berkomunikasi. Artikel ini menyediakan informasi singkat mengenai langkah-langkah di dalam memulai usaha jualan token listrik PLN.

Keuntungan Memulai Bisnis Token Listrik PLN Secara Online

Perubahan cara pembayaran dari sistem pascabayar menjadi sistem prabayar untuk penggunaan listrik memiliki pertimbangan-pertimbangan tertentu oleh PLN. Yang pasti salah satunya adalah memberikan kemudahan-kemudahan bagi pelanggan PLN misalnya bisa mendapatkan token listrik di mana saja.

Para pelanggan PLN akan merasa mudah di dalam mendapatkan token listrik di mana saja misalnya di toko-toko kelontong, toko mini market, toko perlengkapan HP, mesin ATM, penjual token listrik perorangan atau pun secara online lewat marketplace dan mobile banking.

Para penjual token listrik PLN juga dimudahkan oleh adanya jaringan provider internet yang semakin meluas dalam rangka mengakses layanan deposit agen token listrik. Mereka hanya wajib memiliki perlengkapan yaitu smartphone dan koneksi internet untuk mengakses layanan deposit agen tersebut. Tentu saja hal ini adalah langkah yang sangat murah dan sederhana di dalam upaya memiliki bisnis yang berprospek cerah.

Langkah-Langkah Menjadi Agen Token Listrik PLN

Memulai Bisnis Token Listrik PLN
Memulai Bisnis Token Listrik PLN
  • Registrasi Agen/Kemitraan

Dewasa ini sudah banyak didapati provider yang menyediakan peluang usaha sebagai agen penjualan token listrik. Pelajari terlebih dahulu sebelum memilih provider. Pilihlah provider yang menawarkan harga yang lebih kompetitif dan sudah memiliki testimoni yang bagus dari para agennya. Dengan meluasnya jaringan internet maka semakin mudah untuk melakukan registrasi agen secara online melalui website ataupun melalui aplikasi.

  • Sediakan Modal Saldo Awal

Jika persetujuan sebagai agen sudah didapatkan maka lakukan pengisian saldo agen. Saldo tersebut akan digunakan untuk pembelian/kulakan token listrik yang selanjutnya akan dijual kepada para pelanggan. Secara umum para provider sudah menetapkan batas minimal saldo agen supaya bisa tetap bertransaksi. Umumnya saldo agen minimal ada di kisaran lima ratus ribu rupiah saja.

Anda bisa menambah saldo agen melalui banyak saluran seperti misalnya melalui ATM, mobile banking, teller bank, aplikasi transfer antar bank atau bisa melalui kasir toko-toko minimarket tertentu.

Sebagai langkah antisipasi terhadap jumlah permintaan dari para pelanggan anda maka anda wajib mengamati kebutuhan para pelanggan anda tersebut. Sebagai contoh: anda wajib menyediakan saldo agen minimal satu juta rupiah jika para pelanggan anda rata-rata menggunakan daya 1.300 watt di rumah-rumah mereka.

  • Lakukan Promosi Supaya Laris

Anda bisa langsung melakukan bisnis berjualan token listrik PLN setelah saldo keagenan anda terisi. Perhatikan dan pastikan smartphone dan koneksi internet anda tetap bisa beroperasi dengan baik supaya tetap bisa melayani para pelanggan dengan baik. Juga, jangan lupa untuk melakukan promosi secara rutin untuk menarik hati calon pelanggan baru. Lakukan broadcast lewat status WA atau lewat posting di FB Marketplace. Berikan potongan harga atau apapun yang menyenangkan hati para pelanggan selama hal itu tidak memberatkan anda di dalam memulai bisnis token listrik PLN.

Baca juga: Cara Bisnis Modal Kecil Untung Besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *