6 Ide Usaha Sampingan Tanpa Modal Yang Perlu Anda Tahu!

usaha sampingan tanpa modal
usaha sampingan tanpa modal

Ingin membuka usaha sampingan tapi minim modal, tidak perlu khawatir. Dalam menemukan ide usaha sampingan tanpa modal, yang perlu anda lakukan adalah jeli dalam melihat peluang usaha yang ada di sekitar anda dan kreatif dalam mengolah ide bisnis tersebut.

Bisnis Kosan

Ide usaha sampingan tanpa modal pertama yang dapat Anda pilih dan lakukan adalah membuka bisnis kosan. Usaha ini dapat dilakukan dengan catatan, Anda mempunyai kamar kosong dan tidak dipakai di rumah. Pastikan kamar tersebut layak pakai, dan sedang tidak digunakan.

Ini adalah ide bisnis yang paling mudah dan praktis, jika Anda ingin melakukan usaha sampingan dan tanpa modal.

Menjadi Penulis

Ide bisnis tanpa modal berikutnya adalah menjadi penulis. Saat ini ada cukup banyak lowongan kerja penulis online, baik sebagai konten writer, ghost writer, penulis novel online atau yang lainnya.

Anda yang hobby menulis, tidak ada salahnya jika mencoba jenis pekerjaan tersebut. Usaha yang satu ini memang tidak murni tanpa modal. Ada modal utama yang harus Anda miliki, yaitu internet dan juga komputer, yang pastinya Anda miliki.

Ada cukup banyak lowongan pekerjaan penulis online, yang ada saat ini. Pilih salah satu lowogan yang dirasa tepat, dan Anda mampu mengerjakannya. Mengingat ini adalah usaha sampingan sebaiknya pilih jenis pekerjaan freelance.

Menjadi Guru Les

Bisnis tanpa modal berikutnya adalah menjadi guru les. Siapa saja dapat menjadi guru les. Anda dapat mengajarkan siapapun dengan kemampuan yang Anda miliki. Misalnya Anda mempunyai kemampuan berbahasa Mandarin, maka Anda dapat membuka informasi guru les untuk bahasa Mandarin. Demikian juga untuk kemampuan bahasa lainnya.

Untuk menginformasikan kemampuan dan bisnis Anda tersebut, Anda dapat menggunakan sosial media yang dimiliki, atau juga bekerja sama dengan beberapa platform guru les online.

Menjadi Seorang Dropshipper

Ada juga ide bisnis menjadi seorang dropshipper. Anda yang ingin jualan online, namun tidak mempunyai modal. Atau bahkan Anda yang suka berjualan online, tidak ada salahnya jika mencoba menjadi seorang dropshipper.

Dropshipper sendiri adalah seorang penjual, dalam hal ini Anda, yang menawarkan aneka produk untuk dijual, tanpa harus menimbun barang jualan. Kali ini Anda dapat bekerja sama dengan pihak penjual yang terpercaya, dimana pihak penjual tersebut yang nantinya akan meneruskan / mengirimkan pesanan yang Anda terima dari pihak konsumen, ke pihak konsumen itu sendiri.

Jadi secara tidak langsung, dalam hal ini Anda hanyalah seorang marketing yang akan menawarkan barang pada konsumen, sedangkan pihak penjual yang nantinya akan mengirimkan barang langsung ke pihak konsumen, atas nama Anda.

Pastikan Anda bekerja sama dengan penjual yang terpercaya, dan berkualitas agar barang yang dikirim nantinya tidak mengecewakan konsumen.

Broker Properti / Kendaraan

Adapun ide bisnis lainnya, yang pastinya tanpa modal adalah menjadi seorang broker properti atau juga broker kendaraan. Dalam hal ini, Anda akan menawarkan rumah atau properti lainnya atau juga kendaraan yang hendak dijual pada siapa saja yang membutuhkan. Jika anda berhasil menjual properti atau kendaraan tersebut, pastinya Anda akan memperoleh fee, dari pihak penjual.

Penerjemah

Jika Anda mempunyai kemampuan dalam berbahasa asing, misalnya saja bahasa Jerman, Mandarin atau yang lainnya. Coba saja membuka informasi pekerjaan menjadi penerjemah bahasa Jerman atau juga Mandarin. Job yang dapat dilakukan antara lain jadi seorang interpreter, atau juga penerjemah tulisan.

Dari beberapa contoh usaha sampingan tanpa modal, diatas, ada yang membuat Anda tertarik, untuk mengerjakannya! Jika ada sebaiknya mulai dikelola dengan baik dan bijak, agar usaha yang dijalankan tetap lancar, atau bahkan berkembang. Atau mungkin passion anda lebih ke bisnis online baju untuk pemula. Yang penting serius dan semangat!

  • Add Your Comment