Contoh Usaha Kecil Yang Menjanjikan & Tips Dalam Memulai Usaha Tersebut

Contoh Usaha Kecil Yang Menjanjikan

Usaha kecil yang menjanjikan – Di masa pandemi covid-19 saat ini cukup banyak pekerja yang terdampak dan harus dirumahkan. Beberapa diantaranya akhirnya beralih untuk memulai usaha. Diantara banyaknya pengusaha baru, tidak jarang yang akhirnya menyerah karena pilihan usaha yang dijalankan justru mengalami kerugian.

Inilah mengapa memilih usaha menjadi hal penting yang perlu dipertimbangkan. Akan lebih baik jika usaha yang anda buka tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, namun tetap memiliki prospek dan dapat berkembang serta terus menjanjikan. Usaha apakah itu? Berikut akan kami bahas beberapa usaha bermodal kecil namun menjanjikan:

  1. Usaha Dropship Tanpa Modal

Usaha dropship di era digital ini menjadi solusi yang banyak diminati oleh para pemula di dunia bisnis. Karena bisnis ini tidak mengharuskan Anda untuk memiliki modal. Lalu bagaimana mekanismenya?

Anda hanya membutuhkan gadget dan sambungan internet saja. Mekanismenya anda hanya bertugas sebagai perantara antara penjual yang nanti barangnya akan anda jual dan pembeli yang melihat iklan anda.

Jadi anda hanya tinggal iklan, jika pembeli sudah melakukan pembayaran, maka uang pembayaran tersebut dapat anda teruskan ke penjual atau pemilik barang, kemudian barang akan langsung dikirimkan ke pembeli.

Anda hanya sebagai perantara saja, tetapi tetap mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga barang atau dari persenan yang diberikan oleh penjual setiap kali anda mendapatkan pembeli. Hal ini tergantung kesepakatan anda dengan penjual.

  • Bisnis Toko Online Sebagai Reseller

Usaha kecil yang menjanjikan selanjutnya adalah menjadi reseller dan membuka bisnis toko online. Bisnis ini juga tidak memerlukan modal yang besar, karena anda tidak perlu menyetok barang dalam jumlah banyak. Sehingga anda juga tidak memerlukan tempat khusus.

Bisnis online adalah bisnis yang sangat menjanjikan, karena anda tidak perlu memikirkan tempat usaha dan menghabiskan modal besar hanya untuk menyewa tempat. Bisnis online sangat cocok untuk anda yang baru memulai bisnis.

Pertama yang perlu anda lakukan adalah mencari ide jualan sesuai analisa pasar atau sesuai passion yang anda miliki. Kemudia cari tempat anda mengambil produk, carilah penjual yang menawarkan harga bersaing.

Selanjutnya anda hanya perlu membuka beberapa akun baru di sosial media dan beberapa marketplace. Iklankan produk anda semenarik mungkin, aktif untuk selalu beriklan, selanjutnya tunggulah pembeli pertama anda.

  • Usaha Dagang Komoditi

Merintis usaha tanpa modal besar selanjutnya adalah dengan membuka usaha dagang seperti warung sembako. Membuka toko sembako dapat menjdi jalan anda memulai bisnis, sambil mempelajari dunia perdagangan dengan bberapa komoditi kebutuhan-kebutuhan pokok yang diperlukan masyarakat. Setelah dirasa usaha terus berkembang dan pengalaman sudah mencukupi, maka anda siap untuk meningkatkan skala bisnis anda menjadi usaha yang lebih besar.

Pada dasarnya ide dan peluang usaha apapun yang anda jalankan yang terpenting adalah komitmen, sabar, telaten dan harus terus berinovasi. Ada baiknya anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut sebelum memutuskan untuk membuka usaha baru.

Melakukan Analisa Pasar

Analisa pasar memiliki peran penting dalam memulai usaha. Hal ini untuk mengetahui seberapa besar peluang pasar yang ada. Lakukan survey sebelum anda menentukan usaha jenis apa yang akan dipilih. 

Belajar Dari Ahlinya

Belajar dari ahlinya atau dari orang yang tepat mengenai cara memulai usaha. Jangan hanya belajar berdasarkan teori saja, ada baiknya untuk mencari panutan atau mentor bisnis langsung. Sehingga anda bisa belajar dari pengalaman seseorang yang sudah melalui jatuh bangunnya perjalanan bisnis.

Fokus dan Disiplin

Fokus bisa membuat usaha anda berjalan dengan baik dan sesuai alur yang dirancang. Sedangkan kedisiplinan akan membuat plan atau rencana bisnis anda dapat terus berjalan dan terjaga.

Pengelolaan Keuangan yang Baik dan Benar

Rencanakan pengelolaan keuangan dengan baik sedari awal. Jangan sampai setelah memulai usaha, keuangan usaha justru tercampur dengan keuangan pribadi anda. Ini akan membuat usaha menjadi lebih mudah bangkrut.

Selain itu pastikan juga penghitungan anda tepat dari mulai modal yang ada, apa saja barang yang terbeli, berapa moda untuk produk / barang yang akan dijual dan semacamnya. Keuntungan akan mudah terhitung jika pengaturan keuangan sudah terpikirkan dengan baik sebelum memulai usaha kecil yang menjanjikan.

  • Add Your Comment