Ankylosing spondylitis - Penyebab Penyakit Rematik di Usia Muda
Rematik

Ankylosing Spondylitis – Penyebab Penyakit Rematik di Usia Muda

Mengenal Ankylosing Spondylitis – Penyakit Rematik di Usia Muda

Penyebab penyakit rematik di usia muda salah satunya adalah ankylosing spondylitis. Selain itu rematik asam urat juga makin banyak penderitanya di kalangan muda usia karena pola makan yang cenderung tinggi protein. Bila asam urat sudah jelas nyata penyebabnya, bagaimanakah dengan ankylosing spondylitis? Apakah yang menyebabkan seseorang menderita penyakit ini?

Penyakit ini adalah radang sendi kronis yang menyerang tulang belakang terutama pada bagian punggung. Penderitanya sebagian besar pada rentang usia remaja sampai sekitar 30 tahun. Sekalipun ada juga penderita yang mengalaminya di usia > 45 tahun. Penyebab penyakit rematik ini belum sepenuhnya jelas. Namun diduga faktor keturunan berperan di dalamnya. Para ahli menemukan gen IL23R dan ERAP1 yang bersama dengan HLA-B27 diduga memicu ankylosing spondylitis.

Terdapat tiga faktor yang meningkatkan risiko seseorang mengalami gejala rematik jenis ini yaitu:

  1. Jenis kelamin, dimana risiko laki-laki 3 kali lipat dari wanita
  2. Usia, dimana usia remaja lebih rentan timbul keluhan
  3. Keturunan/genetik, dimana bila seseorang memiliki HLA-B27, IL23R, dan ERAP1 maka besar risikonya menderita ankylosing spondylitis.

Apa Saja Gejala Penyakit Rematik di Usia Muda?

Sebagaimana telah dijelaskan di atas penyakit ini merupakan radang kronis pada tulang belakang sehingga gejala utamanya adalah nyeri pada tulang belakang khususnya area punggung. Berikut ini adalah kumpulan gejala yang dirasakan penderita ankylosing spondylitis:

  1. Nyeri punggung dirasakan secara perlahan-lahan, umumnya bermula dari punggung bawah lalu menjalar ke atas.
  2. Pada area punggung timbul bengkak akibat reaksi radang sendi.
  3. Penderita mengeluh punggung terasa kaku sehingga geraknya terbatas dan kurang fleksibel. Kondisi ini dapat mempengaruhi bagian tubuh yang lain seperti bahu, pinggul, bahkan lutut.
  4. Sering merasa lelah yang berlebihan.
  5. Peradangan pada mata dimana mata bengkak, kemerahan, dan nyeri yang dapat mengganggu fungsi penglihatan.

Bila tidak ditangani dengan baik penyakit rematik di usia muda ini dapat menimbulkan komplikasi sebagai berikut:

  1. Aktifitas terganggu dimana penderita tidak bisa melakukan kegiatan sehari-hari
  2. Radang mata yang mengganggu fungsi penglihatan sehingga berdampak menurunnya kemampuan penderita dalam melakukan tugas hariannya.
  3. Sindrom Cauda Equin yaitu kumpulan gejala akibat tekanan yang terjadi pada saraf di dasar tulang belakang. Gejalanya berupa : gangguan buang air kecil, nyeri pada panggul, tungkai terasa lemah sehingga penderita sulit berjalan.
  4. Patah tulang belakang
  5. Gangguan jantung yang biasanya terjadi akibat proses peradangan pada aorta.

Terapi Ankylosing Spondylitis – Penyakit Rematik di Usia Muda

Ankylosing spondylitis - Penyebab Penyakit Rematik di Usia Muda
Ankylosing spondylitis – Penyebab Penyakit Rematik di Usia Muda

Setelah memastikan diagnosa ini melalui pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium, dan pemeriksaan radiologis, dokter akan memberikan saran terapi berupa:

  1. Terapi obat-obatan yang bertujuan mengurangi nyeri dan peradangan
  2. Olahraga rutin untuk mengurangi kekakuan sendi tulang belakang dimana olahraga yang ideal adalah renang. Olah raga yang berisiko menimbulkan cedera sebaiknya dihindari.
  3. Fisioterapi untuk mengurangi nyeri, mengembalikan fungsi normal persendian tulang belakang, dan mencegah timbulnya kecacatan.
  4. Operasi bilamana telah terjadi kerusakan sendi yang parah. Pada operasi ini, sendi yang rusak diganti dengan sendi tiruan untuk bagian tubuh tertentu misalnya panggul dan lutut.

Disamping terapi yang dianjurkan dokter ada beberapa pola hidup yang perlu dilakukan untuk mengurangi gejala yaitu stop rokok, hindari tidur dengan bantal yang terlalu tinggi, hindari posisi membungkuk, serta hindari olah raga berat yang berpotensi menimbulkan cedera. Kenali gejalanya sehingga anda dapat segera mengambil tindakan yang tepat bila terjangkit penyakit rematik di usia muda ini.

Sebagai tambahan pengetahuan di bidang kesehatan, silahkan kunjungi: jenis hernia pada bayi yang perlu diwaspadai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *