Cara Menyembuhkan Sesak Nafas di Rumah - Gunakan Obat Sesuai Anjuran Dokter
Sesak Napas

Cara Menyembuhkan Sesak Nafas di Rumah

Apa Saja Penyebab Sesak Nafas?

Cara menyembuhkan sesak nafas sangat tergantung dari penyebabnya. Perlu dicamkan bahwa penyebab sesak tak hanya asma, jadi tidak dianjurkan minum obat asma yang dijual bebas bila anda tidak tahu persis sesak yang anda alami karena asma atau bukan. Idealnya anda segera ke fasilitas kesehatan terdekat bila sesak napas melanda agar segera dapat diketahui pemicunya dan mendapat terapi yang sesuai.

Penyebab terbanyak dari sesak nafas adalah penyakit atau gangguan pada organ paru-paru atau jantung. Asma adalah salah satu contoh pemicu sesak akibat fungsi saluran nafas di paru-paru menyempit. Penyebab sesak karena kelainan fungsi paru-paru yang lain adalah TBC (Tuberkulosis), pneumonia (radang paru-paru), dan PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronis). Gangguan fungsi jantung yang bisa memicu sesak adalah gagal jantung, aritmia (gangguan irama jantung), atau perikarditis (radang pada selaput pembungkus jantung).

Selain dua organ vital di atas, masih banyak keadaan yang bisa menimbulkan kesulitan saat bernafas seperti anemia, obesitas, kecemasan, gangguan lambung, gangguan pada sistem saraf ( miastenia gravis dan sindrom Guillain-Barre), atau penyakit-penyakit yang menyebabkan area tenggorokan bengkak sehingga proses bernafas jadi terganggu. Sesak nafas pada ibu hamil juga kerap terjadi.

Cara Menyembuhkan Sesak Nafas di Rumah

Cara Menyembuhkan Sesak Nafas di Rumah - Gunakan Obat Sesuai Anjuran Dokter
Cara Menyembuhkan Sesak Nafas di Rumah – Gunakan Obat Sesuai Anjuran Dokter

Cara menyembuhkan sesak nafas umumnya memerlukan obat atau tindakan tertentu di fasilitas kesehatan yang memadai. Bagaimana bila saat sesak kita tidak dapat segera ke dokter? Berikut ini beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi keluhan sesak.

  • Duduk di kursi

Ambil posisi duduk sambil menenangkan diri. Upayakan agar tubuh anda rileks. Duduklah dengan kedua kaki menginjak lantai. Posisikan siku anda di lutut atau bisa juga anda ambil posisi menopang dagu dengan kedua tangan. Otot leher dan bahu harus tetap rileks.

  • Bernafas menggunakan mulut

Tarik nafas dalam perlahan melalui hidung lalu tahan beberapa detik. Kerucutkan mulut anda seperti orang yang sedang bersiul dan keluarkan udara perlahan melalui mulut.

  • Berbaring dengan posisi yang tepat

Bila anda tiba-tiba merasa sesak saat sedang tidur anda dapat mengambil posisi yang dapat membantu melegakan nafas. Berbaring telentang lurus dengan meletakkan beberapa bantal di kepala sehingga posisi kepala lebih tinggi dari tubuh anda. Letakkan bantal di bawah lutut untuk membantu tubuh lebih rileks. Letakkan kedua tangan di sisi tubuh. Posisi ini akan membantu melancarkan aliran udara pada saluran napas.

  • Menggunakan kipas angin

Udara yang sejuk juga berperan mengurangi keluhan sesak. Gunakan kipas angin kecil atau kipas angin tangan untuk menyejukkan udara di sekitar wajah sehingga keluhan sesak nafas anda lebih ringan. Namun pastikan kipas angin yang anda gunakan dalam keadaan bersih. Debu pada kipas angin justru dapat memicu sesak pada orang-orang yang alergi terhadap debu.

  • Gunakan obat sesuai anjuran dokter

Pada keluhan sesak yang berulang semisal pada kasus asma, penderita umumnya diberikan resep obat-obat tertentu yang dapat digunakan saat sesak napas kambuh. Pastikan obat-obatan ini digunakan sesuai anjuran dokter.

Mengingat penyebab sesak nafas cukup banyak, kita harus mengetahui penyakit apa yang memicu gangguan pernafasan yang kita alami. Dokter akan mengajukan beberapa pertanyaan seputar keluhan sesak yang kita alami untuk memperoleh data lebih lengkap dan mempermudah mencari diagnosanya. Selain melakukan pemeriksaan fisik dokter mungkin akan menganjurkan beberapa pemeriksaan tambahan untuk memastikan penyebab sesak nafas. Setelah diagnosa dapat ditegakkan, dokter akan lebih mudah memberikan terapi dan saran-saran sebagai cara menyembuhkan sesak nafas kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *