Kenali Manfaat Toner Untuk Wajah
Skincare

Kenali Manfaat Toner Untuk Wajah

Manfaat toner untuk wajah sering kali dianggap remeh oleh sebagian wanita. Toner memang tak sepopuler cleanser (pembersih wajah) atau moisturizer (pelembab wajah). Sebagian besar wanita sudah paham manfaat pembersih dan pelembab wajah. Minimal mereka telah menggunakan pembersih wajah untuk merawat kebersihan dan kecantikan wajahnyamen. Setelah itu rata-rata wanita juga sibuk mencari pelembab untuk membuat wajahnya halus dan tidak kering.

Namun banyak yang meremehkan fungsi toner untuk wajah. Ini pentingnya kita selalu menambah ilmu tentang skincare. Dunia perawatan kecantikan wajah telah berkembang sangat pesat. Selalu muncul inovasi baru untuk memenuhi kebutuhan wanita baik dalam merawat kecantikan kulit wajahnya, maupun mengatasi masalah-masalah pada kulit wajah.

Setiap produk skincare memiliki peranan penting dalam merawat dan mengatasi masalah pada kulit, termasuk toner. Dulu, toner memang tak banyak diperhitungkan karena fungsinya yang tidak jelas. Kandungan alkohol dan pewangi yang tinggi justru beresiko membuat wajah kering. Saat ini produk toner telah mengalami inovasi sehingga menjadi salah satu produk skincare andalan dalam merawat dan mengatasi masalah yang kerap muncul pada kulit wajah.

Mari kita bahas lebih lanjut tentang toner, apa saja jenis toner dan apa manfaat toner untuk wajah kita. Saat ini toner untuk wajah terdiri dari 2 jenis yaitu exfoliating toner dan hydrating toner. Masing masing memiliki karakteristik dan peran yang berbeda dalam skincare routine kita.

Kenali Manfaat Toner Untuk Wajah
Kenali Manfaat Toner Untuk Wajah

Exfoliating toner atau juga dikenal dengan sebutan acid toner memiliki peran dalam mengangkat sel kulit mati. Kita tentu sudah paham bahwa tumpukan sel kulit mati adalah sumber dari berbagai masalah kulit seperti komedo, jerawat, dan membuat wajah tampak kusam. Nah, sudah makin nyata khan mengapa toner juga penting dalam perawatan wajah. Bila sel kulit mati telah dibersihkan dari permukaan kulit, masalah komedo dan jerawat dapat diatasi, bahan aktif dalam skincare seperti moisturizer, serum, essence, dan lain-lain akan dapat terserap dengan lebih efektif.

Sedangkan hydrating toner memiliki fungsi utama melembabkan kulit. Fungsi lainnya adalah menyeimbangkan pH alami kulit. Pernahkah anda merasa kulit jadi kering, ketat seperti tertarik setelah menggunakan sabun muka? Ini tandanya pH alami anda sedang kacau. Solusi yang tepat dan instant adalah menggunakan hydrating toner. Seketika kulit akan terasa nyaman dan makin lembab. Manfaat yang tak bisa diabaikan begitu saja.

Pernah mendengar istilah double toning? Istilah ini mungkin masih kalah popular dengan double cleansing. Padahal perannya tak kalah penting kalau kita mendambakan wajah yang cantik dan glowing. Bila dalam double cleansing kita menggunakan dua jenis cleanser yaitu oilbase dan waterbase cleanser, pada double toning kita juga menggunakan dua toner yang berbeda yaitu exfoliating/acid toner dan hydrating toner.

Tujuan double cleansing adalah memastikan wajah benar-benar bersih sempurna dari make up, kotoran, dan minyak berlebih pada wajah. Selanjutnya exfoliating toner akan membantu mengangkat sel kulit mati sekaligus memastikan wajah benar-benar bersih. Proses ini makin lengkap dengan aplikasi hydrating toner yang menyeimbangkan pH dan melembabkan wajah. Kulit anda siap untuk menyerap skincare lainnya seperti serum, essense, spot treatment, sleeping mask dan lain-lain.

Kombinasi exfoliating dan hydrating toner akan membuktikan kemampuan toner untuk mencerahkan wajah bila dilakukan secara rutin dan tepat. Jangan ragu mencoba metode double toning agar anda dapat menikmati secara optimal manfaat toner untuk wajah.

Kunjungi artikel info kesehatan lainnya di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *