Contoh Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula
Bisnis

Contoh Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula, Pilih Saja Yang Cocok Untuk Anda

Saat ini tidak sedikit mahasiswa yang memimpikan dirinya bekerja untuk dirinya sendiri yaitu dengan membuat sebuah bisnis. Akan tetapi di usia mahasiswa, tidak semua bisnis cocok untuk dimulai. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi beberapa bisnis untuk mahasiswa pemula yang cocok untuk dimulai pada level mahasiswa.

Ciri-Ciri Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tidak semua bisnis cocok dimulai oleh mahasiswa. Hal ini disebabkan karena tugas utama dari seorang mahasiswa adalah belajar sehingga hal-hal lain harus mengikuti. Oleh karena itu, meski anda sebagai seorang mahasiswa ingin memulai sebuah bisnis, pastikan bisnis yang anda mulai memiliki ciri seperti berikut ini.

  • Tidak menyita banyak waktu

Salah satu ciri dari sebuah bisnis yang cocok untuk mahasiswa adalah bisnis  yang tidak banyak menyita waktu. Ketika seseorang mahasiswa memiliki bisnis yang menyita waktu maka akan sulit baginya untuk membagi waktu untuk menjalankan bisnis dan juga untuk belajarnya. Oleh karena itu, pastikan anda memulai bisnis yang tepat agar pendidikan Anda tidak terbengkalai.

  • Modal kecil

Hal lain yang menjadi ciri bisnis yang cocok untuk seorang mahasiswa adalah modal yang digunakan. Mahasiswa yang ingin memulai bisnis biasanya digerakkan karena uang sakunya yang kurang. Oleh karena itu, jika anda sebagai mahasiswa tertarik untuk membuat bisnis, pilih bisnis yang memiliki modal kecil sehingga cocok untuk dimulai.

Contoh Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula

  • Bisnis pakaian bekas
Contoh Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula
Contoh Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula

Salah satu cara untuk mendapatkan uang ketik anda masih menjadi seorang mahasiswa adalah bisnis pakaian bekas. BisnisĀ  pakaian bekas ini bisa dilakukan dengan menggunakan pakaian sendiri atau menggunakan pakaian orang lain yang dijual di pasar pakaian bekas.

Di Indonesia saat ini sudah ada banyak sekali toko pakaian bekas yang bisa ditemukan. Salah satu contoh pasar pakaian bekas yang paling besar adalah pasar pakaian bekas Gedebage yang ada di Bandung.

Karena ketersediaan barang ini maka, anda tidak perlu khawatir dimana Anda akan mencari bahan untuk bisnis  anda. Biasanya harga pakaian bekas juga cukup murah sehingga anda bisa mengambil keuntungan yang cukup besar dari bisnis untuk mahasiswa pemula tersebut.

  • Bisnis pulsa

Salah satu bisnis yang paling cocok untuk dimulai adalah bisnis  pulsa. Bisnis pulsa adalah bisnis yang paling ideal untuk dimulai di level mahasiswa. Hal ini disebabkan karena bisnis ini merupakan bisnis yang tidak menyita waktu dan juga membutuhkan modal yang kecil.

Hanya dengan bermodal Rp 50.000 atau Rp 100.000 Anda bisa memulai bisnis ini. Akan tetapi jika Anda ingin memulai bisnis untuk mahasiswa pemula ini, pastikan Anda menetapkan aturan bahwa konsumen Anda tidak boleh berhutang. Pasalnya terlalu banyak hutang akan membuat bisnis ini rentan mandek.

  • Bisnis franchise

Selanjutnya, jika anda memiliki modal yang lebih besar dari yang sudah disebutkan sebelumnya, anda juga bisa mulai mengikuti bisnis franchise.  Bisnis  franchise yang anda ikuti bisa berupa bisnis  franchise minuman.

Bisnis franchise minuman adalah salah satu jenis bisnis franchise yang cukup populer dan cukup mudah jika dibandingkan dengan bisnis franchise yang lain. Selain memiliki harga yang cukup murah. Bisnis  franchise minuman juga sangat menguntungkan jika dimulai di area kampus. Hal ini disebabkan karena area kampus tidak sedikit anak-anak yang suka jajan makanan dan minuman. Oleh karena itu, peluang sukses untuk bisnis anda makin meningkat.

Itulah paparan sekilas mengenai ciri-ciri dan contoh bisnis untuk mahasiswa pemula. Mungkin bisnis kemitraan usaha frozen food skala kecil juga bisa termasuk ke dalam bisnis untuk mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *