Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat
Skincare

Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Masker wajah alami untuk kulit berminyak dan berjerawat adalah resep perawatan wajah tradisional yang banyak dicari. Jerawat adalah problema kecantikan yang mungkin paling sering terjadi dan sangat mengganggu penampilan. Satu jerawat saja sudah cukup membuat wanita kebingungan. Apalagi bila telah mengoleskan aneka macam obat jerawat, namun jerawat hanya reda selama beberapa waktu untuk kemudian bermunculan lagi menghiasi wajah.

Kulit berminyak rentan diganggu oleh munculnya jerawat mengingat proses terjadinya jerawat adalah akibat sumbatan pori-pori kulit oleh sebum, kotoran, dan sel kulit mati. Kulit wajah berminyak, produksi sebumnya berlebihan, sehingga resiko terjadinya sumbatan pada pori-pori juga lebih besar. Produksi sebum erat kaitannya dengan kondisi hormonal seseorang. Pada masa pubertas, menstruasi, atau kehamilan terjadi perubahan hormonal yang membuat produksi minyak (sebum) pada kulit meningkat. Itulah jawaban mengapa jerawat sring timbul dan tidak mudah diatasi pada masa tersebut.

Perawatan wajah berminyak perlu dipahami dan dilakukan secara konsisten agar jerawat dapat diatasi dengan optimal. Seringkali masalah jerawat pada kulit berminyak sulit dibasmi karena pemilihan produk skincare yang salah. Misalnya penggunaan produk pembersih wajah yang salah. Masih banyak wanita yang kulitnya berminyak merasa nyaman bila setelah cuci muka kulit wajahnya terasa ketat. Mereka menganggap minyak di kulit wajahnya sudah berkurang. Padahal kulit yang kering dan ketat akan direspon kulit dengan memproduksi minyak lebih banyak.

Perhatian khusus juga perlu diberikan pada perawatan wajah malam hari sebelum tidur. Ritual perawatan sebelum tidur juga merupakan bagian penting untuk mengatasi jerawat. Yang pertama adalah bagaimana kita membersihkan wajah dengan seksama. Setelah seharian beraktifitas, tentu kulit wajah penuh kotoran, minyak yang berlebih, dan sisa make up. Bila tak dibersihkan, pori-pori akan tersumbat dan jerawat kembali bermunculan.

Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat
Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Telah disebutkan di atas bahwa faktor hormonal seperti kehamilan bisa mempengaruhi aktivitas kelenjar minyak. Banyak wanita yang tiba-tiba mengalami masalah dengan jerawat saat mulai hamil. Umumnya mereka bingung. Ingin jerawat di wajahnya teratasi sekaligus takut sembarangan menggunakan obat jerawat. Sebagaimana kita ketahui obat jerawat yang banyak di pasaran mengandung benzoil peroksida dan asam salisilat yang belum terbukti keamanannya bagi ibu hamil.

Ini salah satu faktor mengapa masker wajah alami untuk kulit berminyak dan berjerawat banyak dicari kaum wanita terutama yang sedang hamil. Membuat sendiri masker di rumah memang cukup membuat repot namun kita yakin bahwa masker tersebut tidak akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin. Resep paduan 1 sdm madu dan 2 sdm yoghurt memiliki kemampuan mengangkat sel kulit mati dan mengatasi bakteri penyebab peradangan pada jerawat.

Perawatan wajah dengan jeruk nipis atau lemon juga metode yang praktis dan populer untuk membantu produksi minyak yang berlebih juga jerawat. Namun bila jerawat di wajah anda sedang meradang parah sebaiknya hindari pemakaian jeruk nipis/lemon karena berpotensi membuat kulit iritasi. Aloevera adalah bahan alami yang efektif dan aman untuk mengatasi jerawat. Aloevera juga dapat membantu menenangkan kulit wajah yang meradang akibat jerawat.

Coba buka lemari pendingin di rumah anda, siapa tahu anda menemukan mentimun yang dapat anda pakai untuk mengobati jerawat. Anda bisa memotongnya melintang tipis-tipis lalu tempelkan irisan mentimun di wajah anda yang berjerawat atau oleskan jus mentimun secara merata ke wajah anda. Buah pepaya, putih telur, dan madu termasuk bahan alami yang dapat anda manfaatkan sebagai masker wajah alami untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Kunjungi artikel bermanfaat tentang: Ingin bebas dari jerawat, raih manfaat dengan aplikasi rutin toner untuk wajah berminyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *