Jual Beli Saham Online
Bisnis

Jual Beli Saham Online – Langkah Awal Berinvestasi

Bagi anda yang memiliki penghasilan tetap setiap bulannya, menabung tentu menjadi hal yang wajib untuk dilakukan sebagai simpanan di masa mendatang. Namun, ada baiknya jika anda memiliki harta simpanan untuk memutarnya kembali. Selain agar uang yang anda miliki tidak ditumpuk saja, pemutaran uang atau harta bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Salah satunya dengan melakukan investasi jual beli saham online jika anda kurang berminat pada bisnis rumahan yang menguntungkan.

Kenali Investasi Saham Untuk Pemula

For your info, saham merupakan sebuah bukti kepemilikan nilai pada sebuah perusahaan. Artikelnya, seorang pemilik saham merupakan pemodal dan  pemilik suatu perusahaan, dimana semakin besar saham persentase saham yang dimiliki maka semakin besar pula pengaruh keputusan dan kekuasaannya pada perusahaan tersebut. Penerbitan saham ini bertujuan agar memungkinkan perusahaan yang membutuhkan pendanaan jangka panjang untuk “menjual” kepentingan dalam bisnis dengan imbalan uang tunai. Ini Sebagai cara dalam meningkatkan modal bisnis selain menerbitkan obligasi.

Singkatnya, saham merupakan tanda bukti penyertaan modal seseorang atau badan usaha dalam sebuah perusahaan. Melalui bukti adanya pemberian modal tersebut, maka pihak pemberi modal memiliki klaim atas pendapatan perusahaan, klaim aset perusahaan, serta berhak hadir dalam rapat umum pemegang saham. Menurut kategori, saham menjadi 2 yakni saham biasa dan saham preferen.

Saham biasa, merupakan surat berharga yang memiliki fungsi sebagai bukti kepemilikan suatu perusahaan. Pemilik saham ini berhak memperoleh sebagian pendapatan dari perusahaan bersedia untuk menanggung resiko kerugian yang diderita. Para pemilik saham memiliki hak ambil bagian terhadap pengelolaan perusahaan,dengan besaran sesuai dengan jumlah saham yang dimiliki.

Saham preferen, surat bukti kepemilikan yang memiliki hak lebih dari pemilik saham biasa. Saham preferen sifatnya bisa didahulukan saat adanya pembagian keuntungan perusahaan, dan juga diutamakan dalam pembayaran kembali modal yang disetorkan perusahaan likuidasi.

Ketahui Cara Pembelian Saham Online Untuk Pemula

Jual Beli Saham Online
Jual Beli Saham Online

Tidak hanya belanja keperluan penampilan dan keseharian, pembelian saham pun dapat dilakukan secara online. Jual beli saham online menjadi cara paling mudah dalam memulai investasi saham untuk para pemula. Bagi anda yang tertarik investasi saham, sebagai pemula ada beberapa hal yang perlu anda pelajari. Salah satunya persiapan saat akan melakukan pembelian saham. Ada beberapa hal yang perlu anda untuk dilakukan sebagai investor, untuk menghindari kerugian yang serius  atau penipuan.

  • Pilihlah broker saham

Langkah sebagai pemula, anda dapat menentukan broker saham. anda dapat memilih broker saham yang memiliki aplikasi saham online berkualitas dan bisa diandalkan. Untuk para investor pemula, beberapa broker telah tersedia dummy-trade yang dapat digunakan dalam mengevaluasi aplikasi jual beli saham milik broker bagus atau tidak.

  • Mulai buka rekening saham

Setelah broker terpilih, anda wajib membuka rekening. Rekening sebagai alat agar dapat melakukan transaksi saham. Pihak broker dapat memberikan fasilitas pembukaan rekening secara online, yang memudahkan cukup dengan mengisi formulir pendaftaran dan mengirimkan dokumen tersebut setelah ditandatangani.

  • Pembukaan Rekening Dana Nasabah (RDN)

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah pembukaan rekening dana nasabah. Jika rekening saham berfungsi untuk melakukan jual beli saham, sedangkan RDN dibuat sebagai rekening khusus yang dibuat pada bank untuk menyimpan dana transaksi jual beli saham.

  • Lakukan setor modal

Setelah rekening saham dan RDN sudah siap, selanjutnya anda perlu melakukan penyetoran dana untuk melakukan transaksi saham. Setoran modal ini dilakukan melalui akun RDN. Jumlah setoran modal ini tergantung pada jumlah transaksi saham yang akan dilakukan.\

  • Transaksi beli saham secara online

Proses paling ditunggu dari jual beli saham online yaitu melakukan transaksi pembelian saham, setelah dana disetor dan efektif pada RDN. Ada beberapa cara beli saham di aplikasi online, diantaranya :

  • Menentukan saham yang ingin dibeli dan pilih saham tersebut. Jangan lupa untuk mengingat kode saham.
  • Ketika sedang dalam proses order, anda akan diminta menentukan kisaran harga,  di harga berapa akan membeli saham pilihan anda tersebut. Pada aplikasi jual beli akan ditunjukkan harga penawaran (bid0 serta harga penjualan (offer).
  • Jika ingin pembelian saham menjadi efektif, anda dapat memasang harga beli sama dengan harga penjualan (offer) yang paling rendah. Dengan begitu anda akan mendapatkan saham tersebut.
  • Jika ingin beli dengan harga lebih murah, anda bisa memasang harga di bawah harga jual terendah. Dimana anda perlu mengantri hingga terdapat penjual yang mau menurunkan harga jual ke harga beli yang anda pasang.
  • Kemudian, pemasangan order beli harus mengikuti prioritas harga dan waktu. Jika transaksi telah berhasil dilakukan, anda bisa cek halaman portofolio yang menunjukkan kepemilikan saham anda saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *