Inilah Usaha Rumahan Yang Menjanjikan Bagi Para Ibu Rumah Tangga

Sebagai seorang ibu rumah tangga dengan segala kesibukan harian mulai dari memasak, mencuci,  membersihkan rumah, mengurus anak dan suami membuat para ibu rumah tangga terkadang tidak memiliki waktu yang cukup untuk pergi bekerja ke kantor karena semua tenaga sudah tercurahkan dirumah.

Namun jangan khawatir, selain bekerja ke kantor, para ibu rumah tangga juga bisa menghasilkan uang dari rumah. Silahkan manfaatkan peluang usaha modal kecil dengan membuka usaha rumahan yang menjanjikan bagi ibu rumah tangga seperti berikut ini:

  1. Usaha Tanaman Hias

Hampir setiap wanita menyukai bunga dan tanaman karena indah dan segar dipandang. Usaha menjual tanaman hias dapat anda coba dirumah karena cukup mudah dan murah. Anda juga dapat menyalurkan hobi berkebun anda agar dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Hanya membutuhkan modal bibit tanaman, tanah, pupuk, polybag, dan pot serta keseriusan dalam merawat tanaman agar tumbuh subur dan berdaya jual tinggi. Selain menguntungkan, usaha yang satu ini dapat membuat halaman rumah anda lebih asri dan sejuk dipandang mata.  Apakah Anda hobi berkebun dan merawat tanaman? Jadikan hobi dan kegemaran itu suatu peluang usaha untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

  • Toko Kelontong Depan Rumah

Usaha yang tidak harus memiliki kemampuan khusus yang dapat anda coba di rumah adalah membuka toko kelontong di depan rumah. Karena selain tetap dapat bekerja dari rumah, anda juga masih bisa menjaga sang buah hati. Anda dapat menjual berbagai kebutuhan sembako, tabung gas elpiji, maupun kebutuhan rumah tangga lainnya seperti alat pecah belah. Untuk urusan angkut-mengangkut barang di toko seperti karung beras dan tabung gas anda dapat meminta bantuan suami atau bisa juga dengan memperkerjakan karyawan.

  • Menjadi Penulis Online

Jika anda memiliki hobi menulis anda bisa mencoba menjadi seorang penulis freelance. Anda akan mendapatkan upah untuk setiap artikel yang anda tulis, semakin banyak yang anda tulis maka bayaran yang akan diperoleh juga semakin besar. Selain dapat dikerjakan di waktu senggang, pekerjaan yang satu ini juga hanya bermodalkan kemampuan menulis, laptop, dan kuota internet saja.  Anda juga dapat meningkatkan kualitas tulisan anda, juga dapat mengasah kemampuan konsentrasi dan semakin tahu akan informasi terbaru.

  • Catering 

Memasak merupakan hal yang dilakukan oleh para ibu rumah tangga setiap hari. Namun, anda dapat menjadikan kewajiban rumah tangga ini menghasilkan uang dengan membuka jasa catering menu harian. Anda hanya membutuhkan skil dan peralatan memasak seperti kompor, wajan, dan lain-lain. Anda dapat mempromosikannya ke kerabat atau melalui media online.

  • Membuka Laundry

Sama halnya seperti usaha catering, usaha membuka laundry ini juga sangat berhubungan dengan kewajiban rumah tangga para ibu-ibu yaitu mencuci baju. Untuk membuka usaha laundry, anda hanya memerlukan mesin cuci, sabun, setrika, dan air bersih. Jika tidak memiliki mesin cuci anda dapat mencucinya dengan tangan, walaupun tenaga yang dibutuhkan lebih banyak namun biasanya laundry dengan tangan akan menambah harga laundry per kilo nya karena tenaga yang dibutuhkan lebih besar serta dinilai lebih bersih terutama untuk baju putih atau baju payet mani-manik. Jika anda merasa kewalahan maka dapat menambah karyawan.

Anda dapat menawarkan jasa laundry baju, sepatu, helm, sprei, selimut, dan lain-lain kepada para mahasiswa, pasutri yang bekerja, atau kepada orang lain yang memiliki kesibukan sehingga tidak sempat mencuci.

Menjadi seorang ibu adalah anugerah yang diberikan Tuhan kepada setiap wanita. Walau dengan segudang aktivitas mengurus rumah dan seisinya, para ibu rumah tangga juga dapat membantu perekonomian keluarga melalui usaha rumahan yang menjanjikan tanpa harus meninggalkan kewajiban rumah tangga dan dapat terus berkarya tanpa terhalangi kodratnya.

  • Add Your Comment