Bisnis Online Tanpa Modal

Bisnis Online Tanpa Modal

Berbisnis online dapat membuat Anda mendapatkan keuntungan besar, meski Anda baru memulainya dalam beberapa waktu saja. Meskipun tanpa modal, Anda dapat melakukan bisnis online dengan mudah. Apa saja yang harus Anda pelajari sebelum menekuni bisnis online tanpa modal? Simak penjelasannya berikut ini.

Lakukan Riset Pasar

Cara pertama adalah dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu. anda dapat melakukannya dengan mencari tren perkembangan produk yang sedang populer di kalangan masyarakat. Gunakan Google Trends untuk mengetahui jenis produk yang sedang digemari masyarakat.

Riset pasar akan sangat berpengaruh terhadap produk yang Anda pasarkan. Jangan-jangan produk yang Anda jual sudah tidak lagi tren di pasar sehingga peminatnya langka, dan Anda juga akan kesulitan memasarkan produk tersebut, sehingga bisnis Anda juga akan sulit berkembangnya.

Anda perlu meriset tentang produk atau komoditi yang disukai pasar saat ini. Anda juga dapat melakukan mengelompokkan sasaran Anda, misalnya untuk jenis kelamin pria atau wanita, dan selebihnya dibagi ke dalam kategori seperti produk untuk ibu-ibu rumah tangga, wanita karir, anak sekolah, dan sebagainya.

Cari Supplier

Langkah selanjutnya adalah mencari supplier atau produsen yang menawarkan untuk gabung dengan produk mereka untuk bisnis online tanpa modal. Sistem ini biasanya disebut dengan dropshipping. Setelah mengetahui produk yang sedang tren di pasaran, maka Anda tinggal mencari supplier atau produsen yang menyediakan produk tersebut.

Supplier dengan sistem dropshipping memang tidak membutuhkan modal alias nol rupiah untuk memulainya. Anda hanya perlu mengiklankan produk terlebih dahulu, kemudian mencatat pesanan. Masalah ketersediaan barang dan pengiriman itu akan dikerjakan oleh supplier. Anda juga tidak perlu memiliki stok barang.

Dalam mencari supplier, jika produk Anda adalah produk dengan brand tertentu, maka Anda bisanya memiliki pilihan terbatas untuk membandingkan harga supplier satu dengan supplier lainnya. Namun, jika barang atau produk adalah dengan kategori tanpa brand tertentu, maka Anda akan dapat dengan mudah membandingkan supplier satu dengan lainnya.

Manfaatkan Media Sosial

Bisnis online dilandaskan pada pemanfaatan jaringan dan konektivitas internet. Maka, sudah barang tentu Anda harus memanfaatkan media sosial dalam bisnis online tanpa modal dengan optimal. Cara termudah tentu dengan media sosial, dimana kita tahu bahwa salah satu penggunaan internet terbanyak adalah pada media sosial, tidak peduli latar belakang dan termasuk kalangan yang mana mereka.

Anda juga dapat memilih media sosial yang akan Anda gunakan untuk promosi berdasarkan sasaran Anda. Misalnya, pada golongan remaja, mana media sosial paling efektif untuk melakukan promosi?

Kemudian, yang perlu Anda pahami juga adalah pada waktu kapan sasaran biasanya menggunakan media sosial mereka? Dengan demikian, maka promosi Anda dapat lebih efektif kepada sasaran Anda.

Fokus Promosi Produk

Buatlah konten secara rutin pada media sosial Anda dengan isi yang menarik dan gambar dengan kualitas yang baik. Konsumen yang belum pernah menggunakan produk Anda hanya akan menilai dari cara Anda berpromosi dan konten-konten yang Anda tampilkan, maka buat semaksimal mungkin.

Anda juga sekali-kali bisa memberikan giveaway, diskon, ataupun program gratis ongkir untuk menarik konsumen awal Anda.

Selain promosi, jangan lupa cantumkan cara pemesanan dan kontak yang dapat dihubungi untuk melakukan pemesanan. Selanjutnya, sediakan layanan yang ramah dan berikan respon yang cepat meskipun yang mereka lakukan adalah untuk tanya-tanya. Terkadang orang akan mudah berpindah pada toko lain jika respon yang diberikan oleh penjual sangat lama dan cenderung tidak ramah.

  • Add Your Comment