Cara Menyembuhkan Sesak Nafas Dengan Resep Tradisional - Ramuan Lemon dan Madu
Sesak Napas

Cara Menyembuhkan Sesak Nafas Dengan Resep Tradisional

Sesak Nafas, Bagaimana Bisa Terjadi?

Cara menyembuhkan sesak nafas termasuk salah satu topik informasi kesehatan yang banyak dicari. Sebagaimana kita ketahui, sesak adalah keluhan yang sangat tidak nyaman dan membuat panik. Salah satu keluhan yang banyak membawa penderitanya mencari pertolongan ke UGD Rumah sakit. Banyak penyakit serius yang salah satu gejalanya adalah sesak. Jadi gejala yang satu ini tak bisa kita anggap remeh.

Apa definisi sesak? Dalam istilah medis sesak napas dikenal dengan nama dypsneu. Definisi sesak nafas adalah ketidakmampuan tubuh seseorang untuk memenuhi kebutuhannya akan oksigen. Ini alasannya mengapa hampir semua penderita sesak yang datang ke UGD merasa jauh lebih baik saat mendapat terapi oksigen.

Sesak adalah suatu hal normal saat kita berolah raga, berada di dataran tinggi yang kandungan oksigennya lebih rendah, atau saat mengalami kecemasan. Gangguan pada fungsi jantung atau paru-paru adalah penyebab sesak nafas yang terbanyak. Kedua organ ini adalah yang paling berperan dalam proses pemenuhan oksigen tubuh. Penyakit lain yang bisa menimbulkan sesak adalah anemia, reaksi alergi yang menyebabkan tenggorokan bengkak, Guillain Barre Syndrome dan Miastenia Gravis (penyakit yang mengenai sistem saraf).

Cara Menyembuhkan Sesak Nafas: Resep Tradisional

Cara Menyembuhkan Sesak Nafas Dengan Resep Tradisional - Ramuan Lemon dan Madu
Cara Menyembuhkan Sesak Nafas Dengan Resep Tradisional – Ramuan Lemon dan Madu

Selain terapi medis dari dokter, cukup banyak yang mencari cara menyembuhkan sesak nafas secara alami. Berikut ini adalah beberapa ramuan tradisional yang dapat membantu melegakan pernafasan.

  • Air hangat

Peran air hangat disini utamanya untuk membantu mengencerkan dahak yang menyumbat saluran nafas. Minum air hangat akan membantu proses pengeluaran dahak dari saluran nafas

  • Air garam

Segelas air hangat yang dicampur dengan 1 sdt garam digunakan untuk berkumur-kumur 3-4 kali dalam sehari. Cara ini dapat membantu mengatasi iritasi pada tenggorokan.

  • Ramuan susu, madu, dan kunyit

Tambahkan 1 sdt kunyit dan 2 sdt madu dalam segelas susu panas. Minum ramuan ini untuk membantu melegakan nafas.

  • Ramuan jahe dan madu

Iris 1 ruas jahe dan tambahkan segelas air panas dan diamkan sekitar 5 menit. Tambahkan madu asli untuk menambah khasiatnya. Minum ramuan ini 3 kali sehari.

  • Ramuan lemon dan madu

Saat ini jus lemon dapat dengan mudah kita peroleh. Siapkan segelas air panas lalu tambahkan 1 sdm jus lemon dan madu asli. Minum ramuan ini pada pagi dan sore hari dapat membantu mempercepat proses penyembuhan infeksi atau radang saluran nafas dan mengurangi produksi lendir.

  • Ramuan bawang, lemon, dan madu

Haluskan bawang dengan blender, campur dengan perasan jeruk lemon dan madu. Hangatkan ramuan ini, selanjutnya diminum 3 kali sehari.

  • Terapi uap hangat

Tuang air panas dalam baskom, tutup kepala dengan handuk dan tundukkan kepala di atasnya sampai uap hangat dapat anda hirup. Cara ini lebih efektif bila anda tambahkan minyak esensial seperti peppermint atau eucalyptus. Cara ini dapat anda ulangi 2-3 kali sehari.

Ramuan tradisional dianjurkan sebagai terapi pendamping atau terapi sementara pada sesak napas yang ringan. Bila sesak tak kunjung reda segera konsultasikan kondisi anda pada dokter yang kompeten. Dokter akan membantu menemukan penyebab sesak nafas yang anda alami, dan memberikan terapi yang adekuat. Pada beberapa kondisi anda mungkin dianjurkan minum obat tertentu secara rutin untuk mencegah sesak kambuh. Minum obat sesuai anjuran, melakukan terapi dengan bahan alami, dan menjaga pola hidup sehat adalah rangkaian cara menyembuhkan sesak nafas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *