Perawatan Wajah Alami – Homemade Facescrub - Kunyit Bubuk
Skincare

Kenali Manfaat Perawatan Wajah Alami – Homemade Facescrub

Perawatan wajah alami tetap diminati kaum wanita sekalipun produk skincare bermunculan bak jamur di musim hujan. Salah satu alasannya adalah pengetahuan tentang skincare sebagian wanita masih minim. Masih banyak wanita yang belum paham sepenuhnya bagaimana perawatan wajah yang benar. Akibatnya mereka bingung memilih mana produk yang cocok untuk kulit wajahnya. Belum lagi bila mereka dihantui rasa takut akan efek samping produk skincare.

Alasan lain mengapa banyak wanita masih tertarik pada natural skincare adalah masalah biaya. Bukan rahasia lagi banyak skincare yang harga cukupnya mahal. Apalagi kalau kita bicara tentang perawatan wajah di salon. Harganya cukup fantastis dan umumnya perlu dilakukan secara rutin untuk menjaga penampilan kulit wajah tetap glowing. Jadi tak heran bila banyak yang mendambakan perawatan wajah dengan bahan alami yang ekonomis dan tak perlu repot pergi ke salon kecantikan.

Proses eksfoliasi dengan menggunakan facescrub semakin banyak disadari dan dilakukan oleh banyak wanita. Proses ini berperan menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati pada wajah yang merupakan biang dari beragam masalah pada kulit wajah. Tumpukan sel kulit mati, minyak, kotoran bisa menyumbat pori-pori dan menjadi komedo/jerawat. Sel kulit mati juga penyebab utama wajah tampak kusam tak bercahaya.

Proses eksfoliasi sebenarnya terjadi secara alami pada lapisan kulit kita, namun seiring bertambahnya usia proses ini makin melambat. Akibatnya kulit jadi tampak kusam, komedo dan jerawat bermunculan, wajah jadi tak sedap dipandang mata. Untuk mengangkat tumpukan sel kulit mati dan mempercepat regenerasi sel kulit kita perlu bantuan dari luar. Facescrub adalah produk yang paling efektif untuk membantu proses eksfoliasi.

Perawatan Wajah Alami – Homemade Facescrub - Kunyit Bubuk
Perawatan Wajah Alami – Homemade Facescrub – Kunyit Bubuk

Hampir semua wanita merasakan wajahnya langsung terasa lebih halus setelah menggunakan facescrub. Butiran scrub digosokkan secara lembut akan mengangkat tumpukan sel kulit mati, sehingga tak mengherankan kalau kulit langsung terasa lebih lembut. Bila anda memilih produk face scrub pastikan anda memilih yang tidak mengandung microbeads atau butiran scrub dari plastik yang dapat mencemari lingkungan. Pili produk  yang menggunakan scrub dari bahan alami.

Dengan syarat tahu resepnya maka homemade facescrub bisa kita buat sendiri. Hal ini adalah perawatan wajah alami dan hemat biaya. Pastikan anda mengikuti resep sesuai jenis kulit anda. Sebagai contoh, perawatan wajah berminyak seringkali tidak mudah. Salah memilih jenis perawatan bisa makin memperparah kondisinya. Kulit bisa makin berminyak dan bisa muncul jerawat breakout yang parah. Breakout adalah munculnya jerawat akibat kulit tidak cocok atau alergi skincare yang kita gunakan.

Scrub wajah alami untuk kulit berminyak bertujuan mengontrol produksi minyak yang berlebih, mengatasi dan mencegah jerawat. Bahan-bahan untuk membuat homemade facescrub untuk kulit berminyak adalah kunyit bubuk, putih telur, dan baking soda. Baking soda bermanfaat menyerap minyak yang berlebih dari permukaan kulit. Sementara kunyit bermanfaat membantu mengatasi masalah jerawat.

Pemilik kulit wajah sensitif seringkali menghindari scrub karena khawatir kulitnya teriritasi. Homemade facescrub bisa jadi salah satu alternatif. Manfaatkan madu, aloevera, dan oatmeal sebagai bahan membuat facescrub untuk wajah sensitif anda. Oatmeal dapat membantu mengatasi pori-pori yang tersumbat dengan lembut serta mengurangi iritasi pada kulit. Aloevera bermanfaat menenangkan dan mengatasi iritasi pada wajah. Sementara madu mengandung banyak nutrisi untuk melembabkan dan menyehatkan kulit wajah.

Kulit normal umumnya tak terlalu banyak masalah dan memiliki banyak pilihan bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat wajah. Eksfoliasi dengan gula, garam, atau kopi bisa anda coba. Bila anda sudah mencoba berbagai produk skincare namun hasilnya belum memuaskan, mungkin saatnya anda mencoba perawatan wajah alami.

Baca juga artikel tentang: Kombinasi exfoliating dan hydrating toner akan membuktikan kemampuan toner untuk mencerahkan wajah bila dilakukan secara rutin dan tepat.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *