Bagaimana Mencegah dan Mengurangi Keluhan Penyakit Rematik
Rematik

Bagaimana Mencegah dan Mengurangi Keluhan Penyakit Rematik

Mengenal Penyakit Rematik

Penyakit rematik adalah salah satu penyakit yang populer di kalangan masyarakat sebagaimana layaknya penyakit flu. Oleh karena itu sudak selayaknya kita mengenal lebih dekat penyakit rematik dan asam urat ini. Rematik adalah semua penyakit yang mengakibatkan keluhan nyeri pada otot dan sendi karena terjadinya peradangan pada sendi/otot yang nyeri.

Para ahli telah mengumpulkan lebih dari 100 macam penyakit yang termasuk dalam golongan rematik. Dari sekian banyak jenis rematik ada beberapa jenis yang sering kita jumpai di masyarakat seperti rematik asam urat, osteoartritis, rheumatoid artritis, ankylosing spondylitis, dan gejala rematik akibat SLE (Systemic Lupus Erythematosus).

Ada rematik yang bisa kita cegah seperti rematik asam urat atau osteoporosis. Namun ada juga yang penyebabnya belum jelas seperti ankylosing spondylitis, rheumatoid artritis, atau rematik karena SLE. Masing-masing penyakit memiliki ciri khas berkaitan dengan keluhan nyeri dan lokasi sendi yang terkena. Bila nyeri otot dan sendi anda rasakan berulang dalam waktu yang cukup lama, segera konsultasi ke dokter untuk mencari penyebab rematik anda.

Bisakah Penyakit Rematik Dicegah?

Sebagaimana telah dipaparkan di atas sebagian penyakit rematik dapat dicegah. Misal rematik karena asam urat atau rematik yang timbul karena proses degenerasi (penuaan). Berikut ini beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk merawat kesehatan sendi.

  • Jaga berat badan anda untuk tetap ideal

Berat badan yang berlebih akan memberi beban yang berat pada sendi terutama lutut dan kaki. Beban berlebihan pada sendi dapat membuat sendi cepat aus dan rentan mengalami radang.

  • Olah raga secara teratur.

Olah raga ringan seperti peregangan, jalan kaki, dan jogging yang dilakukan secara rutin dapat merawat kondisi sendi anda.

  • Minum air putih

Memenuhi cairan kebutuhan tubuh dengan minimal 8 gelas air putih perhari membantu anda menjaga fungsi sendi.

  • Banyak mengkonsumsi buah dan sayuran segar

Buah dan sayur kaya akan antioksidan yang menjaga kesehatan tubuh kita secara umum termasuk kesehatan sendi.

  • Banyak mengkonsumsi ikan laut/suplemen omega 3

Omega 3 adalah asam lemak tak jenuh yang dapat menjaga kelenturan tulang rawan pada sendi.

  • Batasi konsumsi makanan tinggi protein/purin

Metabolisme purin menghasilkan asam urat. Bila anda mengkonsumsi makanan yang mengandung protein secara berlebihan akan meningkatkan kadar asam urat dalam darah dan rentan mengalami rematik asam urat.

Cara Alami Mengatasi Gejala Penyakit Rematik

Bagaimana Mencegah dan Mengurangi Keluhan Penyakit Rematik
Bagaimana Mencegah dan Mengurangi Keluhan Penyakit Rematik

Selain terapi obat dari dokter, beberapa bahan alami sering digunakan untuk mengurangi keluhan nyeri akibat rematik. Berikut ini beberapa terapi alami untuk rematik:

  • Lengkuas

Parut lengkuas lalu oleskan air perasannya pada bagian sendi yang sakit

  • Brotowali

Ambil sekitar 10 cm brotowali, rebus hingga mendidih, lalu dinginkan. Minum ramuan ini secara rutin setiap hari untuk mengurangi gejala rematik.

  • Teh hijau

Minum teh hijau secara teratur terbukti dapat mengurangi gejala rematik, terutama bila disertai latihan olah raga ringan yang bermanfaat menguatkan fungsi otot dan sendi. Dari hasil penelitian the hijau mengandung zat katekin yaitu senyawa yang berperan meredakan peradangan pada otot dan sendi.

  • Bawang putih

Bawang putih sudah populer sebagai obat berbagai penyakit. Ternyata dari penelitian yang dilakukan oleh Food and Chemical Toxicology, bawang putih dapat menghambat sitokin (senyawa yang memicu reaksi radang).

Bila gejala nyeri otot kerap mengganggu anda, segera ke dokter untuk memeastikan penyebabnya. Selain mengkonsumsi obat yang dianjurkan, anda dapat mencoba beberapa bahan alami untuk meredakan keluhan rematik anda. Lakukan upaya-upaya merawat otot dan sendi agar anda dapat terhindar dari gangguan rematik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *