Rematik - Cara Alami Meredakan Penyakit Rematik
Rematik

Cara Alami Meredakan Penyakit Rematik

Definisi Penyakit Rematik

Penyakit rematik merupakan nama penyakit yang tak asing di kalangan masyarakat. Salah satu yang paling sering dikaitkan dengan rematik adalah asam urat tinggi. Memang benar kadar asam urat yang tinggi dalam darah dapat membentuk endapan kristal asam urat pada sendi dan menimbulkan nyeri yang sangat mengganggu. Namun asam urat hanyalah salah satu penyebab dari rematik.

Tahukah anda apa definisi dari penyakit rematik? Pengertian rematik adalah semua penyakit yang menyebabkan nyeri pada otot dan sendi akibat proses peradangan di otot dan persendian tersebut. Para ahli telah mendata lebih dari 100 jenis penyakit yang tergolong sebagai rematik. Karena itu bila anda merasakan otot atau sendi anda nyeri dan kaku secara berulang tanpa sebab yang jelas segera konsultasi pada dokter yang kompeten untuk mencari penyakit apa yang tengah anda alami.

Apa Yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Rematik?

Menjaga kesehatan secara umum juga akan memberi pengaruh positif pada kesehatan otot dan sendi. Pola makan yang teratur dengan gizi seimbang, banyak minum air putih, dan olah raga rutin juga terbukti menjaga otot dan sendi dari efek degenerasi atau proses penuaan. Berat badan juga perlu dijaga agar tetap ideal karena berat badan berlebih atau obesitas akan memberi beban yang berat pada persendian untuk menopang tubuh.

Resep Jamu Penyakit Rematik Alami

Rematik - Cara Alami Meredakan Penyakit Rematik
Rematik – Cara Alami Meredakan Penyakit Rematik

Indonesia terkenal kaya akan beragam tumbuhan berkhasiat. Selain obat yang biasa diresepkan dokter untuk mengatasi keluhan rematik, cukup banyak ramuan tradisonal yang terbukti mampu membantu meredakan keluhan pada penderita rematik. Berikut ini adalah beberapa resep yang dapat anda coba.

  • Kulit Manggis

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa akhir-akhir ini kulit manggis makin populer sebagai herbal yang dapat membantu menyembuhkan beragam gangguan kesehatan. Untuk keluhan rematik, jemur kulit manggis yang telah diris tipis-tipis sampai kering. Seduh dalam gelas dengan air panas sampai air berubah warna. Minum air seduhan ini secara rutin setiap hari.

  • Cengkeh

Cengkeh tak hanya memberi aroma pada masakan namun dapat digunakan sebagai obat luar pada penderita rematik. Tumbuk cengkeh dan jahe dengan perbandingan 1:1, lalu oleskan pada bagian otot atau sendi yang nyeri. Agar khasiatnya maksimal, oleskan ramuan ini secara rutin.

  • Jahe

Jahe si rimpang kaya manfaat. Hampir semua orang pernah memanfaatkannya sebagai minuman penghangat badan. Terkait dengan keluhan rematik anda bisa menggunakan jahe sebagai obat luar bersama cengkeh. Selain mengobati dari luar anda dapat memanfaatkan jahe sebagai pengobatan dari dalam.

Tak jauh berbeda dengan cara anda membuat minuman hangat dari jahe. Ambil jahe sekitar 2 ibu jari, potong-potong atau memarkan jahe lalu rebus dengan 1 gelas air. Untuk menambah rasa anda dapat menggunakan gula atau madu murni. Minum secara teratur untuk mendapatkan efek yang optimal.

  • Akar pepaya gantung

Untuk mengatasi gejala rematik akar pepaya gantung dikombinasikan dengan lengkuas. Bahan yang kita butuhkan adalah 5 buah akar pepaya dengan ukuran kira-kira sepanjang jari kita dan lengkuas yang telah dihaluskan sebanyak 3 sendok makan. Akar pepaya dipotong kecil-kecil lalu direbus bersama lengkuas menggunakan 4 gelas air. Rebus sampai airnya tersisa sekitar 3 gelas. Minum air rebusan ini secara teratur 3 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

  • Meniran dan Kumis Kucing

Meniran dan kumis kucing sudah digunakan sebagai tanaman obat sejak jaman nenek moyang bangsa kita. Setelah diteliti kedua jenis tanaman ini mengandung banyak zat yang bermanfaat mengurangi gejala rematik sekaligus membantu pembuangan asam urat yang berlebih dari dalam tubuh. Zat yang dimaksud adalah kalium, tanin, damar, filatin, hipofilatin, flavonoid, dan osthosiphonin glikosida.

Bagaimana cara memanfaatkan tanaman ini sebagai jamu rematik? Siapkan 5 ranting kecil meniran dan 5 lembar daun kumis kucing. Rebus keduanya dengan 3 gelas air sampai tersisa setengahnya. Ramuan ini diminum 2 kali sehari secara teratur untuk mengatasi rematik anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *