Hernia-Inguinalis-Bagaimana-Mencegah-dan-Mengatasinya
Hernia

Hernia Inguinalis – Bagaimana Mencegah dan Mengatasinya?

Hernia-Inguinalis-Bagaimana-Mencegah-dan-Mengatasinya
Hernia-Inguinalis-Bagaimana-Mencegah-dan-Mengatasinya

Mengenal Hernia Inguinalis

Hernia inguinalis merupakan kondisi dimana sebagian jaringan dari rongga perut (biasanya usus) menonjol pada bagian bawah perut dekat pangkal paha karena ada celah atau bagian yang lemah dari dinding otot perut. Hernia inguinal adalah jenis hernia yang paling sering dijumpai. Dapat terjadi pada bayi dimana kelemahan otot dinding perut yang terjadi merupakan bawaan semenjak lahir. Dapat juga terjadi pada orang dewasa karena melemahnya dinding otot perut yang dipicu oleh meningkatnya tekanan di dalam perut.

Hernia inguinal lebih sering terjadi pada laki-laki. Beberapa faktor yang meningkatkan tekanan dalam rongga perut dan memicu terjadinya hernia adalah kehamilan, berat badan berlebih, pekerjaan yang mengharuskan banyak berdiri atau mengangkat beban berat, batuk kronis, atau sering sembelit. Waspada juga bila ada kerabat dekat seperti orang tua atau saudara kandung yang memiliki riwayat hernia karena risiko kita mengalami keluhan yang sama cukup besar.

Gejala hernia inguinalis adalah adanya benjolan di perut bawah / pangkal paha yang hilang timbul. Pada orang dewasa benjolan muncul saat berdiri, mengejan, atau mengangkat beban berat. Pada bayi atau anak-anak benjolan tampak saat anak berdiri, mengejan, batuk, atau menangis. Benjolan dapat didorong masuk atau menghilang saat penderita berbaring. Benjolan juga dapat sampai ke kantung buah zakar (scrotum) dan disebut sebagai hernia scrotalis.

Bagaimana Mencegah Terjadinya Hernia

Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah hernia. Lakukan hal-hal dibawah ini bila ingin terhindar dari hernia, terutama bila anda memiliki faktor risiko yang tidak dapat dihindari seperti berjenis kelamin laki-laki dan memiliki orang tua atau saudara yang terkena hernia.

  • Hindari terlalu sering mengangkat beban yang berat. Bila pekerjaan anda memang mengharuskan banyak berdiri atau mengangkat beban yang cukup berat, gunakan korset untuk membantu menopang dinding perut anda.
  • Konsumsi buah dan sayuran dalam jumlah yang cukup dan banyak minum air putih agar tidak mengalami sembelit.
  • Bila anda sering batuk atau mengalami batuk yang lama segera konsultasikan agar mendapat terapi yang tepat. Hindari rokok karena rokok salah satu faktor pemicu batuk kronis.
  • Jaga berat badan anda agar tetap ideal. Berat badan berlebih apalagi obesitas dapat membuat tekanan pada rongga perut meningkat.

Terapi Hernia Inguinal

Hernia hanya dapat diatasi dengan operasi untuk memperbaiki bagian yang memiliki celah atau lemah. Karena bila tidak diperbaiki, jaringan dari rongga perut akan tetap bisa menonjol keluar melalui celah tersebut akibatnya benjolan tetap hilang timbul. Bila tidak ada keluhan nyeri pada benjolan, operasi dapat dipersiapkan dan tidak segera dilakukan.

Namun bila terdapat tanda-tanda hernia inkarserata atau strangulata dimana ada bagian yang terperangkap atau terjepit maka operasi harus dilakukan sesegera mungkin. Berikut ini jenis operasi hernia untuk mengatasi masalah hernia inguinalis.

  • Operasi Terbuka atau Konvensional

Pada operasi ini dapat dilakukan herniorafi yaitu menjahit bagian yang sehat agar menutup celah atau bagian yang lemah. Bila kondisinya cukup parah, dokter bisa melakukan hernioplasti dimana ditambahkan jaringan sintetis untuk menutup celah tersebut.

  • Operasi Laparoskopi

Metode operasi ini hanya memerlukan sayatan yang kecil. Perbaikan celah atau bagian yang lemah dilakukan dengan bantuan laraskop (pipa kecil yang dilengkapi kamera). Bila bagian yang bermasalah telah ditemukan selanjutnya dilakukan tindakan dengan alat bedah kecil yang bisa dimasukkan melalui sayatan kecil tadi.

Temui dokter anda bila terdapat benjolan di area perut terutama pangkal paha atau area sekitar kemaluan. Dokter akan memastikan apakah benjolan yang anda keluhkan hernia atau bukan. Bila ternyata hernia, anda dapat langsung membahas tentang alternatif terapi hernia inguinalis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *