Hernia – Prosedur Operasi Hernia
Hernia

Hernia – Prosedur Operasi Hernia

Hernia – Prosedur Operasi Hernia
Hernia – Prosedur Operasi Hernia

Apa dan Bagaimana Hernia Bisa Terjadi?

Hernia adalah keluhan yang muncul akibat ada celah atau sebagian dinding otot perut yang lemah. Hal ini memungkinkan sebagian organ atau jaringan dalam rongga perut seperti usus keluar dan membentuk benjolan. Tonjolan ini nampak saat penderitanya berdiri, batuk, mengejan, atau mengangkat benda yang berat dan biasanya menghilang saat posisi berbaring.

Hernia adalah penyakit akibat tekanan dalam perut yang meningkat dalam waktu yang lama seperti obesitas, kehamilan, batuk yang kronis (lama tidak sembuh), atau sering sembelit. Faktor pekerjaan yang harus sering mengangkat beban berat atau berdiri dalam waktu yang lama adalah pemicu yang potensial. Gejalanya bisa ringan yaitu berupa benjolan yang hilang timbul tanpa keluhan lain, namun bisa juga mendadak menjadi parah bila kantung hernia terperangkap (hernia inkarserata) atau terjepit (hernia strangulata).

Hernia inkarserata dan strangulata disertai nyeri hebat, benjolan tidak dapat didorong masuk, ada tanda-tanda radang seperti bengkak dan kemerahan, dan bisa mengakibatkan bebagai gejala pada sistem pencernaan seperti muntah, sulit buang air besar atau buang angin, bahkan perut bisa tampak membesar. Pada kondisi ini, penanganannya adalah dengan tindakan operasi dan harus dilakukan dengan segera.

Prosedur Operasi Hernia

Metode dalam melakukan operasi hernia ada dua macam dimana pemilihannya harus disesuaikan dengan kondisi pasien. Anda dapat berdiskusi dengan dokter untuk memilih metode yang paling tepat. Berikut ini adalah 2 jenis metode operasi untuk mengatasi masalah hernia:

  • Operasi Konvensional / Terbuka

Metode ini adalah yang paling banyak digunakan terutama pada kasus hernia yang telah mengalami komplikasi seperti hernia strangulata atau inkarserata. Sebagaimana operasi lainnya pasien akan menjalani prosedur pembiusan bisa sebagian atau total. Pada pembiusan sebagian (lokal) pasien tetap sadar hanya pada area operasi tidak akan merasakan nyeri.

Prosedur yang dilakukan adalah herniotomi dimana kantong hernia dibuka lalu isi kantung dikembalikan pada posisinya di dalam rongga perut. Lalu bagian yang lemah diperbaiki dengan teknik herniorafi dimana jaringan yang sehat dijahit untuk menutup celah dan menguatkan dinding perut. Bila celah cukup lebar dapat dilakukan hernioplasti dimana ditambahkan jaringan sintetis dengan bahan yang dapat menyatu dengan jaringan manusia untuk menutup celah dan memperkuat area tersebut.

Pada kasus hernia strangulata, bisa didapati bagian usus yang rusak atau mengalami infeksi serius yang mengharuskan dokter memotong bagian yang rusak tersebut. Ini membuat operasi menjadi lebih rumit dan masa pemulihan pasien juga lebih lama.

  • Operasi Laparoskopi

Metode ini memiliki kelebihan dalam hal luka operasi yang lebih kecil sehingga masa pemulihan pasien juga lebih singkat. Namun metode ini tidak dianjurkan untuk hernia yang sudah mengalami komplikasi seperti hernia inkarserata atau strangulata. Hernia yang ukurannya besar juga lebih ideal menggunakan metode konvensional.

Sayatan pada metode ini hanya 1-1,5 cm, biasanya dibuat di sekitar pusar. Melalui lubang ini dialirkan udara yang membuat rongga perut menggembung, dan dimasukkan pipa kecil yang dilengkapi kamera yang disebut laraskop. Bila dokter telah menemukan lokasi hernia maka selanjutnya alat bedah kecil akan dimasukkan sehingga dokter dapat memperbaiki area yang mengalami hernia.

Ada beberapa kondisi pasien dimana metode laparoskopi tidak dapat dilakukan yaitu: pada wanita hamil, obesitas, memiliki riwayat penyakit kelainan darah, atau sebelumnya sudah pernah menjalani operasi di area perut.

Bila anda harus menempuh operasi untuk mengatasi masalah hernia, diskusikan dengan dokter untuk menetapkan metode operasi yang paling ideal untuk anda. Paparkan riwayat penyakit yang pernah anda alami atau obat yang rutin anda konsumsi agar dokter dapat memberikan saran yang terbaik untuk mengatasi masalah hernia anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *