Bisnis

6 Peluang Bisnis Rumah Tangga Buat Para Ibu

Berbisnis sejatinya dapat dilakukan oleh siapa saja. Anda yang merupakan seorang ibu rumah tangga pun juga memiliki kesempatan serupa untuk bisa mengembangkan karir sebagai pengusaha meskipun baru berskala rumahan. Bahkan ada banyak sekali opsi bisnis yang bisa dijalankan. Untuk mendukung niat baik tersebut simak juga kiat sukses membuka peluang usaha bagi pemula.

Rekomendasi Jenis Usaha Rumah Tangga

Sering kali, para ibu rumah tangga merasa tidak percaya diri dan bingung memilih jenis bidang usaha apa yang akan dijalankan. Selain itu, sering kali para ibu juga mempermasalahkan modal yang dibutuhkan untuk membangun usaha tersebut. Padahal, ada beberapa contoh bisnis usaha berikut yang dapat menjadi referensi, bahkan modal yang dibutuhkan tidak terlampau banyak.

  • Bisnis Kuliner

Para ibu rumah tangga tentu sudah sangat akrab dengan berbagai bumbu dan resep masakan. Hal ini dapat menjadi modal berharga untuk mendirikan bisnis di bidang kuliner. Anda dapat membangun usaha katering, makanan ringan, hingga berbagai olahan kue yang dapat dijual baik secara langsung maupun online.

  • Reseller atau Dropshipper

Coba menjadi reseller atau dropshipper sejumlah barang-barang kekinian sudah menjadi tren saat ini. Barang-barang seperti tas, make up, bahkan produk skincare menjadi barang-barang yang sering dijual. Anda dapat bekerja sama dengan sejumlah supplier terpercaya sehingga bisnis dapat berjalan lebih lancar.

  • Aksesoris Lucu

Anda senang merajut hingga menjadi berbagai barang-barang lucu? Tentunya hal ini dapat menjadi salah satu opsi berbisnis yang sangat menarik dan dapat dijalankan oleh para ibu rumah tangga sembari mengisi waktu luang. Supaya lebih menarik perhatian para calon customer, pastikan Anda juga melakukan berbagai inovasi pada desain maupun teknik pemasarannya.

  • Usaha Laundry

Mendirikan usaha laundry dapat menjadi salah satu opsi berbisnis yang dapat Anda lakukan sebagai ibu rumah tangga. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa unit mesin cuci, setrika, dan pewangi. Untuk menarik pelanggan, Anda juga dapat memberikan beberapa layanan ekstra nan inovatif, salah satunya dengan antar jemput laundry-an.

  • Bimbel Guru Privat

Anda juga bisa membuka usaha bimbel privat bagi anak-anak di sekitar lingkungan tempat tinggal. Dengan mematok harga bimbel sebesar 30-50 ribu rupiah per jam, tentunya jika rutin maka Anda bisa mengantongi pendapatan yang dapat dikatakan lebih dari cukup.

  • Pulsa dan Paket Internet

Seiring kemajuan teknologi informasi yang saat ini tengah berkembang, kebutuhan akan pulsa dan paket internet sudah semakin tinggi. Melihat peluang ini, Anda bisa membuka usaha pengisian pulsa atau paket internet di rumah Anda. Bahkan, Anda juga bisa sekalian menambah layanan PPOB (Payment Point Online Banking) untuk membantu masyarakat sekitar membayar tagihan seperti listrik, air, dan bank.

Membagi Waktu Berbisnis Dan Pekerjaan Rumah Tangga

Sering kali, para ibu rumah tangga juga sangat kewalahan dalam membagi dan menyeimbangkan waktu antara membuka usaha tertentu dengan menjalankan berbagai pekerjaan rumah tangga. Oleh karenanya, pengaturan atau manajemen waktu sangatlah dibutuhkan oleh para ibu yang ingin mencoba membuka usaha.

Sangat disarankan ibu rumah tangga membuka usaha yang terbilang ringan dan bisa dikerjakan sembari menjalankan pekerjaan rumah. Bahkan bila perlu, Anda sendirilah yang akan dapat mengatur waktu kapan menyelesaikan berbagai bisnis tersebut sekaligus mengurus berbagai keperluan rumah tangga lainnya.

Demikian beberapa contoh bidang usaha yang dapat dijadikan sebagai ladang bisnis bagi para ibu rumah tangga. Anda yang berminat dapat memilih salah satunya sehingga dapat semakin menambah pendapatan keluarga. Semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *